Pilihan Bebek Super, Antara Yamaha MX King 150 2023 atau Honda Supra GTR 150 2023?
Harry · 9 Sep, 2022 14:30
0
0
Yamaha MX King 150 tampil sporty.
Honda Supra GTR 150 puay 2 varian.
Rentang harga keduanya terpaut tipis.
Motor bebek semakin ditinggalkan masyarakat? Betul, tapi peminatnya masih tetap ada, seperti di daerah-daerah yang butuh motor kuat disiksa, atau untuk kebutuhan kurir dan bahkan hobi juga harian.
Untuk kebutuhan hobi dan harian, ada 2 produk yang bisa direkomendasikan, yakni bebek super Yamaha MX King 150 2023 dan Honda Supra GTR 150 2023. Keduanya punya jiwa motor sport, dalam kemasan motor bebek.
Desain tentu kembali pada selera, namun gacoan Honda nampak gagah dengan banyak sudut-sudut bodi yang tajam. Asyiknya, Honda menawarkan motor ini dengan 2 varian yakni Exclusive untuk yang mau elegan dan premium serta Sporty.
Lantas Yamaha MX King 150 tampil lebih sleek dan garis tajamnya tak terlalu banyak, namun lebih menonjol kesan sporty-nya. Selain pilihan warna reguler ada pula warna khusus WorldGP yang hanya diproduksi tahun ini saja.
Tapi dari keduanya mana yang baiknya dipilih ya? Yuk cari tahu!
Dimensi Honda Supra GTR 150 2023 Lebih Berisi
Ukuran motor tentu akan terkait erat dengan kemudahannya untuk dikendarai, terutama untuk bermanuver di jalanan kota yang padat. Dan secara dimensi, Honda Supra GTR 150 nampak lebih berisi dari kawan mainnya itu.
Produk Honda ini punya ukuran 2.025 x 705 x 1.105 mm (PxLxT), tinggi joknya 780 mm, sumbu roda 1.284 mm, jarak terendah 150 mm dan berat kering 119 kg.
Sementara Yamaha MX King 150 punya lebih pendek dan ramping, meski lebih tinggi. Dimensi produk garpu tala ini 1.985 x 670 x 1.100 mm (PxLxT). Sumbu rodanya 1.290 mm, jarak terendah 155 mm, tinggi jok 795 mm dan berat isi 118 kg.
Sebagai motor bebek sport, keduanya tentu menawarkan performa mesin yang kuat. Tapi kedua motor ini memiliki spesifikasi dan konfigurasi mesin yang berbeda.
Honda Supra GTR 150 punya dapur pacu 4-tak, DOHC 4 katup, pendingin cairan, 149,16 cc dengan ukuran piston 57,3 mm dan langkah piston 57,8 mm, dengan transmisi manual 6 percepatan.
Sedangkan Yamaha MX King 150 mengandalkan mesin 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan. Ukuran pistonnya 57 mm dengan langkah piston 58,7 mm, transmisinya manual namun masih 5 percepatan.
Jika menilik output yang mampu dihasilkan, Honda Supra GTR 150 di atas kertas lebih unggul dengan 16,3 PS di 9.000 rpm juga torsi maksimal mencapai 14,2 Nm pada putaran mesin 6.500 rpm.
Sementara itu Yamaha MX King 150 hanya mampu torehkan 15,3 PS di 8.500 rpm serta torsi maksimal 13,8 Nm di 7.000 rpm. Ada selisih tenaga 1 PS dan torsi 0,4 Nm diantara keduanya nih!
Fitur Beda Tipis
Kelengkapan kedua motor ini pun terbilang masih mirip-mirip alias plus-minus. Misalnya lampu depan sama-sama sudah LED, namun hanya Yamaha MX King 150 yang andalkan lampu dioda untuk lampu belakangnya. Sedangkan lampu sein kompak bohlam.
Kemudian panel meter sama-sama full digital, bedanya milik Honda Supra GTR 150 memiliki banyak kolom dengan lampu latar orange. Lantas Yamaha MX King 150 full digital LCD dengan layar yang lebar tanpa adanya kolom penyekat.
Kaki-kaki, keduanya kompak pakai suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang monosok. Begitu pula dengan rem yang dikawal cakram pada kedua roda tanpa adanya sokongan teknologi ABS.
Untuk ban lagi-lagi kompak, percayakan ukuran 90/80-17 untuk depan dan 120/70-17 untuk belakang. Tentunya ban yang dipakai sudah tubeless ya!
Kesimpulan
Keduanya masih jadi andalan masing-masing pabrikan yang mengisi segmen bebek super. Untuk yang menyukai tampilan elegan dengan sentuhan sporty bisa ambil Honda Supra GTR 150, tapi suka motor bebek yang pure sporty tentu Yamaha MX King 150.
Soal dimensi meski produk Yamaha lebih ramping, namun selisihnya tak terpaut jauh. Beda cerita jika melihat bobot yang lebih ringan 1 kg. Tapi ingat, soal output mesin Honda Supra GTR 150 lebih unggul.
Nah soal harga, Honda Supra GTR 150 varian Sporty dilepas Rp 24,637 juta dan varian Exclusive diangka Rp 24,889 juta. Sedangkan Yamaha MX King 150 lebih mahal nih, yakni Rp 25,180 juta untuk warna reguler dan Rp 25,580 juta untuk edisi World GP.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil