window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Simpel, Begini Cara Mengetahui Kondisi Oli Gardan Motor Matic

Ary · 17 Okt, 2021 14:30

Secara interval, penggantian oli gardan motor matic memang lebih lama ketimbang oli mesin. Sebagai perbandingan, hal ini dapat dilakukan setiap dua kali ganti oli mesin atau 2:1. Dengan kata lain, oli mesin motor matic diganti setiap 2.000 km sekali. Sementara pelumas transmisi itu baru dapat dituang setiap 4.000 km sekali. 

Meski begitu, kondisi dari oli gardan motor matic ini tetap tak boleh luput dari perhatian. Pemeriksaan terhadapnya menjadi penting ketika motor matic Anda sempat dipakai menerjang banjir. Bilamana ketinggian air melebihi area CVT (Continous Variable Transmission), besar sekali potensi oli gardan tercampur dengan air.    

Tips Periksa Kondisi Oli Gardan Motor Matic

Kondisi oli gardan motor matic juga wajib diperiksa, terutama setelah menerjang banjir. 

Baca juga: Sering Dilupakan, Ini Interval Ganti Oli Gardan Motor Matik Yang Benar

Meski tidak dilengkapi dipstick seperti halnya penutup oli mesin, pengecekan oli gardan bisa dilakukan secara mandiri. Simpel. Pasalnya, Anda hanya membutuhkan obeng untuk melakukan giat tersebut. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Cara Mengecek Oli Gardan Motor Matic

Pertama, posisikan motor matic Anda berdiri menggunakan standar tengah di atas permukaan yang rata. Kedua, buka tutup oli gardan motor matic di bagian belakang CVT. Ketiga, periksa kondisi oli gardan menggunakan obeng yang berukuran paling tidak 15 cm. Sebelum itu, pastikan dulu obeng dalam keadaan kering.

Setelah itu, cek kondisi pelumas transmisi yang menempel pada obeng. Jika masih bening dan kental, oli gardan dalam kondisi baik. Namun, Anda wajib menggantinya apabila oli itu sudah seperti kopi susu. Begitu pula ketika oli gardan berwarna hitam dan kepalang encer. 

Cara Mengecek Kondisi Oli Gardan Motor Matic

Berbeda dengan oli mesin, penutup oli gardan motor matic tidak dilengkapi dengan dipstick.

Baca juga: Yamaha NMax Gak Haram Pakai Federal Racing, Tapi?

Bersamaan dengan itu, baiknya periksa juga bagian lain seperti seal penutup lubang pengisian oli dan baut lubang pembuangan oli guna mengantisipasi adanya kebocoran.  

Efek Telat Ganti Oli Gardan Motor Matic

Jika terjadi kebocoran, dipastikan oli gardan tidak akan maksimal melumasi komponen CVT motor matic. Pun halnya ketika kondisi oli gardan motor matic terlalu encer. Di saat Anda telat menggantinya, beberapa efek negatif akan terasa saat motor dibawa berkendara. 

Lantaran kekentalan oli berkurang, suara kasar akan muncul dari area CVT motor matic. Ini terjadi karena terjadi gesekan antar komponen di dalam CVT.

Tips Ganti Oli Gardan Motor Matic

Segera periksa dan ganti oli gardan setelah motor menerjang banjir.

Baca juga: Pentingnya Aki untuk Honda Beat, Begini Cara Merawatnya

Karena itu pula gear ratio menjadi rentan aus yang mana memengaruhi usia pakainya. Hal ini tentu akan merugikan Anda karena harga gear ratio motor matic itu dibanderol lumayan mahal. Tak cuma itu. Kondisi ini juga akan merembet ke bagian lain semisal bearing.

Jika tak ingin mengalaminya, gantilah oli gardan motor matic secara periodik. Dan, jangan pernah menunda penggantiannya apabila motor sempat digunakan menerjang banjir.      
 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });