Shoei X-Fifteen, Helm Marc Marquez Resmi Dijual di Indonesia
Fariz · 28 Mei, 2023 14:30
0
0
Punya 3 varian harga dimulai dari Rp 11 jutaan.
Meningkatkan sisi aerodinamika dan kenyamanan penggunanya.
Visor memiliki 3 pengunci agar tidak lepas saat terkena benturan kencang.
PT Prakarsa Bangun Sarana (PBS) selaku Distributor Shoei di Indonesia secara resmi menghadirkan helm MotoGP di Indonesia, yaitu generasi terbaru dengan nama Shoei X-Fifteen.
Helm yang juga digunakan oleh Marc Marquez ini hadir dalam 3 harga berbeda, yaitu warna solid dengan harga Rp 11,6 juta, warna grafis di harga Rp 13,9 juta, dan warna dengan grafis pembalap Marc Marquez dan Alex Marquez dibanderol Rp 14,4 juta.
Karena diciptakan untuk kebutuhan balap namun tetap bisa dinikmati daily rider, banyak improvement yang dilakukan untuk memberi rasa nyaman bagi para penggunanya.
Pertama dengan memperbaiki sisi aerodinamika, sehingga helm akan sangat nyaman ketika digunakan pada kecepatan tinggi tanpa adanya gerakan berlebih yang bisa memberi beban ke leher penggunanya.
“Ada accent yang khas dari Shoei X-Fifteen, yaitu 2 garis di atas. Mereka menambahkan aksen di atas ini untuk meningkatkan gaya aerodinamika."
"Kemudian di rear flap sebelumnya tidak ada tunnel, kini diberikan tunnel yang juga berhubungan ke sisi aerodinamika.”
“Hasilnya bisa menurunkan tingkat drag 6,1% dan menurunkan gaya angkat 1,6% yang sudah diuji di wind tunnel pada kecepatan tinggi melebihi 350 km/jam, hasilnya helm tetap stabil."
"Tentu saja ini jadi point yang sangat krusial untuk penggunaan balap,” ujar Boy Septa, Manager PBS.
Ventilasi & Penguncian Baru
Sisi lain yang juga dimaksimalkan pada X-Fifteen ada pada sistem ventilasi, bisa dilihat pada sisi atasnya terdapat ventilasi yang cukup lebar yang seolah membentuk huruf M.
Ventilasi pada helm ini punya kinerja yang lebih optimal dengan memperdalam saluran udara di dalam helm hingga lebih dari 1,5 kali dibanding X-Fourteen.
Kemudian ada lubang outlet di spoiler belakang untuk mengeluarkan hawa panas dari dalam helm.
“Shoei X-Fifteen punya ventilasi lebih besar untuk memaksimalkan angin yang masuk, bisa juga untuk meningkatkan aerodinamika dari helm itu sendiri. Di depan juga ada ventilasi yang lebih banyak dari sebelumnya, bahkan ada penambahan lubang ventilasi ke cheek pad.”
“Kemudian sistem penguncian visor sekarang di tengah yang sebelumnya di samping, ini untuk mempermudah proses pembukaan visor."
"Lalu ada penguncian tambahan ada di sampingnya dan di base plate, untuk meminimalisir visor lepas saat kena impact ketika pengendara jatuh. Jadi total ada 3 penguncian,” rincinya.
Visibilitas & Interior Shoei X-Fifteen
Tuck in atau nunduk jadi salah satu hal wajib yang dilakukan para pembalap di sirkuit ketika berada di lintasan lurus, tujuannya untuk meningkatkan sisi aerodinamika sehingga kecepatan yang diraih bisa lebih tinggi.
Karena itu Shoei meningkatkan sisi visibilitas penggunannya saat sedang melakukan tuck in dengan cara sedikit memangkas sisi atas helm.
“Saat tuck in pembalap akan lebih nyaman karena ada peningkatan 5 mm, dengan begitu bisa melihat lawan dan lintasan lebih jelas dibanding helm sebelumnya. Para pembalap MotoGP pun cukup mengapresiasi perubahan ini,” tambah Boy.
Tidak hanya sisi luar dari helm tersebut, tapi Shoei juga melakukan ubahan pada sisi dalam Shoei X-Fifteen untuk memberi kenyamanan dan keleluasan penggunanya dalam mengatur posisi kepala dengan bantalan.
Seperti di masing-masing bantalannya dilengkapi dengan saku untuk memberikan sisi ruang yang lebih padat sehingga pas dengan kepala penggunanya. Seluruh bantalan juga bisa diatur posisinya, sehingga bisa lebih pas dengan kepala.
Bantalan di area pipi juga memiliki bentuk unik untuk mencegah helm terangkat dan lebih besar 116% dari helm sebelumnya, sehingga akan mencengkeram kepala lebih kuat saat di kecepatan tinggi.
“Busanya bersifat modular, interior atas dibagi menjadi 6 bagian sehingga bisa diatur sesuai kebutuhan pengguna."
"Ini membuat kekedapan suara jauh lebih tinggi juga, jadi walau di cheek pad ada ventilasi udara tapi gak membuat kekedapan berkurang."
“Fitur tambahan yang cukup baru juga ada di Shoei X-Fifteen, kita tahu kalau racing itu macam-macam, ada racing dengan jumlah lap tertentu dan ada endurance yang durasi balapnya lebih lama."
"Untuk memenuhi kebutuhan para pembalap endurance, Shoei memberikan jalur camel back, jadi ada rongga untuk jalur hose camel back itu," tutupnya.