window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Pilihan Suspensi YSS Yamaha XMax Connected, Mulai Rp 3 Jutaan Sampai Rp 12 Jutaan!

Fariz · 5 Jan, 2023 15:30

Pilihan Suspensi YSS Yamaha XMax Connected, Mulai Rp 3 Jutaan Sampai Rp 12 Jutaan! 01

Ragam suspensi YSS untuk XMax Connected.
  • Hadir dalam 5 tipe dengan harga mulai Rp 3 jutaan.
  • Fitur jadi pembeda di tiap tipe.

YSS Yamaha XMax Connected sudah tersedia. Merek yang didatangkan Mitra2000 ini memang fokus bermain di sektor suspensi, baik suspensi depan maupun suspensi belakang. Merek ini memiliki hampir semua tipe motor di Indonesia dengan beragam pilihan varian.

Mulai dari base model sampai tipe tertinggi yang ditujukan untuk penggunaan balap karena memiliki parameter setingan lebih banyak. Untuk para pemilik Yamaha XMax Connected yang sedang bingung memilih suspensi belakang, bisa tengok suguhan suspensi dari YSS.

Berikut pilihan suspensi YSS untuk Yamaha XMax Connected selengkapnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

YSS G-Series

Tipe ini jadi yang paling terjangkau dengan harga jual Rp 3,3 juta. Meski paling murah, tapi tipe ini bisa langsung mendongkrak tampilan XMax Connected lebih sporty.

Pilihan Suspensi YSS Yamaha XMax Connected, Mulai Rp 3 Jutaan Sampai Rp 12 Jutaan! 01

Tersedia warna hitam-merah dan gold edition

Baca juga: First Ride Yamaha XMax Connected 2023, Tak Berubah Banyak?

Itu karena tipe G-Series sudah dilengkapi dengan tabung tambahan pada sisi atas bodi suspensinya. “Tabung tambahan ini membuat volume oli dan gas pada suspensi lebih banyak, efeknya bisa membuat karakter suspensi lebih lembut,” sebut Jeffry Willar selaku Marketing Manager Mitra2000.

Pilihan Suspensi YSS Yamaha XMax Connected, Mulai Rp 3 Jutaan Sampai Rp 12 Jutaan! 02

Hanya dilengkapi spring adjuster

Selain tabung, tipe ini juga sudah dilengkapi dengan setelan spring preload untuk mengatur SAG adjusment agar sesuai dengan bobot yang ditumpu. Dengan begitu akan lebih nyaman dan terhindar dari bottoming.

YSS Z-Sport

Di atasnya ada tipe Z-Sport yang dibanderol Rp 4,5 juta. Yang unik pada tipe ini justru tidak dilengkapi dengan tabung, dengan begitu dimensinya tidak jauh berbeda dengan suspensi original XMax Connected.

Baca juga: Inspirasi Modifikasi Yamaha XMax Connected, dari Bergaya Touring hingga Racing!

Meski begitu tipe ini sudah dilengkapi dengan rebound adjuster, fungsinya untuk mengatur cepat atau lambatnya suspensi saat membalik ke posisi full stroke. Setelan ini cukup pengaruh terhadap kenyamanan dan kestabilan motor.

Pilihan Suspensi YSS Yamaha XMax Connected, Mulai Rp 3 Jutaan Sampai Rp 12 Jutaan! 03

Tipe Z-Sport tidak dilengkapi tabung tapi ada rebound adjuster

“Tapi tipe ini sudah dilengkapi dengan rebound adjuster, lebih mahal develop rebound adjuster dibandingkan tabung karena untuk rebound adjuster punya komponen yang lebih banyak.”

“Fungsinya untuk memastikan roda belakang terus menapak di jalan, jadi tidak telat membaliknya. Ini juga pengaruh untuk kestabilan saat di tikungan, motor jadi tidak mengayun,” tambahnya.

YSS G-Sport

Pilihan Suspensi YSS Yamaha XMax Connected, Mulai Rp 3 Jutaan Sampai Rp 12 Jutaan! 04

Kombinasi warna merah dan hitam yang sporty

Berikutnya ada tipe G-Sport yang dijual dengan harga Rp 5,5 juta. Ada beda Rp 1 juta dengan Z-Sport membuat tipe ini punya fitur yang lebih lengkap, karena selain ada setelan spring preload ada juga tabung dan rebound adjuster.

Baca juga: Jajal Fitur Navigasi Yamaha XMax Connected 2023, Beneran Canggih dan Fungsional?

Dengan begitu pengendaranya akan mendapatkan karakter suspensi yang nyaman juga stabil. Tipe ini juga dilengkapi dengan per opsional yang punya spring rate lebih keras.

Pilihan Suspensi YSS Yamaha XMax Connected, Mulai Rp 3 Jutaan Sampai Rp 12 Jutaan! 05

Dilengkapi setelan rebound di sisi bawah

Ini ditujukan untuk pengendara atau mereka yang sering berboncengan, sehingga suspensi menopang beban yang lebih berat. Tentu saja tujuannnya untuk menghindari bottoming ketika suspensi bermain.

YSS G-Top

Kemudian ada tipe G-Top yang dibanderol Rp 8,4 juta. Tipe ini merupakan penyempurnaan dari tipe-tipe sebelumnya. Ini membuat G-Top memiliki fitur yang cukup lengkap.

Pilihan Suspensi YSS Yamaha XMax Connected, Mulai Rp 3 Jutaan Sampai Rp 12 Jutaan! 06

Secara fisik antar tipe YSS hampir mirip

Baca juga: Yamaha XMax Connected Menyerbu Bali! Lakukan Penyerahan Unit Hingga City Touring

Seperti sudah tersedianya spring adjuster atau preload, rebound adjuster, tabung suspensi, per opsional, dan ada ketambahan setelan compression yang ada di sisi atas tabung.

Pilihan Suspensi YSS Yamaha XMax Connected, Mulai Rp 3 Jutaan Sampai Rp 12 Jutaan! 07

Dilengkapi dengan setelan compression

Compression ini bekerja saat suspensi turun atau amblas. Biasanya disetel lembut ketika motor sering lewat jalan rusak, kalau dominasi jalan alus perlu disetel sedikit keras agar tetap stabil menopang bobot motor.

YSS G-Racing

Pilihan Suspensi YSS Yamaha XMax Connected, Mulai Rp 3 Jutaan Sampai Rp 12 Jutaan! 08

Warna full black membuat tampilannya terkesan sangar

Tipe ini jadi tipe tertinggi dari YSS sesuai dengan namanya, G-Racing ini untuk XMax Connected dibanderol Rp 12,6 juta. Mahalnya tipe ini karena dilengkapi dengan fitur yang lebih lengkap di banding tipe-tipe di bawahnya.

Di tipe ini compression adjuster lebih terperinci dibandingkan tipe lain, karena terbagi menjadi Low Speed Compression dan High Speed Compression. Ini membuat penyetelan akan semakin akurat.

Baca juga: Nyaman Mana Posisi Berkendara Yamaha XMax Atau Aprilia SR GT?

Pilihan Suspensi YSS Yamaha XMax Connected, Mulai Rp 3 Jutaan Sampai Rp 12 Jutaan! 09

Compression terbagi menjadi high speed dan low speed

“Speed di sini bukan kecepatan motor, tapi kecepatan suspensi itu bermain. Low Speed itu seperti saat kondisi berakselerasi dan di tikungan. Kalau High Speed di kondisi saat melewati jalan rusak.”

“Tapi kalau untuk harian dan orang awam, G-Racing kadang malah jadi gak enak karena keras. Jadi emang diperuntukan untuk mereka yang paham sama setingannya biar ketemu enak,” rinci pria ramah ini.

Mitra2000: 0813-1970-2000
 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });