window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Punya Rp 17 Juta, Pilih Honda BeAT Baru atau Yamaha Nmax Bekas?

Adit · 5 Agu, 2021 20:00

Apabila punya uang Rp 17 juta, kemudian dihadapkan pada pilihan Honda BeAT baru dan Yamaha Nmax bekas, mana yang akan Anda pilih? Memang keduanya berasal dari segmen yang berbeda. Satu motor matik entry level, satunya skutik bongsor. Namun baik BeAT atau Nmax merupakan motor terlaris di kelasnya. 

Nah pada 2021 ini harga keduanya sudah mirip sekitar Rp 17 jutaan. BeAT ada yang Rp 16 jutaan sebenarnya tapi fiturnya nanggung. Sementara untuk Yamaha Nmax bekas harga segitu, merupakan model tahun produksi awal sekitar 2015 hingga 2016. Meskipun ada yang dijual lebih murah lagi tergantung kondisi, namun rata-rata sekitar Rp 17 jutaan. 

Sebenarnya pilihan yang mudah. Mayoritas pasti langsung memilih Yamaha Nmax, karena merupakan salah satu motor incaran banyak orang sampai sekarang. Tapi tentu ada juga yang memilih Honda BeAT 2022 lantaran bentuknya mungil dan ramah untuk dikendarai semua kalangan.

Punya Rp 17 Juta, Pilih Honda BeAT Baru atau Yamaha Nmax Bekas? 01

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kalau Anda yang termasuk bingung memilih, ada baiknya cermati beberapa pertimbangan berikut. 

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Yamaha NMAX 2020, Skutik Terbaik Dikelasnya?

Honda BeAT 2022 Dengan Fitur Kekinian

Karena keluaran terbaru dan generasi anyar, Honda BeAT dijejali banyak fitur. Maka untuk poin keunggulan fitur sejatinya Honda BeAT lebih unggul ketimbang Yamaha Nmax bekas. 

Sebut saja sudah dilengkapi power outlet yang bisa digunakan untuk mengisi baterai smartphone yang dibawa. Ini tentunya cocok untuk penggunanya yang menggunakan motor sebagai tunggangan sehari-hari, sehingga memungkinkan gawai yang dimiliki tidak mudah habis baterainya. Sementara di Yamaha Nmax lama belum ada fitur tersebut. Fitur pengisian baterai baru ada di Nmax baru. 

Selain itu ada fitur tambahan lain yang bisa meningkatkan keamanan dan keselamatan pengguna Honda BeAT baru. Yaitu parking brake lock yang disematkan pada tuas rem kiri motor. Pada Nmax lawas? Tidak ada, alias polos tanpa peranti tersebut. 

Kemudian Honda BeAT juga disisipi teknologi ACG starter, atau starter elektrik Alternating Current Generator (ACG). Keunggulannya adalah suara starter lebih senyap. Nmax lawas belum mengadopsi sistem ini, sehingga saat starter masih muncul suara.  

Baca juga: Malas Isi Bensin Honda Beat, Masalah ini bakal Menanti Anda!

Punya Rp 17 Juta, Pilih Honda BeAT Baru atau Yamaha Nmax Bekas? 01

Yamaha Nmax model lawas.

Fitur Yamaha Nmax Lebih Banyak

Meskipun tanpa dilengkapi fitur kekinian, Yamaha Nmax tetap unggul karena disematkan berbagai fitur untuk menunjang keselamatan. Contohnya rem ABS (Anti-lock Braking System), itu pun jika dapat modelnya yang versi ABS ya. Sebab ada dua varian yang tersedia: standar dan non standar yang pakai ABS.

Fitur ini berfungsi mencegah roda mengunci atau selip saat melakukan pengereman mendadak di bidang jalan yang permukaannya licin karena berair atau berpasir. Dengan begitu pengendaranya terhindar dari jatuh akibat terpeleset.

Oh iya masih ada lagi sebagai fitur kenyamanan, seluruh panel instrumen Yamaha Nmax generasi pertama juga sudah full digital yang memberikan informasi lengkap. Apalagi ditambah oil trip dan v-belt trip, sehingga bisa sebagai pengingat kapan waktunya motor harus ganti oli serta penggantian sabuk penggerak. Honda BeAT sebenarnya juga ada multi information display tambahan, tapi cuma sebagai indikator bensin dan odometer. 

Baca juga: Catat Biaya Servis Honda BeAT 2022 Untuk 2 Tahun Pemakaian, Habis Dana Berapa?

Punya Rp 17 Juta, Pilih Honda BeAT Baru atau Yamaha Nmax Bekas? 02

Honda BeAT terbaru sudah pakai lampu LED.

Lanjut soal pengereman, Yamaha Nmax juga lebih mumpuni karena kedua rodanya sudah pakai cakram. Sedangkan rem Honda BeAT yang belakang masih tromol biasa makanya harganya masih terjangkau. 

Pabrikan juga menyematkan penggunaan profil ban yang lebar sehingga kendali bakal lebih stabil. Selain itu kapasitas tangki bensinnya juga lebih besar sekitar 6,6 liter sementara Honda BeAT 4,2 liter. 

Urusan Akomodasi Siapa Juaranya? 

Masuk keurusan akomodasi jelas Yamaha Nmax lagi yang lebih unggul. Ini karena di balik joknya terdapat ruang penyimpanan bagasi dengan kapasitas 24 liter yang bisa menyimpan helm ukuran fullface, plus ragam barang bawaan lain seperti jaket atau jas hujan. 

Tempat penyimpanan lain yang bisa dimanfaatkan adalah slot sebelah kiri yang cukup dalam. Sayangnya sebelah kanannya cenderung kecil, buat taruh sarung tangan rasanya kurang cukup.

Honda BeAT dengan rangka baru juga punya tempat penyimpanan bagasi. Hanya saja kapasitasnya cuma 12 liter, jadi tak bisa simpan helm. Cuma muat jaket, jas hujan, dan beberapa benda lainnya seperti tas kecil. Tapi selebihnya bisa manfaatkan hook atau cantelan buat simpan barang di dek tengah.

Seperti motor matik lain, Honda BeAT juga punya slot penyimpanan di dek bagian kiri. Meski tidak sedalam Yamaha Nmax tapi cukuplah untuk simpan botol air mineral.

Baca juga: Kenali 10 Kode Kerusakan Honda Beat lewat Kedipan Indikator Engine Check

Punya Rp 17 Juta, Pilih Honda BeAT Baru atau Yamaha Nmax Bekas? 03

Yamaha Nmax generasi pertama.

Kesamaan Honda BeAT Baru dan Yamaha Nmax Bekas

Nah menariknya dari beberapa perbedaan tadi, kedua motor rupanya memiliki persamaan lho. Dari depan kita bisa melihat bahwa urusan pencahayaan sudah pakai teknologi LED semua yang pancarannya lebih baik di malam hari.

Lalu ada juga fitur side stand switch sebagai pengaman motor. Sederhananya fitur ini mencegah sistem kelistrikan hidup apabila standar masih ditegakkan. Sebab jika tidak ada fitur tersebut, motor yang melaju dan standar sampingnya masih berdiri cenderung membahayakan. Apalagi saat menikung, ketika standar mengenai permukaan jalan bisa bikin kendali oleng. 

Tak kalah menarik, kedua sistem keamanan motor juga sama-sama masih pakai shuttered key dan belum mengadopsi keyless. Ternyata walaupun beda kasta dan jenis, lumayan banyak ya kemiripannya. 

Punya Rp 17 Juta, Pilih Honda BeAT Baru atau Yamaha Nmax Bekas? 04

Tampilan depan dan belakang Honda BeAT.

Kesimpulan

Pilih Honda BeAT baru atau Yamaha Nmax bekas sebenarnya balik lagi ke kebutuhan. Umpama hanya butuh motor untuk keperluan sehari-sehari di dalam kota, bolak-balik kantor atau kampus, dan berkendara sendiri, Honda BeAT boleh dibilang pilihan yang ideal. Selain ringan, bentuknya yang kecil memudahkan selap-selip di kemacetan. Parkir di tempat sempit juga lebih mudah dan menjanjikan konsumsi bahan bakar yang efisien. 

Beda cerita jika kebutuhannya selain bisa menunjang aktivitas rutin harian, juga butuh motor yang bisa diajak bepergian jauh atau touring kala libur tiba. Jika begini maka pilih Yamaha Nmax yang posisi berkendaranya lebih nyaman dan rileks, kemudian bisa punya dua posisi kaki: menekuk atau selonjoran yang bisa mengurangi pegal area badan bagian bawah. 

Baca juga: Tembus 60,6 Km/Liter, Ini Rahasia Honda Beat jadi Skutik Paling Irit di Indonesia

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });