window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Rider WSBK Mulai Berdatangan di Lombok, Ada Yang Langsung Surfing Ada Pula Yang Nyasar

Ilham · 17 Nov, 2021 09:30

Seri terakhir ajang balap motor World Superbike Championship (WSBK) 2021 akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok. Menariknya, meski dihelat pada akhir pekan ini (19-21/11/2021) namun sejumlah pembalap sudah datang di Indonesia.

Rider WSBK Mulai Berdatangan di Lombok, Ada Yang Langsung Surfing Ada Pula Yang Nyasar 01

Chaz Davies (kiri) surfing sebelum balap

Pembalap-pembalap tersebut memang dijadwalkan untuk hadir lebih cepat terkait regulasi pemerintah Indonesia mengenai pengendalian virus corona. Di mana orang yang datang dari luar negeri wajib melakukan karantina terlebih dahulu di Jakarta, sebelum akhirnya terbang ke berbagai tujuan di Indonesia.

Chaz Davies Pilih Main Surfing

Setelah pengumuman pensiunnya akhir musim ini, pembalap WSBK dari tim Ducati Go Eleven, Chaz Davies memilih berwisata sebelum membalap di Sirkuit Mandalika.

Dalam akun Instagram resminya disebutkan jika rider asal Inggris ini sengaja datang lebih cepat untuk bisa keluar dari karantina di Jakarta dan sempat berselancar di Lombok. Selain itu dalam postingannya, Daviez yang memakai nomor start 7 ini menyatakan dirinya sangat cinta dengan Lombok.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca Juga: Marshal Sentul Turun Tangan, Bantu Kebutuhan Balap IATC dan WSBK di Mandalika

"Benar-benar jatuh cinta dengan Lombok! (Saya) memutuskan untuk masuk beberapa hari lebih awal untuk melihat lokasi (setelah dua malam di karantina wajib di Jakarta). Bertemu dengan pria dari Jiharu Surf Guide Lombok yang telah membawa saya keluar dengan perahunya untuk menangkap ombak di hot spot lokalnya. Tidak sabar untuk masuk ke dalam gerbang sirkuit dan mencari tahu apa yang Mandalika miliki untuk kita mainkan di akhir pekan ini!" urainya.

Scott Redding Nyasar Di Lombok

Selain Chaz Davies, satu lagi pembalap asal Inggris sudah hadir di Lombok. Adalah pembalap tim pabrikan Ducati Aruba.it, Scott Redding yang sudah tiba di Lombok pada Selasa (16/11/2021). Dari akun Instagramnya, Redding terlihat antusias sejak dari karantina di Jakarta.

Rider WSBK Mulai Berdatangan di Lombok, Ada Yang Langsung Surfing Ada Pula Yang Nyasar 01

Scott Redding sempat nyasar di jalan

Dirinya kagum melihat banyak peleton (rombongan) road bike yang ada di jalanan protokol ibukota, bahkan sebelum pukul 06.00 pagi. Hal ini cukup menggembirakan dirinya yang turut membawa sang tunangan, Jacey Hayden.

Uniknya, dari postingan di IG Story pembalap bernomor 45 ini menyatakan keheranannya akan kearifan lokal di Lombok. "Perjalanan yang menyenangkan dari bandara. Kami tersesat dan tidak ada navigasi. Kami melihat orang-orang membawa barang di atas kepala. Selain itu ada ayam hingga sapi," kata Redding yang juga menyebut jika ini merupakan langkah kedatangan pertamanya di Lombok.

Baca Juga: Balapan Pertama di Sirkuit Mandalika Hari Ini Batal! Gara-Gara Kekurangan Marshal?

Salam Dari Toprak Razgatlioglu

Pemuncak klasemen WSBK 2021, Toprak Razgatlioglu asal Turki yang merupakan pembalap Muslim memang belum mengunggah kehadirannya di Lombok. Meski demikian, Toprak menyampaikan salamnya pada penggemar balap di Indonesia.

"Halo semuanya, saya Toprak Razgatlioglu Selamun Aleykum (Assalamualaikum) Indonesia. Sampai jumpa di Mandalika," kata wakil tim Pata Yamaha tersebut.

Baca Juga: Intip Apparel yang Dipakai Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika, Semua Made In Indonesia!

Pembalap Dunia Tak Sabar Menjajal Mandalika

Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (12/11/2021), Sirkuit Mandalika langsung mendapat perhatian banyak pihak. Tak terkecuali para pembalap internasional yang mengaku ingin menjajal trek di pinggir pantai tersebut.

Rider WSBK Mulai Berdatangan di Lombok, Ada Yang Langsung Surfing Ada Pula Yang Nyasar 02

Pemandangan Sirkuit Mandalika sangat memukau

Seperti dikatakan Alex Lowes dari Kawasaki Racing Team. "Tidak sabar untuk mencoba sirkuit ini," tulisnya dalam akun Instagramnya. Sementara pembalap Belanda berdarah Ambon, Michael Van Der Mark menyatakan dukungan pada sirkuit ini. "Gaspoll," tulisnya.

Ada pula pembalap yang sangat ingin berlomba di sana, namun belum berkesempatan tahun ini. Adalah Loris Baz asal Perancis yang tahun ini membalap di ajang AMA Superbike, Amerika. Dirinya baru bisa bertarung di sana tahun depan setelah bergabung dengan tim Bonovo BMW di WSBK.

"Berharap saya bisa turun tahun ini!! Tidak sabar untuk musim depan! Selamat menikmati guys," kata Baz.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });