window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Suzuki Nex II Bisa Pasang Rem Parkir, Comot Part Punya Address!

Fariz · 31 Mei, 2023 14:00

Suzuki Nex II Bisa Pasang Rem Parkir, Comot Part Punya Address! 01

Parking brake lock Address di Nex II
  • Harus melepas handgrip dan bandul setang.
  • Satu paket handle rem Address dibanderol Rp 150 ribuan.

Parking brake lock jadi sebuah fitur yang cukup penting, karena berguna ketika parkir di kondisi jalan tidak rata atau saat sedang menunggu lampu lalu lintas menjadi hijau. Sayangnya fitur satu ini belum ada di Suzuki Nex II (Spesifikasi | Berita).

Tertarik pasang fitur ini? Bisa banget! Berikut tips memasang parking brake lock di Suzuki Nex II yang sudah dilakukan oleh Mamet Rahardi salah seorang pemilik matic Suzuki tersebut.

Untuk bisa memasang fitur ini, tentu saja perlu membeli seperangkat handle dan rumah handle yang ternyata milik Suzuki Address (Spesifikasi | Berita). Pembeliannya bisa melalui marketplace atau langsung di aplikasi My Suzuki dengan harga Rp 150 ribuan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Setelah part parking brake lock didapatkan, langkah selanjutnya dengan melepas 6 buah baut pengunci cover setang atau batok milik Suzuki Nex II menggunakan obeng plus atau obeng kembang.

Suzuki Nex II Bisa Pasang Rem Parkir, Comot Part Punya Address! 01

Handle Suzuki Nex II (bawah) dan milik Address (atas) dilengkapi parking brake lock

Baca juga: Cara Nyaman Motocamp Pakai Suzuki V-Strom 250SX, Mau Ikutan?

Setelah terbuka, kendurkan setelan rem belakang agar mudah melepas kabel rem yang mengait pada handle juga switch lampu rem, lanjut dengan membuka rumah handle menggunakan melepas 2 baut pengikat menggunakan kunci 8 mm.

“Rumah handle Nex II baut penguncinya 2 jadi bisa langsung dilepas, nah Addres cuma 1 jadi harus dimasukin dari ujung setang, jadi jangan lupa buka hand grip dan bandul kalau bisa pakai obeng getok,” tunjuk Mamet.

Suzuki Nex II Bisa Pasang Rem Parkir, Comot Part Punya Address! 02

Harus melepas handgrip dan bandul setang agar rumah handle Address bisa terpasang

Setelah rumah handle Suzuki Address masuk ke setang  Nex II jangan langsung dikencangkan, pastikan lubang spion dan lubang handle di batoknya pas jadi gak perlu coak, setelah itu baru kencangkan bautnya.

Suzuki Nex II Bisa Pasang Rem Parkir, Comot Part Punya Address! 03

Jika posisi sudah pas maka kencangkan rumah handle pakai kunci 8 mm

Jika sudah pas rakit kembali kabel rem serta switch lampu remnya dan jangan lupa setel kembali jarak main kabel rem belakang dengan memutar baut pada paha rem.

Baca juga: Lima Fakta Suzuki Hayate, Penerus Skywave yang Kurang Diterima Pasar

Suzuki Nex II Bisa Pasang Rem Parkir, Comot Part Punya Address! 04

Lubang spion harus sedikit dibesarkan

“Lubang spion di batok Suzuki Nex II harus dibesarin ke belakang sekitar 1 cm, ini karena ada beda antara dudukan spion Address dan Nex II. Caranya pakai solder lalu dihaluskan pakai ampelas 320 biar rapi,” tutupnya

Mudah kan?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });