window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Simak 9 Langkah Mujarab Rawat Skuter Kesayangan Saat PPKM Darurat Dari Scooter VIP

Harry · 15 Jul, 2021 14:30

Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat masih akan berlangsung hingga 20 Juli 2021 mendatang. Dengan demikian, akan ada banyak waktu dihabiskan di rumah.

Namun jangan lupakan pula kondisi skuter kesayangan agar tetap prima dan siap digunakan kembali. Perawatan skuter seperti Vespa modern terhitung mudah dilakukan sendiri di rumah.

Simak 9 Langkah Mujarab Rawat Skuter Kesayangan Saat PPKM Darurat Dari Scooter VIP 01

Perawatan skuter bisa dilakukan sederhana di rumah.

Hal ini disampaikan Fatchur Rohman, Kepala Bengkel Scooter VIP Surabaya dalam keterangan yang diterima redaksi. Setidaknya ada sembilan langkah yang ampuh untuk menjaga kondisi skuter kalian tetap prima.

Baca juga : Panas Mesin nggak Wajar, Cek Kondisi 4 Bagian Motor ini

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

1. Bersihkan Skuter

Karena akan lama berdiam di dalam garasi, baiknya cuci dan bersihkan skuter sebelum disimpan. Kotoran yang dibiarkan bukan tak mungkin akan menimbulkan karat pada beberapa komponennya.

2. Gunakan Cover Motor

Kalau sudah dicuci bersih, ada baiknya tutup skuter dengan cover motor agar terhindar dari debu lagi. Cover ini juga bisa menangkal baret-baret akibat hewan peliharaan yang duduk di atas jok.

Baca juga : Pelihara Motor Usia 5 Tahun ke Atas, Masalah Intai Komponen Kelistrikan ini

Simak 9 Langkah Mujarab Rawat Skuter Kesayangan Saat PPKM Darurat Dari Scooter VIP 01

Posisi dipstick pada Vespa modern.

3. Dongkrak Roda Depan

Ban yang lama menempel dengan lantai rumah, bisa membuat tekanan angin ban cepat  berkurang. Gunakan dongkrak untuk mengangkat roda depan supaya menggantung dan tak menyentuh lantai.

Simak 9 Langkah Mujarab Rawat Skuter Kesayangan Saat PPKM Darurat Dari Scooter VIP 02

Tekanan angin ban harus dijaga supaya tak merepotkan saat hendak digunakan.

4. Tekanan Angin

Perhatikan tekanan angin ban depan dan belakang sebelum dikendarai jika ada kebutuhan mendesak harus pergi keluar. Baiknya saat disimpan, tekanan angin dibuat sedikit lebih keras, sehingga penyusutan tekanan angin tak sampai membuat ban terlalu kempis.

Baca juga : Servis Berkala Honda CRF150L sampai 3 Tahun, Ini Spare part yang Wajib Diganti

5. Copot Aki

Motor yang terlalu lama diam, ada baiknya lepas kabel positif aki untuk mencegah aki soak dan starter tidak bisa digunakan. Lain hal jika memliki charger portable karena hal ini tak akan mempengaruhi kondisi aki.

6. Kondisi Oli

Memantau kondisi oli mesin juga penting dilakukan, apakah sudah keruh atau volumenya berkurang. Gunakan dipstick untuk mengetahui kondisi oli. Tak hanya oli mesin, tapi juga oli CVT (gardan) juga perlu diperiksa kondisinya.

Baca juga : Pemilik Honda PCX 160 2021 Jangan Sampai Telat Ganti Oli, Efeknya Bisa Fatal!

7. Bahan Bakar

Perhatikan sisa bahan bakar pada tangki, dan alangkah baiknya kondisi tangki penuh saat skuter disimpan. Ini untuk mencegah efek karat karena adanya udara pada tangki bahan bakar.

Simak 9 Langkah Mujarab Rawat Skuter Kesayangan Saat PPKM Darurat Dari Scooter VIP 03

Pastikan bahan bakar tersedia cukup selama motor disimpan.

8. Panaskan Mesin

Ini ada kaitannya dengan poin nomor empat. Bahan bakar yang ada bisa untuk menghidupkan mesin. Panaskan mesin 10 sampai 15 menit untuk memastikan oli mesin bersirkulasi dengan baik.

Baca juga : Lampu Hingga Klakson Motor Tiba-Tiba Mati? Bisa Jadi Karena Komponen Kecil Ini Loh!

9. Periksa Radiator

Pada beberapa model skuter ada yang mengunakan pendingin cairan, maka cek kembali cairan radiator. Pastikan cairan pendingin tetap penuh dan dalam batas normal, baik pada radiatornya atau pun tabung reservoir.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });