window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Semenggugah Apa Konektivitas Yamaha Nmax 2021, Siapa Saja Rivalnya di Indonesia?

Ary · 21 Jan, 2021 19:00

Yamaha Nmax 2021 tidak hanya dikenal lewat desain, rangka dan mesin barunya. Nmax generasi terbaru yang rilis akhir 2019 silam juga mengusung fitur konektivitas gawai untuk mendukung para pemiliknya. Namun, semenggugah itukah kebaruan dari Maxi Yamaha terlaris ini?

Tak dipungkiri, langkah ini diambil tentu untuk meningkatkan nilai jual dari si produk itu sendiri. Dengan adanya konektivitas, pembeli Yamaha Nmax akan mendapatkan beberapa kemudahan. Ketika smartphone dan motor sudah terkoneksi, Anda dapat mengetahui jika ada panggilan telepon, pesan singkat bahkan email masuk.

Semenggugah Apa Konektivitas Yamaha Nmax 2021, Siapa Saja Rivalnya di Indonesia? 01

Yamaha Nmax generasi terbaru dilengkapi konektivitas gawai.

Selanjutnya, muncul notifikasi pada panel meter digital Nmax. Pemberitahuan ditandai dengan berkedipnya salah satu ikon, misal: Jika ada telepon masuk, maka lambang telepon lah yang akan memberi tanda. Kalaupun ingin mengangkat telepon, baiknya melakukan aktivitas ini sembari berhenti. Lain hal jika Anda sudah melengkapi diri dengan perangkat intercom pada helm. Dari situ, Anda bisa langsung melakukan pembicaraan layaknya menggunakan telepon selular. 

Tahapan Konektivitas Gawai Yamaha NMax 

Namun, Anda harus terlebih dulu mengunduh aplikasi bernama Y-Connect dari Play Store maupun App Store. Setelah itu, lakukan registrasi dengan cara mendaftarkan alamat email dan pasword yang akan digunakan, dilanjutkan setelahnya dengan mengisi data pribadi seperti nama, tanggal lahir dan nomor telepon. Baru kemudian proses menghubungkan motor dengan smartphone bisa dilakukan. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Perangkat Communication Control Unit (CCU) yang terpasang pada Nmax berperan menjadi perantara untuk melakukan koneksi. Dengan catatan, Bluetooth pada gawai menyala dan kontak motor dalam posisi ON. Di aplikasi tadi pula akan muncul beberapa opsi sebagai langkah menghubungkan motor dengan smartphone. 

Semenggugah Apa Konektivitas Yamaha Nmax 2021, Siapa Saja Rivalnya di Indonesia? 01

Konektivitas gawai terdapat pada varian All New Yamaha Nmax Connected dan Connected ABS.

Cara pertama dapat dilakukan dengan memindai QR Code pada CCU bersebelahan dengan aki motor. Kedua, bisa juga scan barcode VIN (Vehicle Identification Number) yang didapat saat pembelian Yamaha Nmax Connected. Anda juga bisa melakukannya secara manual yaitu menginput sendiri nomor rangka kendaraan. Setelah itu tinggal tekan tombol pairing yang tersedia di aplikasi tersebut.

Manfaat Lain Konektivitas Gawai Yamaha Nmax Connected

Apabila sudah terhubung, tulisan 'APP" akan ikut muncul dari panel meter Yamaha Nmax Connected. Selain bisa notifikasi di atas, Anda pun bisa mendapatkan informasi lain dari aplikasi di gawai tadi. Hal utama yang bisa Anda lihat adalah mengenai status oli mesin dan aki motor. 

Jika logo dari keduanya sudah berwarna merah, maka harus segera dilakukan penggantian. Saat salah satunya ditekan, muncul informasi lebih detil seperti berapa jauh jarak tempuh keduanya terpakai. Begitu jua data penggantian terakhir pelumas. 

Semenggugah Apa Konektivitas Yamaha Nmax 2021, Siapa Saja Rivalnya di Indonesia? 02

Indikator aki dan oli akan tampil pada layar utama aplikasi Y-Connect.

Dari smartphone itu pula akan diketahui jika ada malfungsi pada Yamaha Nmax Anda. Ketika adanya masalah, ECU motor bakal menginformasikannya ke CCU, untuk kemudian diteruskan aplikasi Y-Connect. Disaat bersamaan, ada pemberitahuan ke email yang berisi notifikasi malfunction. Jika sudah begini, segeralah mendatangi bengkel resmi Yamaha.  

Sebenarnya masih ada beberapa manfaat lain yang bisa dimanfaatkan dari Y-Connect. Sebut saja informasi mengenai konsumsi bahan bakar. Jadi selain dari panel meternya, Anda bisa mengatahui seberapa irit Anda berkendara via aplikasi itu. Termasuk pula revs dashboard. Di sini akan muncul accelerometer digital berupa spidometer dan takometer. Jika koneksi berjalan baik, penunjukannya bakal akurat sesuai bukaan gas. 

Skutik Pengguna Konektivitas Gawai di Indonesia

Sayang, konektivitas All New Yamaha Nmax tidak diiringi dengan ketersediaan navigasi. Kita tahu, skutik Yamaha bukanlah satu-satunya skutik yang mengedepankan konektivitas gawai. Jauh sebelum itu, BMW Motorrad sudah menyematkannya pada BMW C400X. 

Bukan sekadar pemanggil telepon atau mendengarkan musik, pemilik skutik berbendera Jerman juga bisa mengandalkan navigasi dari layar TFT berukuran 6,5 inci-nya. Resolusinya bukan hanya bagus, tapi juga mudah dimengerti karena panduannya berupa navigasi turn by turn.

Semenggugah Apa Konektivitas Yamaha Nmax 2021, Siapa Saja Rivalnya di Indonesia? 03

BMW C400X, skutik BMW Motorrad yang memiliki konektivitas gawai.

Terapan serupa bisa dilihat juga terhadap Kymco Like 150i. Pada sistem Noodoe yang dimiliki, terdapat beberapa fitur serupa seperti navigasi. Sama seperti BMW C400X, arah tujuan Anda bakal diperlihatkan melalui tanda panah digital. Notifikasi telepon maupun pesan dari aplikasi Whatsapp bahkan bisa ditampilkannya. Selain itu, pemilik Kymco Like 150i bisa juga melakukan kustomisasi tampilan serta menaruh beberapa foto sebagai pemanis panel meter. Unik. 

Semenggugah Apa Konektivitas Yamaha Nmax 2021, Siapa Saja Rivalnya di Indonesia? 04

Konektivitas Noodoe pada Kymco Like 150i dapat dilihat dari panel meter digital berbentuk lingkaran.

Presentasi konektivitas gawai lebih atraktif sejatinya terdapat pada Vespa GTS SuperTech 300. Melalui aplikasi bernama MIA Vespa yang dapat diunduh oleh smartphone berbasis Andriod maupun iOS, Anda bisa memanfaatkan beragam fitur baik navigasi, panggilan telepon, membaca pesan hingga menyetel musik. 

Penggunaan salah satunya bahkan bisa dilakukan via voice command. Agar lebih jelas, ada baiknya menghubungkan dulu smartphone dengan intercom atau wireless via jaringan Bluetooth. tak ubahnya dengan Nmax, dari aplikasi tadi pula pengendara bisa mendapatkan data-data semisal pengingat servis, konsumsi bahan bakar, kecepatan rata-rata hingga topspeed. Dan tentu saja lokasi motor ketika gawai terhubung terakhir kali. 

Semenggugah Apa Konektivitas Yamaha Nmax 2021, Siapa Saja Rivalnya di Indonesia? 05

Vespa GTS Super Tech 300 menjadi salah satu model tercanggih berkat konektivitas gawainya.

Kesimpulan

Ketersediaan konektivitas gawai sejatinya menjadi nilai tambah bagi pembeli skutik yang sudah kami sebutkan tadi. Perihal kelebihan, saat ini memang masih dimiliki oleh BMW C400X, Kymco Like 150i dan Vespa GTS Super Tech 300. Ya, itu lantaran ketiganya sudah dilengkapi dengan navigasi. Sebaliknya, dukungan tersebut belum tersedia pada All New Yamaha Nmax Connected. 

Kymco Like 150i mungkin bisa dijadikan pilihan utama jika Anda mengincar konektivitas lebih lengkap dari Nmax. Selain itu dari harga, skutik asal Taiwan dijual kurang dari Rp 30 juta. Sementara All New Yamaha Nmax 2021 sudah mencapai Rp 31 juta. Andaikata ingin lebih canggih fitur, tentu saja opsi itu tersedia pada jenama Eropa. Akan tetapi, dari sisi harga keduanya dipatok jauh lebih mahal.  Saat ini,  Vespa GTS Super Tech 300 dipatok Rp 153,5 juta. Bahkan lebih mahal lagi ketika Anda meminang BMW C400X yang dilego Rp 259 juta. 
 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });