window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Sudah Dibuktikan Ojol, Motor Listrik Rakata S9 Bisa Disewa Ratusan Ribu Saja

Ilham · 30 Nov, 2021 16:00

Makin banyak motor listrik dari beragam merek berseliweran di Indonesia. Menariknya selain sistem kepemilikan melalui jual beli, motor listrik juga bisa dipakai dalam skema penyewaan. Semisal pada Honda PCX Electric yang khusus ditawarkan sebagai kendaraan operasional perusahaan. Ada pula yang bisa disewa oleh pengguna individu seperti motor listrik Rakata S9 ini.

Sudah Dibuktikan Ojol, Motor Listrik Rakata S9 Bisa Disewa Ratusan Ribu Saja 01

Rakata S9 bisa disewa mingguan

Adalah PT Oyika Powered Solutions yang menjadi perusahaan penyewaan motor plus baterai pada Rakata S9. Oleh perusahaan yang berlokasi di Cisauk, Tangerang ini ditawarkan sistem sewa pada Rakata S9 dengan berbagai jangka waktu, mulai dari yang paling singkat, yaitu seminggu.

Edi Supriadi, Teknisi Oyika menjelaskan jika pihak penyewa tidak hanya perusahaan, boleh juga dari kalangan individu termasuk driver ojek online (ojol). "Kebanyakan pengemudi ojol yang main food (hanya mengantar makanan). Karena ongkosnya terjangkau, yakni Rp 265 ribu seminggu dan bebas tukar baterai. Pengguna juga tak perlu memikirkan isi bensin dan servis," katanya.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Harus Segera Beralih dari Motor Biasa ke Motor Listrik

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Cara Penyewaannya

Jika Anda tertarik untuk menyewa Rakata S9 sebagai kendaraan harian, maka bisa mengikuti langkah berikut. Mulai dari menghubungi nomor customer service di 021-53192333 untuk melakukan reservasinya.

Sudah Dibuktikan Ojol, Motor Listrik Rakata S9 Bisa Disewa Ratusan Ribu Saja 01

Desainnya unik

Kemudian menyiapkan fotokopi KTP dan KK. Lalu mengisi formulir penyewaan dan mengunduh aplikasi Oyika serta cantumkan data Anda di dalamnya. Terakhir, setor deposit Rp 300 ribu dan materai Rp 10 ribu sebagai persyaratan penyewaannya. Oiya, saat ini penyewaan Rakata S9 baru dapat dilakukan di kawasan Jabodetabek ya.

Penggunaan Baterai Tukar Pakai

Selain menyewakan motor, sejatinya Oyika merupakan perusahaan penyedia layanan SPBKLU (Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum). Seperti namanya, SPBKLU sendiri merupakan stasiun penukaran baterai motor listrik yang bersifat swappable seperti di Rakata S9 ini.

Sudah Dibuktikan Ojol, Motor Listrik Rakata S9 Bisa Disewa Ratusan Ribu Saja 02

SPBKLU Oyika

Langkah penukaran baterai di motor listrik, sama seperti mengisi bensin di skuter matik konvensional. Sehingga motor dapat terus melaju.

Untuk menukar baterainya, pengguna dapat memantau lokasi SPBKLU Oyika terdekat melalui aplikasi di smartphone. Kemudian cek ketersediaan baterai yang sudah penuh di sana.

Sesampainya di lokasi, pengguna dapat menukarkan baterai yang sudah terpakai dengan yang penuh di SPBKLU yang berbentuk seperti loker. Saat ini sudah tersedia SPBKLU Oyika sebanyak 32 titik dan hingga akhir 2021 akan ada tahap penambahan 25 titik di wilayah Jabodetabek.

Baca Juga: Telisik Spesifikasi Motor Listrik Gesits, Karya Anak Bangsa Yang Mulai Mendunia

Spesifikasi Rakata S9 Sedikit Berbeda Dari Bawaannya

Baterai Oyika yang tertanam pada Rakata S9 bertipe 60 volt 11 Ah. Penggunaannya paralel dua baterai sekaligus. Sehingga menghasilkan daya sebesar 60 volt 22 ah.

Sudah Dibuktikan Ojol, Motor Listrik Rakata S9 Bisa Disewa Ratusan Ribu Saja 03

Posisi baterai Oyika di Rakata S9

Sementara Rakata S9, dilengkapi dengan motor penggerak berkekuatan 800 watt. Dengan baterai Oyika tersebut, daya jelajahnya mencapai 60 km dengan kecepatan tertinggi 50 km/jam.

Speknya sedikit berbeda dari baterai bawaan Rakata S9. Karena dibekali battery pack Sealed Lead Acid (SLA) 60 V 20 Ah. Meski begitu, performa jarak tempuh dan kecepatannya tetap sama.

Harga Jual Rakata S9

Selain menyewa dari Oyika, konsumen yang tertarik pada motor mungil berdesain serba membulat ini juga dapat dimiliki sendiri. Karena Rakata S9 dijual dengan harga Rp 15,6 juta on the road Jadetabek.

Sudah Dibuktikan Ojol, Motor Listrik Rakata S9 Bisa Disewa Ratusan Ribu Saja 04

Spek baterai dari Oyika berbeda dibanding standanya

PT Artas Rakata Indonesia selaku distributor penjualannya juga menyediakan layanan free delivery untuk area Jabodetabek dan layanan purna jual on-call on-site. Serta adanya garansi satu tahun diberikan untuk baterai, dinamo, ECU, dan charger.

Mau coba sewa motor listrik?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });