window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Sudah Pakai LED tapi Masih Redup, Bisa Jadi Ini Sumber Masalah pada Skutik Modern Ini

Ary · 23 Feb, 2021 13:00

Lampu menjadi sektor penerangan utama pada sepeda motor termasuk skutik. Bahkan, sekarang ini sudah cukup banyak pabrikan mengaplikasi jenis LED sebagai modal usungan skutik modern. Sebut saja Honda Beat, Honda Scoopy atau Yamaha Gear 125. Namun, ada saja yang merasa pendarannya tidak maksimal.

Jangan terburu-buru menuduh lampu bawaan pabrikan tersebut jelek. Bisa jadi, ada beberapa masalah lain yang ikut memengaruhi berkurangnya kualitas pencahayaan dari bagian itu. 

Sudah Pakai LED tapi Masih Redup, Bisa Jadi Ini Sumber Masalah pada Skutik Modern Ini 01

Kebanyakan skutik entry level sudah menggunakan penerangan utama LED.

Mika dan Reflektor Lampu Menua

Pertama, coba lah untuk melihat kondisi fisik dari mika lampu. Pasalnya, bagian ini akan buram seiring pemakaian. Cepat atau lambatnya bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah tidak langsung mencuci motor pasca kehujanan. 

Adanya masa pakai juga berlaku pada reflektor lampu. Semakin tua usia motor, makin berkurang pula tugasnya memantulkan pijar dari lampu. Jika sudah begini, baiknya ganti dengan reflektor baru. Namun, penting sekali untuk Anda mendatangi bengkel spesialis lampu agar pengaplikasiannya dilakukan dengan baik dan benar. Salah-salah, rumah lampu bakal mengembun nantinya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Sudah Pakai LED tapi Masih Redup, Bisa Jadi Ini Sumber Masalah pada Skutik Modern Ini 01

Kualitas mika dan reflektor lampu akan menurun seiring pemakaian.

Saklar Lampu Kotor

Meredupnya lampu juga bisa datang jika saklar lampu kotor. Seperti halnya pada poin pertama, permasalahan pada bagian ini dapat terjadi karena usia. Saklar bisa kendur dan membuat keluaran sinar menjadi tidak stabil. 

Hal itu juga dapat terjadi karena minimnya perawatan. Debu dan karat pada saklar lampu juga dapat menjadi pemicu redupnya sinar lampu karena terhambatnya arus listrik. Namun, masalah pada saklar lampu ini tidak berpengaruh pada jenis motor keluaran terbaru. 

Seperti Honda Beat, Scoopy maupun Yamaha Gear 125, penerangannya sudah menerapkan teknologi Automatic Headlight On (AHO). Teknologi ini membuat lampu motor dapat menyala sepanjang waktu tanpa saklar untuk switch on/off.  

Soket Lampu Kendur

Komponen penting dari lampu juga terdapat pada soket. Pastikan bagian ini tidak kendur agar arus listrik tidak menyebar kemana-mana. Jika sudah begitu, maka wajar jika penerangannya menjadi tidak optimal. Pada dasarnya tetap harus diperhatikan perawatannya. Aktivitas ini bisa Anda lakukan sembari servis di bengkel resmi karena sudah menjadi bagian SOP pekerjaan mekanik.

Sudah Pakai LED tapi Masih Redup, Bisa Jadi Ini Sumber Masalah pada Skutik Modern Ini 02

Pemeriksaan sektor penerangan umum dilakukan bersamaan servis rutin di bengkel resmi.

Fitting Lampu Rusak

Kendurnya soket lampu juga dapat menyebabkan kerusakan pada fitting lampu. Biasanya ditandai dengan terbakarnya dudukan lampu di sekitar bagian tembaganya. Sedangkan bagian tembaga penting untuk menghantarkan listrik.

Dudukan lampu yang terbakar jelas akan mengganggu arus listrik pada lampu sehingga keluaran sinar lampu berkurang. Fitting lampu yang sudah rusak tidak dapat diperbaiki. Disini, Anda harus mengganti fitting lampu motor agar kembali menyala secara maksimal.

Soket Lampu Berkarat

Selain kendur, soket lampu berkarat juga dapat menjadi penyebab lampu motor redup. Soket terbuat dari plat. Nah, bahan logam ini dapat berkarat, apalagi jika sudah kemasukan air. Karat pada soket menghambat arus listrik ke lampu. Apabila sumber masalahnya di sini, segera ganti soket lampu motor Anda.

Sudah Pakai LED tapi Masih Redup, Bisa Jadi Ini Sumber Masalah pada Skutik Modern Ini 03

Redupnya penerangan utama bisa terjadi karena spul yang sudah lemah.

Spul Penerangan Lemah

Yamaha Gear 125 2021, Beat dan Scoopy sama-sama menggunakan sistem kelistrikan AC (alternating current). Di mana lampu utama akan menyala secara bersamaan saat mesin menyala. Tidak langsung dari aki karena sumber arusnya bergantung kepada spul.

Normalnya, ketahanan komponen ini berkisar antara 0,2-1,2 ohm pada kondisi mesin 40 derajat. Apabila angka sudah mendekati 2 ohm, bisa dipastikan spul penerangan skutik tersebut sudah lemah dan harus diganti baru. 

Kiprok Melemah

Selain spul, kelistrikan pada Beat 2021, Scoopy 2021 maupu Gear 125 2021 juga didukung oleh kiprok. Ketika mesin sudah hidup, maka pengisian listrik untuk menjalankan segala tugas kelistrikan dari aki diambil alih oleh kiprok. Apabila komponen ini melemah atau mengalami suatu rusak, maka arus pengisian listrik terganggu. Efek yang ditimbulkan pada lampu motor pasti bakal meredup pula.

Sudah Pakai LED tapi Masih Redup, Bisa Jadi Ini Sumber Masalah pada Skutik Modern Ini 04

Honda Beat, Scoopy dan Gear 125 menggunakan sistem kelistrikan AC. Tugas aki sebagai penyalur daya listrik digantikan oleh kiprok saat mesin menyala.

Kabel Lampu Meleleh

Berkurangnya kualitas penerangan utama pun bisa terjadi jika kabel lampu meleleh. Kondisi ini dapat terjadi kalau soket lampu kepalang panas akibat adanya loncatan elektron. Nah, peningakatan suhu itulah yang membuat kabel lampu di sekitaran soket meleleh. Alhasil, aliran arus listrik menjadi terhalang dan lampu jadi redup. 

Kesimpulan

Konsumen sejatinya dimudahkan dengan penyajian pada skutik modern sekarang ini. Pada sektor penerangan misalnya, tak perlu lagi mengontak tombol manual untuk menyalakan lampu. Sistem kelistrikan AC membuat penerangan menyala otomatis saat mesin dinyalakan. 

Sudah Pakai LED tapi Masih Redup, Bisa Jadi Ini Sumber Masalah pada Skutik Modern Ini 05

Sistem penerangan yang baik sangat penting untuk berkendara di malam hari.

Namun, perhatian terhadap setiap komponen di dalamnya tetap harus diperhatikan. Memang tidak ada patokan pasti ihwal masa pakai. Tapi, perawatannya bisa Anda lakukan seiring melakukan servis berkala di bengkel resmi. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui masalah tersebut lebih dini. Bisa dibayangkan kerepotan yang ditemui jika problem seputar penerangan ini terjadi saat Anda berkendara di malam hari. 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });