window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Siapa Lebih Irit, Yamaha Fazzio atau Yamaha FreeGo?

Harry · 29 Apr, 2023 09:30

Siapa Lebih Irit, Yamaha Fazzio atau Yamaha FreeGo? 01

Keduanya sama-sama bermesin 125 cc.
  • Yamaha Fazzio punya teknologi hybrid.
  • Yamaha FreeGo pakai teknologi Blue Core.

Motor matic kecil Yamaha saat ini mengusung kubikasi mesin 125 cc dengan teknologi Blue Core. Bahkan teknologi tersebut semakin advance dengan teknologi hybrid seperti milik Yamaha Fazzio (Spesifikasi | Berita).

Dengan teknologi hybrid, diharapkan efisiensi bahan bakar bisa lebih maksimal lagi. Hal ini karena adanya power assist pada saat berakselerasi, momen ini sendiri jadi yang paling boros konsumsi bahan bakar.

Meski begitu tak semua motor matic kecil Yamaha pakai teknologi hybrid, Yamaha FreeGo (Spesifikasi | Berita) contohnya. Meski jadi model yang lebih baru dibandingkan Yamaha Fazzio, tapi justru mengusung mesin Blue Core biasa.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Lantas bagaimana konsumsi bahan bakar keduanya jika dibandingkan? Siapa yang lebih irit kala dipakai harian?

Pengetesan Internal

Kebetulan kedua motor matic tadi sudah kami tes lengkap, mulai dari impresi berkendara, akselerasi dan performa sampai dengan konsumsi bahan bakarnya.

Siapa Lebih Irit, Yamaha Fazzio atau Yamaha FreeGo? 01

Power assist berlangsung selama 3 detik.

Tim Autofun.co.id menguji efisiensi keduanya menggunakan metode full to full serta pakai bahan bakar oktan 92. Dipakai berkendara harian di dalam kota yang cenderung stop & go.

Karakter berkendara normal cenderung agresif, tak dibuat irit-iritan dengan cara membuka dan tutup gas dengan lembut. Dan seperti apa hasilnya?

Yamaha Fazzio Tembus 50 Km/liter

Tak bisa dipungkiri memang, berkat hadirnya teknologi hybid yang berupa electric power assist dan membantu putaran mesin selama 3 detik ketika motor baru berjalan dari posisi berhenti, bisa membuat hemat.

Siapa Lebih Irit, Yamaha Fazzio atau Yamaha FreeGo? 02

Mesin Yamaha FreeGo.

Belum lagi fitur SSS (Stop & Start System) yang bisa mematikan mesin saat berhenti di lampu merah. Tak heran jika soal efisiensi, Yamaha Fazzio lebih irit dari Yamaha FreeGo, bisa tembus 50,43 km/liter.

Sementara itu, meski kalah efisien, namun Yamaha FreeGo masih mampu mencatatkan angka konsumsi bahan bakar 45,9 km/liter. Masih lumayanlah ya?

Kesimpulan

Dengan teknologi Blue Core Hybrid yang dimilikinya, jelas Yamaha Fazzio lebih efisien dari Yamaha FreeGo yang masih pakai teknologi Blue Core. Perbedaannya mencapai 4,53 km/liter.

Tentunya pilihan kembali pada konsumen, jika menyukai motor bergaya retro modern maka pilihannya Yamaha Fazzio. Tapi jika lebih untuk penggunaan harian dengan akomodasi mumpuni, pilih Yamaha FreeGo karena punya bagasi lebih besar.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });