window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Segala Pertanyaan Yang Perlu Diketahui Soal All New Honda CBR150R 2021

Harry · 19 Jan, 2021 18:00

Pada awal tahun 2021 ini, PT Astra Honda Motor (AHM) menjadi pabrikan motor pertama di Indonesia yang merilis motor barunya. Motor tersebut adalah All New Honda CBR150R 2021.

Motor sport 150 cc fairing ini dirilis dengan perubahan yang mencakup seluruh bagiannya. Namun yang paling mencuri perhatian adalah perubahan desain yang menjadi mirip sang kakak, Honda CBR250RR.

Segala Pertanyaan Yang Perlu Diketahui Soal All New Honda CBR150R 2021 01

All New Honda CBR150R 2021.

Pada generasi terbaru Honda CBR150R ini memang sosoknya berubah drastis, untuk menegaskan kesan sport bike sejati. "Kami tertantang menghadirkan sepeda motor yang mampu memberi kebanggaan," kata Keiichi Yasuda, Presiden Direktur AHM.

Sebagaimana diketahui bersama, model Honda CBR150R generasi keempat sudah eksis sejak tahun 2016. Lalu ditahun 2018 AHM memberikan update minor dengan penambahan fitur setelan suspensi depan dan emergency stop signal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kesan sporty memang sudah melekat pada model ini sejak pertama kali meluncur di Indonesia. Menjadikan Honda CBR150R pilihan motor sport 150 cc yang cukup digemari kala itu.

Segala Pertanyaan Yang Perlu Diketahui Soal All New Honda CBR150R 2021 01

All New Honda CBR150R 2021 jadi produk pertama yang rilis tahun 2021.

Pada model terbarunya, Honda tetap mempertahankan kesan sporty dengan cara mengadopsi desain Honda CBR250RR. Siluet bodi agrsif degan banyak sudut tajam, sedikit berotot namun terlihat ringan.

Sistem penerangan tetap mengandalkan teknologi LED seperti generasi sebelumnya, namun dengan desain yang mirip Honda CBR250RR. Ya karena desainnya sudah mirip, maka bentuk lampu depan dan belakang pun mengikuti.

Saat disandingkan antara All New Honda CBR150R 2021 dan Honda CBR250RR, keduanya nyaris tanpa beda. Kecuali jika dilihat dari sisi kanan belakang, bentuk knalpotnya akan mencirikan mana 150 cc dan mana 250 cc.

Segala Pertanyaan Yang Perlu Diketahui Soal All New Honda CBR150R 2021 02

All New Honda CBR150R 2021 menggunakan suspensi upside down.

AHM melepas All New Honda CBR150R dengan nominal yang tak jauh dari model sebelumnya, yakni mulai dari Rp 35,9 juta untuk varian Non ABS sampai termahal Rp 40,8 juta untuk varian ABS dengan livery MotoGP Edition.

Untuk Anda yang sedang mencari motor sport 150 cc fairing dan tertarik dengan All New Honda CBR150R 2021 ini, berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan terkait motor tersebut.

1. Ada Berapa Varian Sih All New Honda CBR150R 2021 Ini?

AHM hanya menghadirkan All New CBR150R 2021 dengan dua varian saja, yakni Non ABS dan ABS. Tapi rentang harga yang ditawarkan cukup banyak dengan termurah Rp 35,9 juta dan termahal Rp 40,8 juta.

Yang membedakan adalah varian dan pilihan warnanya, selain warna-warna reguler, AHM juga menyiapkan warna-warna khusus dengan livery berbau balap, misalnya Honda Racing Red dan MotoGP Edition dengan livery Repsol.

Daftar harga selengkapnya bisa kalian simak ditabel bawah ini. Sebagai catatan, harga tercantum adalah on the road untuk wilayah DKI Jakarta.

 Honda CBR150R-Non ABS  Rp 35,9 juta
 Honda CBR150R-Non ABS Honda Racing Red  Rp 36,6 juta
 Honda CBR150R-ABS  Rp 39,9 juta
 Honda CBR150R-ABS Honda Racing Red  Rp 40,6 juta
 Honda CBR150R-ABS MotoGP Edition  Rp 40,8 juta

Segala Pertanyaan Yang Perlu Diketahui Soal All New Honda CBR150R 2021 03

All New Honda CBR150R 2021 varian ABS dan Non ABS.

2. Selain Bodi, Apa Saja yang Baru Dari All New Honda CBR150RR 2021 Ini?

Nah yang langsung terlihat karena ukurannya cukup besar dan warnanya cerah, ada suspensi depan upside down. Piranti peredam guncangan ini merupakan rakitan Showa tipe SFF-BP (separated function fork-big piston).

Suspensi depan ini memang tanpa setelan alias fix, tidak seperti suspensi Honda CBR150R generasi sebelumnya yang bisa disetel preload dan rebound. Tapi karakter upside down sudah lebih kaku dibandingkan teleskopik.

Menyinggung suspensi belakang, memang masih sama pakai monosok tapi tanpa setelan juga. Padahal pada model sebelumnya suspensi belakang ini bisa diatur preload-nya.

Segala Pertanyaan Yang Perlu Diketahui Soal All New Honda CBR150R 2021 04

Ragam fitur unggulan All New Honda CBR150R 2021.

Nah kalau yang tak terlihat, ada fitur assist & slipper clutch pada bagian kopling. Dengan penggunaan fitur ini, bisa mereduksi roda terkunci saat melakukan down shift cepat dan tuas kopling lebih ringan
dioperasikan.

Kalau fitur lawasnya, untuk varian rem ABS (anti-lock braking system) juga sudah dibekali fitur ESS (emergency stop signal), yang akan membuat lampu sein berkedip cepat sebagai penanda bahaya untuk pengendara lain.

3. Seberapa Besar Ukuran All New Honda CBR150R 2021?

Meski mendapatkan perubahan desain total, dimensi All New Honda CBR150R 2021 tak jauh beda dari pendahulunya. Tetap ringkas namun memang pada bagian fairing menjadi sedikit lebih berisi.

Posturnya memiliki panjang 1.983 mm, lebar 700 mm dan tinggi 1.080 mm. Sedangkan model sebelumnya punya panjang 1.983 mm, lebar 694 mm dan tinggi 1.077 mm. Model baru ini hanya sedikit lebih lebar dan lebih tinggi saja.

Terkait bobot kosong, All New Honda CBR150R non ABS punya berat 137 kg. Sedangkan untuk tipe ABS diangka 139 kg. Lebih berat karena ada komponen rem ABS dan modul ESS.

Segala Pertanyaan Yang Perlu Diketahui Soal All New Honda CBR150R 2021 05

Tampilan All New Honda CBR150R 2021 mirip Honda CBR250RR.

4. Rangka All New Honda CBR150R 2021 Masih Sama?

Betul, tipe rangka yang digunakan oleh All New Honda CBR150R 2021 memang tak berubah. Masih menggunakan tipe diamond truss frame, yang terbuat dari pipa-pipa baja.

Rasanya karena rangka ini masih mumpuni digunakan, karena membuat karakter pengendalian motor lebih ringan dan lincah. Sebagai informasi saja, dibandingkan rangka Honda CBR150R generasi ketiga, rangka ini mampu membuat motor lebih ringan lima kilogram.

5. Apa Saja Perubahan Mesin All New Honda CBR150R 2021?

Sayangnya untuk sektor dapur pacu, AHM tak banyak melakukan perubahan nih, selain penambahan assist & slipper clutch. Spesifikasi dan konfigurasi mesin yang dipakai masih sama, 150 cc DOHC 4 katup pendingin udara dan injeksi bahan bakar.

Output maksimal mesin juga tak berubah, tetap 17,1 PS @ 9.000 rpm dengan torsi 14,4 Nm @ 7.000 rpm. Perubahan terletak pada intake dan knalpot, untuk mendapat suara lebih baik dan mengejar efisiensi.

Segala Pertanyaan Yang Perlu Diketahui Soal All New Honda CBR150R 2021 06

All New Honda CBR150R 2021 tawarkan posisi berkendara nyaman.

Dengan spesifikasi mesin yang relatif masih sama, AHM mengklaim performanya sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari. Akselerasi 0-200 meter dalam waktu 10,6 detik dengan kecepatan puncak mencapai 127 km/jam.

Ya memang karakter mesin tersebut sangat cocok untuk penggunaan harian di jalan kota yang padat. Mesinnya responsif dan juga irit bahan bakar, namun untuk menggapai topspeed dan performa putaran atas, masih lebih baik kompetitornya.

6. Bagaimana Posisi Riding All New Honda CBR150R 2021?

Agak unik memang, kala kompetitor sekelas menawarkan posisi berkendara sangat racy, All New Honda CBR150R 2021 justru menawarkan posisi berkendara yang lebih santai. Bisa dilihat posisi setang model upperyoke.

Setang upperyoke artinya posisi setang terletak di atas segitiga, sedang underyoke sebaliknya. Dengan setang jenis ini, AHM ingin motor ini bisa dipakai harian tanpa harus mengorbankan kenyamanan pengendaranya.

Segala Pertanyaan Yang Perlu Diketahui Soal All New Honda CBR150R 2021 07

All New Honda CBR150R 2021, motor sport nyaman untuk harian.

7. Kapan All New Honda CBR150R 2021 Bisa Didapatkan?

Pada saat sesi peluncuran virtual, Thomas Wijaya sebagai Direktur Pemasaran AHM mengatakan, All New Honda CBR150R 2021 mulai proses distribusi pada pertengahan Januari 2021, dan konsumen bisa mendapatkan pada akhir bulan nanti.

Lantas nasib Honda CBR150R sebelumnya otomatis berhenti produksi, dan AHM tinggal menghabiskan sisa stok yang masih ada dijaringan penjualannya. Untuk yang masih berminat model lawas, rasanya akan ada diskon khusus.

Spesifikasi All New Honda CBR150R 2021
 P x L x T  1.983 x 700 x 1.077 mm
 Sumbu Roda  1.310 mm
 Tinggi Jok  782 mm
 Jarak Terendah  160 mm
 Berat Kosong  137 kg dan 139 kg (ABS)
 
 Tipe Mesin  4-tak, DOHC 4 katup
 Kapasitas Mesin  149,16 cc
 Diameter x Langkah  57,3 x 57,8 mm
 Transmisi  Manual, 6 speed
 Tenaga Maksimal  17,1 PS @ 9.000 rpm
 Torsi Maksimal  14,4 Nm @ 7.000 rpm
 
 Suspensi Depan  Upside down
 Suspensi Belakang  Monosok
 Rem Depan  Cakram
 Rem Belakang  Cakram
 Ban Depan  100/80-17
 Ban Belakang  130/70-17

Kesimpulan

All New Honda CBR150R 2021 memang agak sedikit berbeda dari kompetitornya. Honda membuat motor ini nyaman dengan posisi setang upperyoke, sehingga konsumennya pun tak hanya anak-anak muda, tapi juga pria dewasa.

Perubahan fitur yang ditawarkan juga semakin membuatnya lebih lengkap dengan assist & slipper clutch dan suspensi upside down. Yang jadi catatan, hanya All New CBR150R 2021 yang dilengkapi rem ABS sekaligus ESS.

Terkait harga memang produk terbaru AHM ini paling mahal untuk varian teratasnya. Sudah tembus Rp 40 juta, namun selisih harga itu juga tak beda jauh dari varian atas pada model sebelumnya.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });