window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Selisih Rp 110 Juta, Ini Beda Kawasaki Ninja ZX-4RR dan Ninja ZX-25RR

Fariz · 30 Mar, 2023 09:00

Selisih Rp 110 Juta, Ini Beda Kawasaki Ninja ZX-4RR dan Ninja ZX-25RR 01

Kawasaki Ninja ZX-25RR (kiri) dan ZX-4RR (kanan) punya desain khas Ninja family
  • Desain khas Ninja family membuat desain keduanya mirip.
  • Ada penambahan komponen membuat ZX-4RR sedikit lebih berat.

Setelah sebelumnya memberikan teaser Kawasaki Ninja ZX-4RR yang dipacu di sirkuit, akhirnya secara resmi PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menjual motor sport fairing 4 silinder satu ini.

Kloter pertama dijual sangat terbatas, hanya 40 unit dengan harga jual Rp 239,9 juta on the road Jadetabekser. Melihat secara sekilas, motor ini memang punya desain yang khas akan ZX family.

Namun dengan beda harga Rp 110 juta dengan ZX-25RR, apa saja beda antara keduanya? Karena memang jika dilihat tidak terlalu banyak perbedaan, cukup identik. Kalau gitu mari kita ulas.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Double Disc Brake Kawasaki Ninja ZX-4RR

Dari sisi luar yang paling terlihat tentu saja adanya penggunaan double disc brake di sisi depan. ZX-25RR pakai single disc brake di sebelah kanan dengan diameter cakram 310 mm semi-floating diapit kaliper radial mount 4 piston.

Sedangkan ZX-4RR pakai diameter yang sedikit lebih kecil namun ada 2 buah, diameter cakramnya 290 mm semi-floating yang juga dijepit oleh kaliper radial mount 4 piston.

Selisih Rp 110 Juta, Ini Beda Kawasaki Ninja ZX-4RR dan Ninja ZX-25RR 01

ZX-4RR sudah dibekali double disc brake depan dengan diameter cakram sedikit lebih kecil

Baca juga: Punya Duit Belum Tentu Bisa Beli Kawasaki Ninja ZX-4RR 2024 Karena Ini

Untuk rem belakang tidak ada perbedaan, keduanya masih menggunakan diameter cakram 220 mm dikombinasi kaliper 1 piston.

Ban Gambot

Masih dari sisi luar yang kembali terlihat ada pada lingkar karet bundar yang lebih gambot. Ninja ZX-25RR hanya menggunakan ukuran 110/70-17M/C 54H di depan dan 150/60-17M/C 66H.

Sedangkan Ninja ZX-4RR dengan lebar pelek yang sama dibalut dengan profil ban yang lebih gambot. Pakai ukuran 120/70-17M/C 58W di depan dan 160/60-17M/C 69W di belakang.

Selisih Rp 110 Juta, Ini Beda Kawasaki Ninja ZX-4RR dan Ninja ZX-25RR 02

Kaki-kaki lebih gambot dengan profil ban lebar

Baca juga: Dijual Rp 239,9 Juta, Ini Deretan Teknologi Kawasaki Ninja ZX-4RR 2024

Tentunya ini membuat tampilan Ninja ZX-4RR lebih padat dan memberikan rasa percaya diri lebih baik untuk pengendaranya, karena dengan ban yang lebih gambot tentu membuat ZX-4RR memiliki grip atau cengkraman ke aspal yang lebih baik.

Dimensi & Bobot 

Bicara dimensi dari kedua motor ini sebenarnya hanya beda tipis, sepertinya perubahan ada karena penggunaan ban pada Ninja ZX-4RR yang lebih tebal sehingga membuat motor ini sedikit lebih tinggi pada jok dan ground clearance.

Ninja ZX-25RR punya tinggi jok 785 mm dan ground clearance 125 mm, sedangkan Ninja ZX-4RR tinggi joknya 800 mm dengan ground clearance 135 mm. Perbedaan lain pada panjang, tinggi, dan lebar kedua motor ini yang lagi-lagi terpaut tipis.

Selisih Rp 110 Juta, Ini Beda Kawasaki Ninja ZX-4RR dan Ninja ZX-25RR 03

Jok dan ground clearance ZX-4RR sedikit lebih tinggi

Baca juga: Cuma 40 Unit, Kawasaki Ninja ZX-4RR 2024 Resmi Dijual Rp 239,9 Juta!

Dimensi Ninja ZX-25RR punya panjang 1.980 mm, tinggi 750 mm, dan lebar 1.110 mm. Lalu Ninja ZX-4RR punya panjang 1.990 mm, tinggi 765 mm, dan lebar 1.110 mm. Itu berarti hanya ada perbedaan panjang 10 mm dan beda tinggi 15 mm saja, tipis kan?

Yang terakhir tentu saja ada perbedaan bobot karena adanya penambahan beragam komponen. Seperti cakram depan yang menjadi ganda, ban yang lebih gambot, juga kapasitas mesin yang menjadi 400 cc membuat bobot Ninja ZX-4RR 189 kg, beda dengan Ninja ZX-25RR yang hanya 183 kg.

Mesin Kawasaki Ninja ZX-4RR Lebih Bertenaga

Perbedaan yang terakhir tentu saja jelas ada pada sektor mesin. Basic mesin yang digunakan Kawasaki Ninja ZX-4RR mengambil dari Ninja ZX-25RR namun dengan peningkatan kapasitas mesin dan tenaga.

Ninja ZX-4RR pakai kombinasi diameter piston 57 mm dengan panjang langkah 39,1 mm, perbandingan kompresinya sedikit lebih rendah yaitu 12,3:1, dan punya diameter throttle body lebih besar yaitu 34 mm. Kemudian diakhiri dengan primary reduction ratio 2.029 (69/34) dan final reduction ratio 3.429 (48/14) yang mana lebih berat dibanding Ninja ZX-25RR.

Selisih Rp 110 Juta, Ini Beda Kawasaki Ninja ZX-4RR dan Ninja ZX-25RR 04

Kapasitas mesin dan tenaga jelas meningkat

Baca juga: Kawasaki Versys-X 250 2023 Masih Menggoda, Apa Menariknya?

Kalau Kawasaki Ninja ZX-25RR pakai spesifikasi mesin dengan diameter piston 50 mm dan panjang langkah 31,8 mm, perbandingan kompresi 12,5:1, diameter throttle body 30 mm, primary reduction ratio 2.900 (87/30), dan final reduction ratio 3.571 (50/14).

Dengan spesifikasi mesin tersebut, Ninja ZX-4RR punya klaim tenaga maksimal 77 ps dengan RAM air di 14.500 rpm dan torsi maksimal 37,6 Nm pada 12.500 rpm. Sementara Ninja ZX-25RR memiliki output maksimal 50,2 PS di 15.500 rpm dan torsi 22,9 Nm di 14.500 rpm.

Siap naik ke 400 cc 4 silinder, atau tetap 250 cc 4 silinder nih?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });