window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Sosok Honda Vario 160 Bocor, Pakai Lampu Projector 4 Titik

Ary · 7 Mei, 2021 12:00

Honda Vario 150 digadang menjadi produk selanjutnya yang menggendong mesin eSP+ berkapasitas 160 cc. Hal tersebut diperkuat setelah sosoknya bocor baru-baru ini. Tak sekadar mesin, desain Honda Vario 160 pun berbeda jauh dengan model pendahulunya.

Sebagaimana terlihat dari penampakan yang ditebar Motosaigon berikut. Tampilan wajah Honda Vario 160 tak lagi mengandalkan sepasang penerangan utama LED saja. Terlihat jelas, lampu depan Honda Vario 160 sudah menggunakan model projector 4 titik. 

Sosok Honda Vario 160

Sosok yang diduga kuat Honda Vario 160 ini sudah menggunakan lampu depan jenis projector.

Baca juga: Setelah Honda PCX, Giliran Honda Vario 150 yang Bertugas Menjadi Aerox 155 Killer?

Tak cuma itu. Sematan daytime running light (DRL) yang menjadi identitasnya pun ikut direlokasi. Lampu pendukung tersebut, kini terintegrasi bersama headlight di dalam satu rumah lampu. Lantas dari segi desain, atraktif dengan bentuk menyiku. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Desain lebih Berotot

Lampu sein Honda Vario 160 jua tak luput dari sentuhan. Bukan lagi menempati panel bodi di atas headlight. Sinyal belok kepunyaannya sekarang justru berada di bagian bawah. Selain itu, bentuknya pun tak lagi minimalis seperti Vario 150.     

Desain Honda Vario 160

Honda Vario 160 tampak lebih besar dan berotot dibanding Honda Vario 150.

Baca juga: Kehadiran Honda Vario 160 makin Santer, Diduga Meluncur Akhir Tahun

Masih terkait dengan lampu sein. Panel bodi yang menjadi tempatnya bersarang jelas mengalami perubahan. Sekilas tampak lebih besar, walau siluet layaknya kepunyaan model lama tetap dipertahankan. Bagian ini pun rasanya lebih ramah untuk dengkul pengendara. Pasalnya, ujung dari panel tersebut tampak dibuat lebih pendek dari sebelumnya. 

Ubahan minor justru terlihat pada bodi samping. Hanya saja, area ini dibuat lebih besar guna menambah kesan berotot. Sedikit sentuhan sebenarnya juga terjadi pada lampu belakang. Tapi, kesan atraktif makin kentara lantaran terdapat sekat antar LED-nya. Sementara itu, perbedaan tidak terjadi pada lampu sein - masih tetap menyatu dengan sepatbor yang terpisah dari bodi belakang. 

Desain Lampu Honda Vario 160

Desain buritan Honda Vario 160 masih mirip dengan model lama.

Baca juga: Menerka Performa Honda Vario 160, PWR Yamaha Aerox 155 masih Terbaik?

Mesin eSP+, Performa lebih Baik dari Yamaha Aerox 155

Performa tentu menjadi sektor paling menarik dari Honda Vario 160. Seperti disampaikan di awal, skutik ini pasti bakal menggendong mesin empat katup seperti Honda PCX 160. Lantaran menggunakan basis mesin serupa, probabilitas racikan mesin 160 cc milik Vario pun bakal mengusung bore x stroke: 60 x 55,5 mm. 

Begitu pula dengan penyetelan rasio kompresi yang tinggi yakni 12:1. Maka, besar kemungkinan pula performa yang dihasilkan Honda Vario 160 mencapai 16,2 PS @8.500 rpm dan 14,7 Nm @6.500 rpm. Melihat bekalan demikian, pesaing utamanya yaitu Yamaha Aerox 155 terang-terangan bakal kalah dari segi output. 

Mesin Honda Vario 160

Ini rancang mesin eSP+ pada Honda PCX 160 2021.

Baca juga: Ini Alasan Honda CB150R Streetfire ogah Pakai Assist and Slipper Clutch

Skutik Yamaha dengan mesin 155 cc berteknologi variable valve actuation (VVA), tercatat sanggup melontarkan tenaga 15,3 PS @8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm @6.500 rpm. Artinya, terdapat selisih yang lumayan masing-masing 0,9 PS dan 0,8 Nm. Kendati begitu, ada satu yang menurut kami unik. Filter udara Honda Vario 160 ini memiliki ukuran lebih besar dari Honda PCX 160. 

Pertanyaannya, kapan Honda Vario 160 meluncur? Ada probabilitas kehadirannya dilakukan akhir tahun ini. Dan, PT Astra Honda Moto (AHM) yang didaulat melakukannya lebih dulu. Walau begitu, besar kemungkinan sang produk dipasarkan tahun berikutnya sebagai Honda Vario 160 2022. Akankah demikian skemanya? Kita tunggu perkembangan selanjutnya! 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });