window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Pola Desain dan Performa Moge Ducati Monster 797 2021 Yang Menarik Banyak Perhatian

Verenicha · 2 Jan, 2021 20:00

Ducati Monster 797 diluncurkan bersamaan dengan Multistrada 950 di EICMA 2016 lalu, Model tahun pertama keluar sebagai model dasar untuk pasar level pemula yang dirancang agar nyaman bagi pengendara dalam versi utuhnya. Monster 797 yang muncul kali ini melanjutkan silsilah monster 796. Jika Anda melihat lebih dekat, Anda juga dapat melihat beberapa bagian yang digunakan di kelas atas. Ini adalah kemewahan di kelas pemula.

Pola Desain dan Performa Moge Ducati Monster 797 2021 Yang Menarik Banyak Perhatian 01

Bodywork memakai warna merah pekat yang kompak dan sporty. Kesan intens meluas dari bagian depan hingga ujung belakang yang ditinggikan dan diakhiri dengan sentuhan akhir yang ramping. Bodywork unik dimulai dari lampu depan datar, berjalan mulus melalui rangka teralis merah cerah hingga ke bagian belakang yang meninggi.

Selain itu, Tangki bahan bakar Monster 797 yang unik, dan sedikit lebih kecil dibandingkan dengan 821, tetapi memiliki volume yang bagus. Berbeda dengan mesin berpendingin air yang menggantikan sasis, rangka Trellis yang ikonik lebih diutamakan untuk mesin berpendingin udara.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Berikut ini adalah daftar harga Ducati Monster 797

Harga Ducati Monster 797
Ducati Monster 797 Red Rp 299.000.000
Ducati Monster 797 Dark Stealth Rp 309.000.000
Ducati Monster 797 Star White Silk Rp 309.000.000

Desain Ducati Monster 797

Pada jajaran Ducati Monster Series, terlihat dari segi desain moge baru garapan Ducati ini tidak terlalu memiliki banyak perbedaan, yang mana masih mengusung desain khas Ducati Series. Sebenarnya Ducati Monster 797 sendiri didesain sebagai moge premium entry model untuk memasuki dunia ducati yang membawa slogan “Style, Sophistication, dan Performance”. Dengan body yg besar dan terkesan kokoh, pada bagian head lamp Ducati Monster 797 ini sudah dilengkapi dengan lampu berteknologi LED dengan konsep yang memukau.

Dengan adanya desain gaya modern dengan aplikasi lampu utama bulat, dan menggunakan rangka trallis untuk menggendong mesin besar, Desmodue L-Twin Air-Cooled tampak begitu mewah dan sporty. Untuk bagian joknya sendiri dibuat menyatu antara jok pengemudi dan penumpang, tapi itu didesain dengan bentuk yang meninggi dan sedikit meruncing ke belakang seperti motor sport yang berfairing. Moge ini juga telah dilengkapi dengan lampu hazard yang bisa diaktifkan hanya dengan menekan tombol penunjuk.

Pola Desain dan Performa Moge Ducati Monster 797 2021 Yang Menarik Banyak Perhatian 01

Ride dan Handling Ducati Monster 797

Duduk di kursi dan menahan posisi tersebut menciptakan postur yang cocok dan nyaman. Tinggi jok adalah 805mm. Spesifikasi suspensi terdiri dari garpu depan 43mm terbalik dan peredam kejut mono. Treble garpu depan berukuran 130mm dan memiliki banyak pergerakan, sehingga menangani guncangan dengan kelincahan sesuai kondisi permukaan jalan dan memberikan rasa kestabilan pada bodi kendaraan. Shock belakang terhubung langsung ke rangka dan lengan ayun di sisi kiri kendaraan, dan preload dapat diatur dengan mekanisme penyetelan pegas dan redaman. Pergerakannya juga tingkat tinggi, dan menciptakan traksi dengan terus mendorong bagian belakang ke permukaan jalan bahkan di bagian sudut dalam kecepatan tinggi dan handlingpun  mudah dikendalikan

Jarak sumbu roda Ducati Monster 797 adalah 1435mm dengan berat kendaraan kosong 175kg, dan bobot ringan serta gerakan yang dapat dirasakan dalam jarak sumbu roda pendek sangat ringan. Dibandingkan varian ducati lainnya, baik jarak sumbu roda dan bobot kendaraan memiliki spesifikasi yang sangat mirip, tetapi rasa stabilitas dan kelincahan yang diberikan oleh posisinya cukup besar. Saat melewati tikungan pendek, Anda bisa melewati tikungan dengan dengan hanya dengan memindahkan beban saja. Ini adalah model yang akan bertanggung jawab untuk Entry Level Ducati di masa depan, tetapi memiliki identitas yang jelas sebagai Ducati. Bodywork yang ringkas menggunakan gaya asli monster dengan atmosfer mekanis unik, dan performa yang luar biasa yang menstimulasi insting berkendara.

Performa Mesin dan BBM Ducati Monster 797

Pola Desain dan Performa Moge Ducati Monster 797 2021 Yang Menarik Banyak Perhatian 02

Mesin yang menggerakkan 797 adalah mesin berkapasitas 803 cc dalam model Scrambler yang lebih besar. Mesinnya sudah ada sejak lama dan terbukti kemampuannya dalam hal keandalan. Beberapa fitur penting lainnya dari model tahun pertama termasuk rem depan ganda dengan ABS, garpu Kayaba yang gemuk, dan ban Pirelli.

Saat mesin dihidupkan, suara knalpot keluar, tetapi nadanya cukup sedang dan tebal. Saat throttle dipasang dengan berani, kekuatan meninju yang khas datang. Rotasi mesin dengan cepat melonjak hingga 7500rpm selama 5500rpm, dan kecepatannya dipasang dengan ringan. Ada perasaan bahwa ada banyak keluaran yang tersisa, jadi tidak ada terburu-buru meskipun kecepatan dinaikkan. Kemudian, jika putaran mesin ditingkatkan secara instan, potensi yang tersisa akan meledak dan menggerakkan bodi secara agresif.

Mesin Ducati Monster 797 yang handal berkapasitas 803 cc sudah dilengkapi teknologi L-Twin Cylinder 2 Desmodromically dengan sistem pendingin Liquid Cooled. Selain itu, sistem injeksi pada moge ini menggunakan teknologi Electronic fuel injection system, 50 mm throttle bodies. Dengan ini mampu memberikan tenaga yang besar, tetapi juga mampu menekan konsumsi bahan bakar yang membuatnya menjadi lebih irit bahan bakar.

Pengereman dan Keamanan Ducati Monster 797

Sistem rem yang berteknologi ABS buatan Bosch diterapkan, dan kaliper monoblock Brembo 4 piston serta cakram ganda 320mm ditransmisikan hanya dengan menggerakkan tuas. Umpan rem yang dirasakan pengendara lincah dan dapat dioperasikan dengan tajam, sehingga tampaknya sangat membantu dalam meningkatkan teknik pengereman.

ABS mengintervensi paruh kedua pengereman dan tidak menunjukkan respons yang heterogen bahkan saat berfungsi. Dengan tenaga pengereman yang handal, Anda dapat membuka throttle dengan lebih percaya diri, dan juga ban terselip pun bisa dicegah dan lajunya yang cepat pun bisa ditahan secara maksimal untuk menunjang keselamatan ketika berkendara dan mencegah terjadinya kecelakaan

Pola Desain dan Performa Moge Ducati Monster 797 2021 Yang Menarik Banyak Perhatian 03

Spesifikasi rodanya adalah velg 10-spoke alloy aluminium ringan 17 inci sebelum dan sesudah, serta dipasang Pirelli Diablo Rosso II. Ini adalah model tipe sport untuk jalan umum yang menganggap jarak tempuh sebagai kompon ganda dan menawarkan pengendaraan yang sporty. Meski menunjukkan daya cengkeram yang optimal di suhu panas lebih dari 30 derajat Celcius pada saat tes mengemudi, daya pegang permukaan jalan cukup baik dalam berkendara. Dinding sampingnya cukup kokoh dan menunjukkan gerakan alami bahkan saat berbelok ke sudut yang lebih dalam.

Spesifikasi Lengkap Ducati Monster 797

Dimensi
Panjang 2.099 mm
Lebar 830 mm
Tinggi 1.085 mm
Jarak sumbu roda 1.435 mm
Tinggi tempat duduk 803 mm
Berat 175 kg
Kapasitas bahan bakar 16.5 liter
Rangka
Tipe Rangka Tubular steel Trellis frame
Suspensi Depan 43 mm Kayaba USD fork
Suspensi Belakang Sachs monoshock, pre-load and rebound adjustable
Rem Depan 2 x 320 mm semi-floating discs, radially mounted Brembo Monobloc M4.32 callipers, 4-piston, axial pump with Bosch ABS as standard equipment
Rem Belakang 245 mm disc, 1-piston calliper with Bosch ABS as standard equipment
Sistem Pengereman ABS
Ban Depan Pirelli Diablo Rosso II 120/70 ZR17
Ban Belakang Pirelli Diablo Rosso II 180/55 ZR17
Mesin
Tipe mesin L-Twin cylinder, 2 Desmodromically actuated valves per cylinder, air cooled
Kapasitas mesin 803 cc
Power Maksimum 55 kW (75 hp) @ 8,250 rpm
Torsi Maksimum 68.9 Nm (50.8 lb-ft) @ 5,750 rpm
Diameter X Langkah 88 x 66 mm
Sistem transmisi 6 speed
Sistem Pembakaranbodies Electronic fuel injection system, 50 mm throttle bodies
Kopling APTC wet multiplate clutch with mechanical control
Bahan Bakar Bensin

Fitur Ducati Monster 797

Ducati Monster 797 juga memiliki peredam kejut yang menggunakan suspensi depan upside down yang memiliki diameter 43 mm dari Kayaba, dan untuk bagian belakang memakai mono shock dari Sachs. Dengan dilengkapi adanya teknologi terkini, penyematan instrument panel LCD untuk odometernya, lampu indikator dan lampu belakang LED serta USB port yang diletakkan di bawah jok.

Moge asal Italia ini memiliki penggereman ABS pada bagian belakang dan bagain depannya menggunakan rem Brembo, dengan penggunaan rem tersebut akan semakin membuat motor anti selip ketika melakukan penggereman secara mendadak, dan juga dengan adanya sokongan kaki-kaki kokoh dengan bekalan suspensi handal menjadi salah satu fitur penunjang kenyamanan dalam berkendara motor ini.

Pola Desain dan Performa Moge Ducati Monster 797 2021 Yang Menarik Banyak Perhatian 04

Selain itu speedometer Ducati Monster 797 mengguanakan tampilan yang inofatif, dan instrumen indikatornya pada panel digital LCD yang cukup informatif seperti tingkat kecepatan, angka kecepatan dalam hitungan Km/jam, jarak yang sudah ditempuh dll, dan juga mampu menampilkan gaya yang begitu elegan dengan perpaduan lampu yang memudahkan pengguna dalam mengetahui perfoma kendaraanya,

Kelebihan Ducati Monster 797

1. Dilengkapi fitur yang cukup komplit

2. Performa mesin yang handal

3. Sistem pengereman ABS yang akan memberikan penggereman terbaik.

4. Menggunakan speedometer full digital, dimana fitur yang disajikan sangatlah lengkap

5. Tampil prima dengan balutan desain yang besar dan gagah

6. Handling yang sangat bagus

Kekurangan Ducati Monster 797

1. Harga yang dipatok sangat mahal untuk di kelasnya

2. Kursi pembonceng kecil

3. suara knalpot tidak begitu bagus

Kesimpulan

Harga Ducati Monster 797 dihargai selangit, bahkan harga motor ini sendiri melebihi mobil-mobil yang dijual di Indonesia karena Ducati Monster 797 sebagai moge premium dibekali dengan bahan-bahan berkualitas, dan terbuat dari material berkualitas serta dilengkapi dengan perfoma mesin yang sangat tangguh sebagai ciri khas motor Ducati dan berbagai fitur yang ditawarkannya. Namun, Di sisi lain, jika melihat harga Ducati Monster 797 yang mahal, sepertinya sudah pas dan sepadan jika disejajarkan dengan spesifikasi yang diusungnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });