window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Sangar dan Kekar, Begini Suzuki GSX-S150 jika Bersolek ala Suzuki GSX-S1000

Ary · 3 Mei, 2021 13:00

Memasuki lima tahun perjalanannya, belum ada lagi pembaruan yang dapat kita lihat pada Suzuki GSX-S150. Padahal, giat itu sangat ideal mengingat usianya sekarang ini. Bukannya bergeming. Rencana tersebut tentu saja ada, terlebih setelah Suzuki GSX-S1000 2021 meluncur secara global. 

Suzuki GSX-S1000 2021

Sajian anyar Suzuki GSX-S1000 bisa menjadi inspirasi pengembangan Suzuki GSX-S150.

Harus diakui, penyajian Suzuki GSX-S150 mengacu kepada naked bike bermesin 1.000 cc. Maka dari itu, logis jika suguhan pada GSX-S1000 terbaru pun nantinya diamini oleh GSX-S150. Sebagai contoh penerapan headlight dengan bentuk nan unik.

Terapan Lampu Utama ala Suzuki GSX-S1000 2021

Sebagaimana yang terlihat, penerangan utama GSX-S1000 2021 tampak simple sekaligus agresif. Yang menjadikannya menarik adalah low beam dan high beam-nya, terbungkus rumah lampu berbentuk heksagonal. Lantas dibuat bertingkat dengan mengusung pendaran dari lampu jenis LED. Sementara pada bagian paling atas, terdapat DRL (daytime running light) dengan usungan lampu serupa. 

Baca juga: Suzuki GSX-S1000 2021 kian Bengis, Ada Peluang Masuk Indonesia?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Lampu Suzuki GSX-S150 2021

Menarik jika lampu depan demikian diaplikasi Suzuki GSX-S150.

Menurut kami, suguhan demikian sangat cocok menggantikan lampu depan Suzuki GSX-S150 yang masih eksis. Tanpa perlu berpikir keras, imajinasi itu pun berhasil diwujudkan Ardel Moto melalui render yang diunggah Motosaigon berikut ini. 

Terapan lampu depan ala Suzuki GSX-S1000 tampak padu dengan tubuh kompak Suzuki GSX-S150. Tentu dengan beberapa penyesuaian. Sebut saja perubahan pada bentuk shroud, cover tangki bensin hingga panel bodi di buritan. Sangar sekaligus kekar. Apalagi dengan penyematan sepasang fork upside down (USD), sebagai sistem peredam kejut bagian depan. 

Desain Suzuki GSX-S150 2021

Agresif jika benar Suzuki GSX-S150 2021 berpenampilan demikian.

Baca juga: Suzuki GSX-150 Bandit 2021 Diklaim Nyaman Untuk Harian, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Posisi Duduk

Sekilas, tidak ada perbedaan dengan posisi berkendaranya. Setang tetap disetel tinggi dengan padu padan jok model bertingkat. Perubahan justru tampak pada bagian subframe yang cenderung lebih rendah dari sebelumnya. Tentu saja positif. Dengan begitu, jok belakang GSX-S150 akan lebih ramah untuk penumpang.    

Performa Mesin tidak Berubah

Meski dari segi fisik berubah, Suzuki GSX-S150 2021 rasanya tetap mempertahankan performa selaku modal utama. Mesin DOHC satu silinder berkapasitas 147,3 cc yang digendongnya mampu menorehkan output 19,1 PS @10.500 rpm dam 14 Nm @9.000 rpm. Keseluruhan daya dan torsi didapat berkat translasi enam percepatan ke roda belakang. 

Mesin Suzuki GSX-S150 2021

Performa mesin menjadi nilai jual utama yang ditawarkan Suzuki GSX-S150.

Baca juga: Motor Baru Honda Meluncur 5 Mei 2021, Benarkah Honda CB150R Streetfire?

Faktanya, performa GSX-S150 tersebut unggul dari para rival. Bandingkan saja dengan Honda CB150R Streetfire. Tenaga dan torsi yang dibuat motor Honda itu hanya 16,9 PS @9.000 rpm serta 13,8 Nm @7.000 rpm. Sementara Yamaha Vixion menorehkan pencapaian masing-masing, 16,5 PS @8.500 rpm dan 14,5 Nm @7.500 rpm. Berdasarkan data ini, jelas tak ada alasan bagi PT SIS untuk mengubah karakter mesin Suzuki GSX-S150 2021.      

Bagaimana dengan Harga? 

Pertanyaannya, apakah Suzuki Indonesia bakal mempertahankan harga jual generasi terbaru itu seperti sekarang? Kita tahu, Suzuki GSX-S150 sekarang ini dibanderol paling murah ketimbang kompetitor. Harga Suzuki GSX-S150 shutter key (tipe standar) saja hanya dijual Rp27,8 juta. Bandingkan dengan Yamaha Vixion yang berbanderol Rp27,945 juta. Atau Honda CB150R Streetfire dengan harga Rp28,857 juta.  

Jika saja pembaruan itu benar adanya, wajar jika harga Suzuki GSX-S150 2021 naik. Bisa jadi malah mepet dengan penetapan harga jual Honda CB150R Streetfire dan Yamaha Vixion. Andaikata penampilannya demikian, layak kah Suzuki GSX-S150 dibeli?

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });