window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Selain Yamaha Mio Karbu, 3 Motor Bekas Ini Harganya Cuma Rp 2 Jutaan

Adit · 19 Agu, 2021 08:30

Pamor motor bekas seperti Yamaha Mio belakangan naik daun karena harganya terjangkau. Satu unit Yamaha Mio bekas generasi pertama berpengabut karburator lansiran 2003 hingga 2008 sudah bisa didapatkan di kisaran Rp 2 jutaan, tergantung kondisinya. Makin istimewa biasanya cenderung makin tinggi harganya. 

Sebab sudah barang tentu motor ini jadi rebutan banyak orang. Ada yang sekadar memburunya karena harganya begitu ramah kantong. Juga tak sedikit yang mengincarnya sebagai obat rindu nostalgia, sehingga kerap dijadikan motor bahan restorasi. 

Selain Yamaha Mio Karbu, 3 Motor Bekas Ini Harganya Cuma Rp 2 Jutaan 01

Yamaha Mio generasi pertama.

Baca Juga: Jangan Langsung Bayar, Cek Dulu Bagian Ini Waktu Beli Motor Bekas

Oleh karena itu Yamaha Mio bekas Rp 2 jutaan makin sulit didapatkan di pasaran. Tapi hal tersebut bukan masalah besar. Pasalnya masih ada beberapa model motor bekas lain yang banderolnya sama-sama Rp 2 jutaan. Cocok buat Anda yang tengah mencari motor low budget. Berikut ini rekomendasinya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

1. Suzuki Smash

Si Gesit Irit! Siapa yang tak asing dengan jargon tersebut. Bagi yang mengingatnya pasti langsung terbesit sosok motor bebek Suzuki Smash. Ya, motor yang lahir sejak 2002 itu harga jualnya makin menggiurkan. Bermodalakan Rp 2 juta sudah bisa dapat Smash tahun produksi awal. 

Saat itu Suzuki Smash dihadirkan untuk menggempur dominasi Honda Supra X dan Yamaha Vega. Makanya dapur pacu Smash sama-sama menggendong mesin 110 cc. Di atas kertas menjanjikan tenaga 7,7 PS pada putaran 7.000 rpm dan torsi puncak 7,9 Nm yang dikawinkan pada transmisi semi manual 4 percepatan. Dalam keadaan normal mesinnya bisa dihidupkan lewat tombol starter atau engkol. 

Selain Yamaha Mio Karbu, 3 Motor Bekas Ini Harganya Cuma Rp 2 Jutaan 01

Suzuki Smash. (instagram.com/acb_bdo)

Yang jadi ciri khas motor ini adalah bentuk bodinya yang serba meruncing dari depan sampai belakang. Tengok saja spakbor depan, housing lampu utama, serta bentuk lekukan lampu remnya yang meruncing ke atas. 

Bagi yang beruntung bisa mendapatkan unit lansiran 2005 sebagai model facelift. Basis motornya masih sama. Tapi tampilannya diubah berkat striping 3 warna, velg racing, suspensi belakang berkelir kuning, dan knalpot model baru. Membuatnya menjadi motor bebek berpenampilan paling sporty. Hanya saja karena jadi motor buruan kemungkinan harganya sedang tinggi. 

Baca Juga: Kepincut Yamaha Nmax Bekas? Periksa Dulu 5 Bagian Ini Supaya Tak Tekor!

Selain Yamaha Mio Karbu, 3 Motor Bekas Ini Harganya Cuma Rp 2 Jutaan 02

Suzuki Smash. (instagram.com/acb_bdo)

2. Yamaha Jupiter MX

Bicara motor sporty, jangan lupakan Yamaha Jupiter MX. Dedengkot motor bebek super atau bebek sporty ini untuk generasi pertamanya yang lahir pada 2005 sampai 2010 sudah dilego mulai dari Rp 2 jutaan. Oh iya disebut bebek sporty karena motor ini punya bodi fairing yang menyelimuti sisi tengah motor.  

Selain itu area garpu suspensi depan yang terekspos serta posisi spakbor yang lebih dekat ke ban membuatnya bentuknya makin mirip motor sport. Suspensi monosok yang disematkan juga membuatnya makin beda dari motor bebek kebanyakan. 

Selain Yamaha Mio Karbu, 3 Motor Bekas Ini Harganya Cuma Rp 2 Jutaan 03

Yamaha Jupiter MX, pelopor bebek sporty di Indonesia.

Jantung mekanisnya pakai mesin 135 cc yang sanggup memuntahkan tenaga hingga 12 PS pada 8.500 rpm dan torsinya 7,9 Nm di 7.400 rpm. Pasokan bensinnya dikabutkan komponen karburator. Serta guna menjaga suhu mesin tetap stabil disematkan pula sistem pendingin cairan.

Modelnya terbagi atas pilihan transmisi manual pakai kopling atau semi otomatis. Bila sudah memilikinya, rasakan limpahan tenaga di gigi tiganya.

Baca Juga: Punya Rp 17 Juta, Pilih Honda BeAT Baru atau Yamaha Nmax Bekas?

Selain Yamaha Mio Karbu, 3 Motor Bekas Ini Harganya Cuma Rp 2 Jutaan 04

Valentino Rossi dengan Yamaha Jupiter MX 135.

3. Honda Supra Fit

Terakhir bisa jatuhkan pilihan pada motor bekas Honda Supra Fit yang lahir pada 2003 silam. Secara tampilan sebenarnya tidak begitu berbeda dari Supra X. Salah satu pembedanya adalah panel indikator giginya cuma menunjukkan posisi netral dan top saja. 

Sehingga tak heran bila disebut sebagai Supra yang paling ekonomis. Tapi tenang pengeremannya sudah pakai cakram untuk depannya. Kala itu kompetitornya Yamaha Vega dan beberapa bebek serupa dari China. 

Selain Yamaha Mio Karbu, 3 Motor Bekas Ini Harganya Cuma Rp 2 Jutaan 05

Honda Supra Fit.

Supra Fit menggendong mesin 100 cc dengan output 7,2 PS pada 8.000 rpm dan torsi 7,2 Nm di 6.000 rpm. Bedanya lagi dengan Supra X adalah penggunaan profil gear belakangnya pakai diameter yang lebih besar. Tujuannya untuk mengejar akselerasi awal yang ringan serta mantap di jalanan menanjak. 

Baca Juga: Turun Lumayan Banyak, Honda Vario 150 Bekas Dipatok Rp17 Jutaan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });