window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Spidometer Kawasaki Ninja ZX-25R Layaknya Superbike, Bisa Ukur Catatan Waktu di Sirkuit!

Fariz · 5 Okt, 2022 17:00

Spidometer Kawasaki Ninja ZX-25R Layaknya Superbike, Bisa Ukur Catatan Waktu di Sirkuit! 01

New Kawasaki Ninja ZX-25R 2023
  • Dibekali spidometer full digital dengan ragam suguhan informasi
  • Circuit Mode bisa ukur catatan waktu saat track day di sirkuit

Kawasaki Ninja ZX-25R model 2023 hadir dengan beberapa pembaharuan, untuk menunjang tampilan serta performanya. Salah satu fitur terbaru yang cukup berubah dari generasi sebelumnya ada pada spidometer.

Jika sebelumnya masih menggunakan spidometer kombinasi analog dan digital, sekarang Kawasaki Ninja ZX-25R model 2023 sudah menggunakan spidometer full digital. Jika dilihat, tampilannya seperti milik Kawasaki Ninja ZX-10R.

Saat pertama kali dinyalakan, langsung ada opening bertuliskan Kawasaki yang dilanjutkan dengan transisi menuju tampilan utamanya. Spidometer ini pun punya 2 tampilan yang menarik, dan bisa disesuaikan kebutuhan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Layout Desain

Spidometer digital ini dibekali dengan 2 layout desain berbeda. Pertama ada tampilan standar di mana informasi yang disuguhkan khas akan hal-hal yang berguna saat di jalan.

Misal informasi takometer yang memanjang, kecepatan spidometer, dan ragam informasi di bawah. Selanjutnya bisa mengganti tampilan dengan Circuit Mode pada mode setting.

Spidometer Kawasaki Ninja ZX-25R Layaknya Superbike, Bisa Ukur Catatan Waktu di Sirkuit! 01

Tampilan circuit mode punya fitur lap timer

Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-25R 2023 Kini Punya 3 Varian, Teratas Pakai Part Moge!

Di sini informasi yang ditonjolkan adalah dimensi takometer yang lebih besar agar bisa lebih tepat saat melakukan perpindahan gigi. Kemudian ada gear position dan lap timer.

Fitur lap timer bisa dioperasikan secara manual melalui sakelar di sebelah kiri, nantinya spidometer juga bisa menampilkan catatan waktu tercepat dari semua lap yang ditempuh.

Tentunya fitur-fitur ini sangat berguna ketika digunakan di dalam sirkuit atau bagi para pengguna Kawasaki Ninja ZX-25R yang senang melakukan track day. 

Ragam Informasi

Selain informasi utama seperti takometer, gear position, fuel meter, jam digital, dan speed meter ada juga beberapa informasi tambahan lain. Ada informasi pengukur jarak odometer, Trip A, dan Trip B. Di sebelahnya ada informasi suhu mesin.

Baca juga: Makin Lengkap! Ini Daftar Tipe, Warna dan Banderol Kawasaki Ninja ZX-25R Series 2023

Spidometer Kawasaki Ninja ZX-25R Layaknya Superbike, Bisa Ukur Catatan Waktu di Sirkuit! 02

Tampilan standar memulai takometer dari 4.000 rpm

Di sisi bawah lumayan banyak informasi tambahan lain. Pertama ada total time yang mengukur lamanya mesin hidup dan lamanya berkendara, lalu informasi tegangan baterai, fuel consumption real time dan rata-rata.

Selanjutnya ada informasi fuel range yang mengukur jarak tempuh dengan sisa bahan bakar terkini, dan terakhir ada informasi average speed yang mengukur kecepatan rata-rata selama berkendara.

Riding Modes

Di Kawasaki Ninja ZX-25R kini ada banyak pilihan riding modes seperti Kawasaki Ninja ZX-10R. Informasi riding mode yang sedang digunakan ada pada sisi atas spidometer pada tampilan standar dan ada di bawah pada tampilan Circuit Mode.

Pilihan riding modesnya ada Sport yang paling tinggi, Road, Rain, dan terakhir ada Rider. Saat memilih Rider, pengendaranya bisa mengatur karakter tenaga ingin full atau low serta seberapa sensitif KTRC (Kawasaki TRaction Control).

Spidometer Kawasaki Ninja ZX-25R Layaknya Superbike, Bisa Ukur Catatan Waktu di Sirkuit! 03

Ada fitur konektivitas yang terhubung melalui aplikasi

Selebihnya ada rentetan lampu indikator di samping dan di bawah layar spidometer. Ada indikator sein, lampu jauh, check engine, immobilizer, low battery indicator, overheat indicator, oil capacity indicator, ABS, KTRC, dan Neutral.

Fitur Konektivitas

Selain ragam informasi baru tersebut, spidometer barunya ini juga punya fitur konektivitas yang bisa tersambung dengan smartphone melalui bluetooth. Nantinya spidometer bisa menampilkan notifikasi telepon juga pesan.

Sedangkan di smartphone, bisa memantau status Kawasaki Ninja ZX-25R melalui aplikasi Rideology yang bisa diunduh di Play Store mapun iStore. Semakin canggihkan?

Spidometer Kawasaki Ninja ZX-25R Layaknya Superbike, Bisa Ukur Catatan Waktu di Sirkuit! 04

Bisa memunculkan notifikasi telepon dan pesan masuk

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });