window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Sosok TVS Ronin yang Makin Dekat ke Indonesia, Patennya Sudah Terdaftar

Ilham · 18 Jan, 2023 16:30

paten desain tvs ronin

Paten desain TVS Ronin
  • Desain paten identik dengan sosok TVS Ronin.
  • Masih pakai sari guard.

Salah satu motor anyar yang siap hadir di Indonesia tahun ini adalah TVS Ronin. Kehadiran motor asal pabrikan India itu diumumkan lewat teaser di Instagram resmi TVS Indonesia.

Kabar terbarunya, saat ini paten desain dari TVS Ronin juga sudah terdaftar di Tanah Air. Seperti tercantum pada situs DJKI Kemenkumham RI yang dikeluarkan pada 16 Januari lalu.

Gambaran paten desain ini diajukan oleh TVS Motor Company yang beralamat di Khader Nawaz Khan Road, Nungambakkam, Chennai-India. Perancangnya pun asli India yang bernama Harne Vinay Chandrakant.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca Juga: Canggih Tapi Lebih Murah, TVS Ronin Cocok Jadi Seteru Yamaha XSR155 di Indonesia

Masih Pakai Engine dan Sari Guard

Secara tampilan di paten tersebut sosok TVS Ronin jelas terlihat. Hal ini bisa diidentifikasi lewat penggunaan headlamp bulat dengan aksen T di dalamnya.

Sosok TVS Ronin yang Makin Dekat ke Indonesia, Patennya Sudah Terdaftar 01

Masih ada komponen khas motor India

Lalu posisi sein depan berada di atas headlamp, serta adanya panel spidometer bulat ala dragster di atas. Suspensinya pun terlihat memakai model up side down yang gagah. Sementara di belakang mengusung monosok.

Meski sekilas terlihat sangar, tapi karena paten desain yang didaftarkan masih utuh dari India, maka ciri khas motor-motor di sana pun tetap terlihat. Sehingga sedikit mengurangi kesan gahar motor tersebut.

Seperti adanya peranti sari guard yang ada di sisi kiri belakang. Sari guard ini berfungsi sebagai pelindung roda belakang dan rantai dari kain sari yang menjuntai saat berboncengan. Kain sari jamak dipakai oleh kaum wanita di India.

Sosok TVS Ronin yang Makin Dekat ke Indonesia, Patennya Sudah Terdaftar 02

Tampilannya gagah.

Sedangkan engine guard berupa pipa melengkung di area depan mesin memang fungsional. Namun desainnya yang lawas, justru mengurangi kesan estetik dari motor tersebut.

Baca Juga: Bocoran Motor Baru, TVS Ronin 2023 Bakal Masuk Indonesia Nih!

Punya Beragam Fitur Unggulan

Diluar paten desainnya yang masih menghadirkan peranti khas India, namun fitur TVS Ronin patut dipertimbangkan. Misalnya penggunaan lampu-lampu LED dan panel spidometer full digital. Serta hadirnya rem ABS untuk seluruh tipe.

Sosok TVS Ronin yang Makin Dekat ke Indonesia, Patennya Sudah Terdaftar 03

Spidometer unik

Suspensi depannya bertipe up side down 41 mm dan monosok adjustable di belakang. Bannya model dual purpose dengan ukuran 110/70 dan 130/70 yang melapis pelek palang 9 berukuran 17 inci. 

Memang motor ini mengusung mesin 226 cc berpendingin oli (oil cooler), tapi sudah injeksi. Selain itu, tertanam juga fitur Assist & Slipper Clutch untuk menunjang perpindahan gigi di mesin bertenaga 20,4 PS dengan torsi maksimal 19,9 Nm ini.

Wah, patut ditunggu nih!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });