Royal Enfield Pamer Deretan Motor Baru Bermesin Twin 650cc, Bakal Masuk Indonesia?

Ilham · 4 Des, 2021 10:30

Pabrikan motor Inggris-India, Royal Enfield sepertinya tengah getol mengembangkan motor-motor anyar dengan mengandalkan mesin twin 650 cc mereka. Buktinya belum lama ini setidaknya ada tiga motor yang dikembangkan dengan mengandalkan mesin tersebut.

Royal Enfield Pamer Deretan Motor Baru Bermesin Twin 650cc, Bakal Masuk Indonesia? 01

Dua edisi spesial dan satu motor konsep memakai mesin yang sama

Diantaranya satu motor konsep berjuluk Royal Enfield SG650 Concept. Sementara dua model lainnya menghadirkan versi spesial dari edisi reguler mereka, yakni Royal Enfield Interceptor dan Royal Enfield Continental GT.

Disebut model spesial, karena bulan November lalu, perusahaan dari India itu merayakan 120 tahun usianya. Sehingga sebagai bentuk perayaan, dirancanglah Royal Enfield Interceptor 650 120th Year Anniversary Edition 2022. Serta Royal Enfield Interceptor 650 120th Year Anniversary Edition 2022

Menariknya, ada kemungkinan kedua versi tersebut juga dihadirkan di Indonesia. Meskipun belum jelas berapa kuota yang akan hadir. Pasalnya, Royal Enfield akan merilis kedua produk tersebut hanya sebanyak 120 unit.

Baca Juga: Royal Enfield Classic 350 Baru Siap Mengaspal, Bakal Masuk Indonesia?

Rinciannya 60 unit di model Royal Enfield Interceptor 650 120th Year Anniversary Edition 2022. Lalu 60 unit lainnya pada Royal Enfield Contintental GT 120th Year Anniversary Edition 2022.

Pasar yang dituju masing-masing untuk India, Eropa, Amerika dan Asia Tenggara. Besar pula kemungkinan versi yang hadir di Indonesia garapan dari pabrik Royal Enfield di Thailand yang baru beroperasi bulan lalu. Dan bagaimana detailnya?

Royal Enfield Interceptor 650 120th Year Anniversary Edition 2022

Ada beberapa ciri detail khusus yang hadir pada model ini. Dimulai dari tangki dalam warna hitam dan aksen krom yang dikembangkan melalui teknologi pelapisan yang dikembangkan di pabrik Thiruvottiyur, Chennai di India.

Royal Enfield Pamer Deretan Motor Baru Bermesin Twin 650cc, Bakal Masuk Indonesia? 02

Perbedaan lebih terlihat di detailnya

Terlihat juga grafis berupa tulisan dan garis berwarna emas yang diaplikasikan dengan lukisan tangan manusia. Selain itu, emblem timbul di sisi tangki juga hasil olahan hand made. Yakni dengan cara bahan kuningan cor yang ditempa dengan tangan oleh keluarga pematung "Sirpi" Senthil dari Kumbakonam, Tamil Nadu, India.

Royal Enfield Pamer Deretan Motor Baru Bermesin Twin 650cc, Bakal Masuk Indonesia? 03

Emblemnya hand made

Keluarga ini dikenal sebagai pengrajin bersejarah yang selama berabad-abad telah bekerja membuat dekorasi kuningan untuk kuil-kuil India. Karya mereka di Royal Enfield ini merupakan kolaborasi pertama dengan sektor otomotif.

Secara tampilan, Royal Enfield Interceptor 650 120th Year Anniversary Edition 2022 dilengkapi dengan visor mungil di bagian atas lampu utama. Sementara joknya dibuat dengan warna berbeda dari versi standarnya.

Baca Juga: Bukan Indonesia, Pabrik Royal Enfield Mulai Beroperasi di Thailand

Royal Enfield Contintental GT 120th Year Anniversary Edition 2022

Beralih ke tipe Royal Enfield Contintental GT 120th Year Anniversary Edition 2022 juga mengandalkan ubahan pada detail yang sama. Semisal penggunaan visor kecil di lampu utama, serta tangki yang dilengkapi aksen krom, pin stripe emas dan emblem kuningan hand made.

Royal Enfield Pamer Deretan Motor Baru Bermesin Twin 650cc, Bakal Masuk Indonesia? 04

Makin garang dengan warna hitam beraksen emas

Meski demikian, karena dirancang untuk bergaya cafe racer, maka detail pada kaca spion model bar-end, pelindung mesin dan jok yang dilengkapi bodi buntut tawon.

Royal Enfield Pamer Deretan Motor Baru Bermesin Twin 650cc, Bakal Masuk Indonesia? 05

Pembuatan grafis tangki oleh seniman

Terdapat juga emblem di bagian atas tangki memiliki nomor seri yang unik, yang menunjukkan bahwa itu adalah salah satu dari 60 sepeda motor spesial dari empat wilayah di seluruh dunia.

Royal Enfield SG650 Concept

Satu lagi motor yang dikembangkan dengan mesin serupa adalah Royal Enfield SG650 Concept. Motor tersebut merupakan bentuk respon dari Mark Wells, sebagai Kepala Desain Royal Enfield Industrial Design Team.

Royal Enfield Pamer Deretan Motor Baru Bermesin Twin 650cc, Bakal Masuk Indonesia? 06

Royal Enfield SG650 Concept

Sebagai sebuah motor konsep, kesan futuristik coba dihadirkan dengan penggunaan suspensi depan up side down, lalu pelek model monoblock. Serta hadirnya headlamp bulat dengan gaya modern yang berpadu sein LED. Sistem pengeremannya sudah memakai ABS.

Meski modern, tapi segi klasik tetap dipertahankan. Karena seperti diketahui tidak semua pabrikan sepeda motor bisa membanggakan tradisi mereka. Royal Enfield bisa disebut sebagai brand yang kerap memamerkan sejarahnya.

Sehingga bisa dilihat jika kesan klasik tetap hadir dari bentuk tangki tear drop-nya. Lalu jok tunggal berlapis kulit serta penggunaan sokbreker ganda di roda belakang.

Selain itu, sektor mesin pun masih mengandalkan dapur pacu yang dikenalkan pada tahun 2018 lalu tersebut. Yaitu mesin twin silinder berpendingin udara yang memiliki tenaga 47 PS pada 7.150 rpm dengan torsi 52 Nm pada 5.250 rpm.

Siap-siap nabung ya!

Komentar