window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Riding Pakai Motor Listrik Gesits, Jokowi Bonceng Iriana Susuri Kampung Mola di Wakatobi

Adit · 10 Jun, 2022 13:30

Riding Pakai Motor Listrik Gesits, Jokowi Bonceng Iriana Susuri Kampung Mola di Wakatobi 01

Momen Jokowi dan Iriana tunggangi motor listrik Gesits di Wakatobi, Kamis 9 Juni 2022. dok. BPMI Setpres
  • Presiden Jokowi lagi rutin populerkan kendaraan listrik saat kunjungan kerja keliling Indonesia
  • Sebelumnya sempat jajal mobil listrik Genesis G80 untuk armada G20 di Bali nanti
  • Sekarang mengendarai motor listrik Gesits saat berkunjung ke Wakatobi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampak turut serta dalam upaya popularisasi kendaraan listrik. Kepala negara coba ingin mempopulerkan kendaraan ramah lingkungan tersebut. Belum lama ini Jokowi tampak menjajal mobil listrik Genesis G80, kini terpantau mengendarai motor listrik saat kunjungan kerja. 

Momen ini dilakukan Jokowi kala berkunjung ke Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis 9 Juni 2022. Tampak orang nomor satu di Indonesia itu membonceng Ibu Negara mengendarai motor listrik Gesits. Rombongan menyusuri jalan di Kampung Mola yang terbuat dari kayu karena berada di atas permukaan laut. 

Riding Pakai Motor Listrik Gesits, Jokowi Bonceng Iriana Susuri Kampung Mola di Wakatobi 02

Presiden Jokowi dan Iriana tunggangi motor listrik Gesits di Wakatobi, Kamis 9 Juni 2022. dok. BPMI Setpres

Baca Juga: Jalan Panjang Motor Listrik Gesits, Dari ITS Sampai Dikuasai PT WIKON Sepenuhnya

Kampung Mola berlokasi di Pulau Wangiwangi dan sering disebut warga setempat Wanci. Kampung terapung ini berada di 28 km dari Banara Matahora. Mengutip keterangan resmi presiden, Jokowi juga sempat berinteraksi dengan para penduduk, membalas sapaan sambil melempar senyum ketika berkendara. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Usai berkendara sekitar 1,5 jam, Jokowi dan Iriana tiba di lokasi acara penyerahan sertifikat kepada perwakilan penerima dan berdialog bersama masyarakat. "Simpan semuanya, jangan sampai sertifikatnya mahal hilang," terang Jokowi. 

Jokowi menunggangi motor listrik saat kunjungan kerja bukanlah yang pertama. Pada April 2018, Jokowi dan Iriana juga mengendarai motor listrik besutan Wim Cycle saat mengunjungi Kabupaten Asmat, Papua. 

@motofun.indonesia Yang penasaran sama spek-nya, disimak guys! #nmax #yamahaindonesia #motorlistrik ♬ original sound - Motofun Indonesia

Spesifikasi Motor Listrik yang Dikendarai Jokowi

Model motor listrik dengan pelat nomor RF 1 itu diketahui adalah Gesits. Gesits merupakan produk asli Indonesia yang kini diproduksi oleh PT WIKA Industri dan Konstruksi (WIKON) yang merupakan anak perusahaan PT Wijaya Karya (Persero). 

Sebelumnya Gesits merupakan hasil penelitian Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada 2007 lalu. Pengembangannya terus dilakukan sampai akhirnya produk prototipenya dipamerkan pada 2015 lalu. 

Riding Pakai Motor Listrik Gesits, Jokowi Bonceng Iriana Susuri Kampung Mola di Wakatobi 01

Saat Jokowi dan Iriana tunggangi motor listrik saat kunjungan kerja ke Asmat, Papua April 2018.

Baca Juga: Dipakai Ojol, Motor Listrik Gesits Klaim Bisa Hemat Operasional Sampai Rp 500 Ribuan!

Pengembangan dilanjutkan, ITS bersama PT Garansindo Inter Global berkolaborasi agar Gesits bisa diproduksi massal. Hingga akhirnya produk Gesits yang siap diuji durabilitasnya lahir. Motor listrik itu disiksa menempuh jarak jauh Jawa-Bali menguji performa, jarak tempuh, konsumsi daya, hingga aspek keselamatannya. 

Akhirnya pada 2017, Gesits masuk dapur produksi. Namun status kepemilikannya berubah, alih produksinya ditangani PT Wijaya Karya dan PT Gesits Tehnologies Indonesia (GTI). Pabrik Gesits berada di Cileungsi, Bogor dengan kapasitas produksi 50 ribu unit dan bisa dikembangkan hingga 100 ribu unit. 

Riding Pakai Motor Listrik Gesits, Jokowi Bonceng Iriana Susuri Kampung Mola di Wakatobi 02

Motor listrik Gesits rakitan Cileungsi sudah diekspor ke Senegal.

Lebih lanjut pada November 2018, model Gesits yang siap diproduksi massal dikenalkan ke Jokowi. Jokowi saat itu memastikan Gesits sudah siap masuk pasar otomotif nasinoal dan siap diproduksi dalam jumlah yang besar. Sampai akhirnya versi produksi massalnya diluncurkan setahun berikutnya. 

Bicara spesifikasi, motor listrik Gesits ditenagai dinamo berdaya 7 PS dan torsi 30 Nm. Akselerasi 0-50 km/jam dalam hitungan 5 detik. Kecepatan puncaknya dibatasi hingga 70 km/jam. Dalam sekali pengecasan, baterai berkapasitas 1.396 Watt dan menjanjikan daya tempuh 50 kilometer. 

Baca Juga: Bukan Viar Apalagi Gesits, Ternyata Ini Motor Listrik Terlaris Berdasarkan Survei

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });