window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Serupa Tapi Tak Sama, Jangan Pakai Oli Mesin Mobil Buat Motor Matic

Ary · 18 Okt, 2022 16:00

Tips Oli Motor

Salah kaprah menggunakan oli mesin mobil untuk motor matic.
  • Beberapa pelumas untuk mobil memiliki viskositas yang sama dengan oli motor.
  • Keduanya memiliki perbedaan base oil dan aditif.

Beberapa oli mesin mobil dan motor matic nyatanya memiliki kesamaan viskositas. Sebut saja pelumas dengan SAE 10W-30 atau 10W-40. Bahkan, ada pula pemilik yang menggunakan oli mesin tersebut untuk motornya.

Gamblangnya, membeli oli mobil (kemasan 4 liter) akan lebih efisien ketimbang oli mesin motor kemasan 800 ml atau 1 liter. Sementara di sisi lain, secara konstruksi, komponen keduanya sama-sama tidak terendam oli. 

Akan tetapi, perlakuan demikian tidak disarankan lantaran berpotensi menyebabkan kerusakan pada mesin motor matic. "Walau SAE-nya sama, sangat tidak disarankan menggunakan oli mobil untuk motor. Dari kapasitasnya volume isi oli nya saja tidak sama, apalagi kandungan yang berbeda antar keduanya," kata Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist dari PT Pertamina Lubricants (PTPL).

Oli Motor Matic

Kebanyakan motor matic menggunakan oli dengan SAE 10W-30 dan 10W-40.

Baca juga: Mau Datang ke IMOS 2022? Segini Harga Tiket dan Cara Belinya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Sebagai contoh kandungan aditif pada oli mesin mobil, di mana secara logika orang awam tentu lebih banyak ketimbang oli motor matic. Walau demikian, surplus tersebut tidak menjamin perfoma mesin motor matic menjadi lebih baik apabila menggunakan oli mobil ketimbang menggunakan oli khusus motor matic. 

"Baik kandungan aditif maupun base oil pada oli mobil tentu berbeda kandungannya dengan oli motor yang memiliki dimensi mesin lebih ringkas" sambung Brahma dalam keterangan rilis.

Solusi Mencari Oli Mesin yang Tepat

Dengan kata lain, ada baiknya menggunakan oli sesuai dengan spesifikasi dan peruntukkannya (baik mobil maupun motor). Kemudahan dalam memilih pelumas itu pun disediakan oleh PTPL di mana terdapat line up produk yang dapat dipilih masyarakat.

Dr.LUBE

Dr.LUBE memudahkan pemilik kendaraan mencari referensi oli yang tepat.

Baca juga: Uji Langsung Rekomendasi Oli Mesin dan Ban Yamaha NMax, Layak jadi Pilihan?
 

Bahkan PTPL membuatnya lebih mudah lagi dengan kehadiran Dr. LUBE. Melalui situs ini, pemilik sepeda motor dapat mengetahui pelumas yang tepat untuk kendaraan kesayangannya. Cukup dengan memilih merek, varian dan tipe kendaraan, Dr.LUBE akan langsung menampilkan oli mesin yang direkomendasikan.

Tentu saja, pencarian terhadap pelumas PTPL ini dapat dilakukan juga oleh pemilik kendaraan lain seperti mobil, bus hingga truk. “Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah, cukup dengan mengakses dari link drlube.pertaminalubricants.com. Kemudian konsumen bisa memilih jenis kendaraan (mobil, motor atau bus/truk). Selanjutnya, konsumen memilih merek kendaraan, pilih tipe dan varian spesifik kendaraan Anda, dan Dr.LUBE akan menampilkan referensi pelumas, semudah itu,” tutup Brahma.     

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });