window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Sering Dilupakan, Fitur Sederhana di Matic Honda ini Penting Untuk Keselamatan

Ilham · 4 Mei, 2023 13:30

Sering Dilupakan, Fitur Sederhana di Matic Honda ini Penting Untuk Keselamatan 01

Tuas parking brake lock di handle rem belakang.
  • Fiturnya kerap diabaikan.
  • Fungsinya tak bisa dianggap sepele.

Beragam fitur sudah disematkan pada skuter matic Honda saat ini. Tak sedikit fitur canggih dengan beragam sensor yang tertanam. 

Misalnya Anti-lock Brake System (rem ABS) dan Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang hadir di varian premium seperti Honda Vario 160, Honda PCX 160 dan Honda ADV 160. Namun ada juga fitur sederhana yang tertanam di matic entry level dan menengah.

Sayangnya, banyak pengguna motor tersebut yang belum mengetahui fungsi dari fitur-fiturnya. Padahal deretan fitur tersebut cukup berpengaruh besar di keselamatan pengendara motor.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

“Ada beberapa fitur sederhana untuk keselamatan di sepeda motor Honda yang namun fitur tersebut berdampak cukup besar untuk keselamatan pengendara,” papar Ade Rohman selaku Sub Department Technical Service PT Daya Adicipta Motora, main dealer Honda Jawa Barat. Apa saja fitur tersebut?

Baca Juga: Gak Pasaran, Ini 5 Daya Tarik Honda BeAT Street 2023

Side Stand Switch 

Fitur pertama yang menunjang keselamatan adalah Side Stand Switch, atau pengaman standar samping. Peranti ini hadir sejak model pertama matic Honda beredar, yakni di tipe Honda Vario 110 karbu di tahun 2006 silam. 

Sering Dilupakan, Fitur Sederhana di Matic Honda ini Penting Untuk Keselamatan 01

Standar samping turun, mesin langsung mati.

Dengan fitur Side Stand Switch, standar samping tak cuma berfungsi untuk menahan posisi motor agar tetap berdiri saat motor terparkir. Tapi ada fungsi lain yang secara otomatis mematikan mesin sepeda motor saat standar samping diturunkan. 

Selain itu, mesin tak akan bisa dihidupkan sampai standar samping dinaikkan kembali. Serta mencegah motor jalan sendiri akibat tuas gas terputar secara tak sengaja saat sepeda motor berhenti dengan kondisi mesin menyala. 

Sehingga fitur ini akan mengurangi risiko kecelakaan akibat lupa menaikan standar saat akan berkendara. Tapi patut diingat, meski mesinnya mati namun arus listrik dari aki akan terus tersalur jika kunci kontak belum di posisi off. Sehingga sebaiknya cabut kunci sebelum motor diparkir.

Baca Juga: Enak Gak Enaknya Honda Supra GTR 150, Masih Layak Dibeli Gak Nih?

Parking Brake Lock

Selain itu ada fitur tuas pengunci rem belakang atau Parking Brake Lock yang juga sudah dihadirkan pada era Honda Vario 110 karbu hingga sekarang. Peranti ini berfungsi untuk membantu mengunci roda belakang lewat tuas tambahan di handle rem belakang.

Sering Dilupakan, Fitur Sederhana di Matic Honda ini Penting Untuk Keselamatan 02

Honda BeAT Street dengan parking brake lock.

Fitur ini sangat membantu pengendara, terutama pada saat motor diparkir ditempat yang tidak rata atau berhenti di jalan menanjak atau menurun. Sehingga ban motor terkunci dan posisinya tidak bergerak.

Selain itu, Parking Brake Lock juga mampu menjadi salah satu fitur keselamatan bagi pengendara ketika mesin motor mulai dinyalakan. Karena sistem tersebut dapat mengunci rem belakang motor. Sehingga resiko motor loncat karena memuntir tuas gas secara berlebihan dapat hindari.

Jadi jangan anggap sepele ya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });