window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Rem ABS Yamaha Nmax Lama Bermasalah? Duh Siap-Siap Kantong Jebol Nih

Harry · 24 Agu, 2021 14:30

Yamaha Nmax merupakan salah satu skutik yang kemunculannya pertama kali hanya tersedia tipe rem ABS (Anti-lock Braking System). Meski selang beberapa bulan kemudian muncul tipe non ABS.

Rem dengan teknologi ABS berfungsi untuk mencegah roda, baik depan dan belakang, terkunci ketika melakukan hard braking. Sehingga pengendara masih bisa mengendalikan arah motor.

Rem ABS Yamaha Nmax Lama Bermasalah? Duh Siap-Siap Kantong Jebol Nih 01

Letak indikator rem ABS Yamaha Nmax keluaran awal.

Tapi pada Yamaha Nmax tipe ABS generasi awal, sudah mulai ditemui sejumlah masalah. Gejala rem ABS rusak ada yang masalahnya ringan sampai berat, seperti diungkapkan Yoga Ningrat dari Yoga Motoshop.

Baca juga : Simak Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Nmax 155 Connected 2021, Rp 31 Juta Dapat Fitur Konektivitas

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

"Kita sering menangani ABS bermasalah itu pada Yamaha Nmax ABS keluaran awal, tahun 2015 sampai 2016," terang pria yang bengkelnya piawai menangani skutik Maxi Yamaha ini.

Jika rem ABS bermasalah, lampu indikator ABS akan menyala terus, yang normalnya akan padam setelah motor berjalan. Dan yang menyeramkan adalah harga part ABS ini yang bisa bikin kantong jebol!

Menurut Yoga ada beberapa kerusakan pada rem ABS Yamaha Nmax lama ini, apa saja?

1. Sensor Kotor

Ini merupakan kerusakan paling ringan. Terkadang ada kotoran pada sensor ABS yang membuat sensor gagal membaca putaran rotor pada cakram.

Baca juga : Spesifikasi Lengkap Yamaha NMAX 2020, Skutik Terbaik Dikelasnya?

Rem ABS Yamaha Nmax Lama Bermasalah? Duh Siap-Siap Kantong Jebol Nih 01

Sensor ABS mudah kotor.

"Ini tinggal dibersihkan saja, kalau sudah dipasang lagi, dan dicoba jalan. Kalau indikator mati berarti sudah normal lagi," katanya beberapa waktu lalu.

Harga sensor ini lumayan banget loh, dari part katalog Yamaha tertulis nominal Rp 920 ribu untuk depan dan Rp 870 ribu untuk belakang. Mahal karena sensor ini dijual assy dengan kabelnya.

2. Rotor Rusak

Karena letaknya terbuka dan dekat roda, terkadang ada saja benda asing yang terbang menghantam rotor ABS dan membuatnya bengkok. Rotor ini sendiri letaknya menyatu dengan cakram yang berupa cakram kecil bolong-bolong.

Baca juga : Bedanya Banyak Banget, Ini Perbandingan Yamaha NMax Baru dan NMax Lama

Rem ABS Yamaha Nmax Lama Bermasalah? Duh Siap-Siap Kantong Jebol Nih 02

Rotor rusak cuma butuh Rp 38 ribu untuk ganti baru.

Tentunya rotor yang telah rusak tadi akan membuat sensor ABS gagal membaca perputaran roda secara normal. Sehingga tak heran indikator ABS pada panel meter akan menyala. Untungnya harga rotor ini cuma Rp 38 ribu.

3. Modul ABS

Ini nih yang bakal bikin kalian gak jajan sebulan bahkan lebih, modul ABS rusak! "Gejalanya indikator ABS muncul diikuti tenaga motor drop, tapi cuma sebentar," sambung Yoga.

Rem ABS Yamaha Nmax Lama Bermasalah? Duh Siap-Siap Kantong Jebol Nih 03

Modul ABS rusak, ganti baru kena Rp 6 jutaan!

Rusaknya modul karena usia pakai dan jarang menguras minyak rem. Akibatnya modul ABS berkode part 2DP85930-09 ini berkarat dan rusak. Kalian pun harus menebus modul baru yang harganya sampai Rp 6,192 juta!

Kesimpulan

Rem dengan ABS memang seperti penyelamat dan membantu terjadinya kecelakaan saat melakukan pengereman mendadak. Tapi komponen ini juga butuh perawatan, mengingat harga komponennya terbilang mahal.

Baca juga : Yamaha Nmax 155 Lama Masih Dijual, Tipe ABS Lebih Mahal Dari Nmax 155 Terbaru!

Yoga pun punya solusi jika modul ABS bermasalah, selain ganti modul baru, bisa dengan mengubah dari ABS jadi non ABS. "Tinggal lepas modulnya dan dilangsungin, sudah jadi non ABS," ungkapnya.

Rem ABS Yamaha Nmax Lama Bermasalah? Duh Siap-Siap Kantong Jebol Nih 04

Yamaha Nmax lama tipe ABS tahun 2015-2016 mulai muncul masalah.

Tapi karena perubahan tersebut, maka indikator ABS pada panel meter akan terus menyala. Namun fungsi rem sudah normal seperti tipe non ABS. "Kalau mau indikatornya mati, ganti ECU sekalian," pungkasnya.

Duh, mahal banget ya?

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });