window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Simak Lagi Beda Honda PCX 160 2022 tipe CBS dan ABS, Selisihnya Rp 3,6 Juta Lho!

Harry · 4 Nov, 2021 18:00

Dikenalkan sejak awal tahun 2021 ini, Honda PCX 160 2022 sukses menjadi salah satu matic premium yang digemari masyarakat. Pasalnya, motor ini benar-benar dirancang ulang, tak ada peninggalan Honda PCX 150 yang tersisa.

Buat yang berminat dan ada rencana menebus Honda PCX 160, PT Astra Honda Motor (AHM) merilis 3 tipe, CBS (Combi Brake System), ABS (Anti-lock Braking System) dan e:HEV alias hybrid. Tapi tipe CBS dan ABS yang lebih banyak dipilih.

Simak Lagi Beda Honda PCX 160 2022 tipe CBS dan ABS, Selisihnya Rp 3,6 Juta Lho! 01

Baiknya beli tipe CBS atau ABS nih?

Diantaranya keduanya terdapat selisih harga yang cukup lumayan, mencapai Rp 3,6 juta. Dari situs resmi AHM, harga Honda PCX 160 CBS dijual Rp 30,845 juta dan Honda PCX 160 ABS dilepas Rp 34,445 juta, on the road Jakarta.

Baca juga : Segini Konsumsi Bensin Honda PCX 160 2022 Yang Pakai Mesin Baru, Irit Gak?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Dan ternyata beda keduanya bukan hanya dari sistem pengereman CBS dan ABS saja, karena masih ada beberapa bagian yang jadi pembeda keduanya tuh. Apa saja kira-kira? Dan mana tipe yang paling tepat untuk dibeli kelak?

Antara CBS dan ABS

Tentu sistem pengereman jadi pembeda utama, rem CBS memadukan pengereman pada kedua roda, meski hanya menarik tuas rem belakang saja. Mekanisme CBS akan langsung membagi porsi kekuatan pengereman, yakni depan sebesar 60% dan belakang sebesar 40%.

Baca juga : Cek Ricek Pajak Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax 155, Mana Lebih Bersahabat?

Pengereman ini praktis digunakan dan aman, termasuk untuk mereka rider pemula. Asyiknya sistem mekanikal rem CBS ini pun minim perawatan da jarang rusak, dan sukses diterapkan untuk beragam motor matic Honda.

Simak Lagi Beda Honda PCX 160 2022 tipe CBS dan ABS, Selisihnya Rp 3,6 Juta Lho! 01

Cara kerja sistem CBS Honda.

Sedangkan rem ABS, mengandalkan teknologi sensor yang mampu mencegah roda terkunci ketika melakukan pengereman dengan sangat kuat. Hanya saja Honda PCX 160 menerapkan ABS Single Channel, yang hanya ada di roda depan saja.

Honda Selectable Torque Control

Buat kalian yang suka teknologi canggih, Honda PCX 160 ABS yang harus kalian pilih, karena sudah sepaket dengan teknologi yang bernama Honda Selectable Torque Control (HSTC). Jumpei Omori, Large Project Leader Honda Motor Co. Ltd., menjelaskan, HSTC diadopsi untuk memberikan rasa aman saat Honda PCX 160 melaju di permukaan jalan yang licin.

Baca juga : Beragam Pertanyaan Yang Timbul Terkait Honda PCX 160 2021, Masih Ragu Untuk Beli?

"HSTC mengontrol torsi mesin dengan mengontrol jumlah injeksi bahan bakar sesuai dengan laju roda belakang dan bukaan katup throttle, sehingga menekan selip roda belakang," ujar Omori, dalam presentasinya, saat peluncuran Honda PCX 160 secara virtual, beberapa waktu lalu.

Simak Lagi Beda Honda PCX 160 2022 tipe CBS dan ABS, Selisihnya Rp 3,6 Juta Lho! 02

HSTC cegah roda belakang selip.

Secara sederhana, fitur HSTC akan membantu menyeimbangkan kerja putaran roda saat mendeteksi terjadinya roda belakang selip. Sehingga, mencegah terjadinya kecelakaan karena traksi roda yang hilang.

Indikator HSTC di panel meter memperingatkan pengendara tentang operasi sistem dengan lampu indikatornya yang menyala. Indikator HSTC dapat diaktifkan atau dinonaktifkan menggunakan sakelar multifungsi pada panel meter, tergantung kebutuhan pengendaranya.

Baca juga : Hasil Tes Topspeed dan Akselerasi Honda PCX 160 2022, Cuma Segini Doang?

Meski begitu, ada pula yang merasa fitur seperti HSTC ini tak terlalu penting, karena tenaga mesin yang tak terlalu kuat untuk bisa membuat roda belakang selip. Sehingga, tipe CBS lebih pas untuk dipilih.

Ragam Pilihan Warna

Simak Lagi Beda Honda PCX 160 2022 tipe CBS dan ABS, Selisihnya Rp 3,6 Juta Lho! 03

Pilihan warna Honda PCX 160 2022.

Terakhir adalah ragam pilihan warna yang ditawarkan. Honda PCX 160 tipe CBS, ditawarkan dengan empat pilihan warna, antara lain Marvelous Matte Grey, Majestic Matte Red, Wonderful White, dan Glorious Matte Black.

Sedangkan pada Honda PCX 160 tipe ABS juga dihadirkan dengan empat pilihan warna, mulai dari Majestic Matte Red, Royal Matte Blue, Wonderful White, hingga Brilliant Black.

Mau Pilih Mana?

Simak Lagi Beda Honda PCX 160 2022 tipe CBS dan ABS, Selisihnya Rp 3,6 Juta Lho! 04

Honda PCX 160 2022 sukses jadi produk yang diterima pasar.

Selisih harga Rp 3,6 juta dengan pembeda utama pada sistem rem dan fitur kontrol traksi, tentu menjadi 2 opsi yang bisa dipilih oleh kalian sebagai konsumen. Jika hanya tak suka rem ABS malah tipe CBS jadi pilihan.

Baca juga : Video : Jawab Keraguan, Ini 5 Alasan Kenapa Sebaiknya Beli Honda PCX 160 2022

Tapi untuk penyuka teknologi dan ingin merasakan kecanggihan dari sebuah motor matic premium Honda, maka tipe ABS dengan gabungan HSTC pilihannya. Semuanya kembali pada kebutuhan, selera dan isi dompet kalian pastinya.

Spesifikasi Honda PCX 160 2022
Dimensi
P x L x T 1.935 x 742 x 1.108 mm
Sumbu Roda 1.313 mm
Jarak Terendah 134 mm
Tinggi Jok 764 mm
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Berat Isi 129 kg (CBS) 131 kg (ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 12 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Otomatis, V-matic
Tenaga Maksimal 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Duplex steel cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/70-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });