window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Suzuki Skywave Bekas Lagi Naik Daun, Jadi Incaran Bapak-Bapak Muda

Adit · 8 Sep, 2021 09:30

Suzuki Skywave rupanya menjadi motor bekas yang tengah naik daun belakangan ini. Banyak yang mencarinya lantaran skutik ini menawarkan desain yang berbeda ketimbang motor matic yang sekarang beredar. 

Skywave merupakan produk unggulan Suzuki Indonesia yang diproduksi 2007 hingga 2011. Bagaimana tidak, dulu cuma Skywave yang menggunakan kapasitas mesin lebih besar. Sebab saat itu pemain matic baru diisi Honda Vario dan Yamaha Mio yang sama-sama pakai mesin 110 cc. 

Suzuki Skywave Bekas Lagi Naik Daun, Jadi Incaran Bapak-Bapak Muda 01

Suzuki Skywave, skutik impian banyak orang di masanya, lebih bertenaga dibanding Vario dan Mio.

Baca Juga: Sering Dilupakan, Ini Interval Ganti oli Gardan Motor Matik Yang Benar

Sekarang Suzuki Skywave banyak diburu lagi, terutama oleh bapak-bapak muda, lantaran keunikannya. Bentuknya serupa Yamaha Nouvo, memiliki tulang rangka yang menonjol pada deknya, sehingga ruang pijak kaki tidak rata. Lalu, keistimewaan apalagi yang dimiliki motor ini? 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

1. Dimensi Besar Suzuki Skywave

Tak sedikit yang menyukainya karena secara dimensi rupanya cukup besar, apalagi dibanding para rivalnya tadi. Bahkan sanggup disandingkan dengan skutik 150 cc kekinian. 

Suzuki Skywave Bekas Lagi Naik Daun, Jadi Incaran Bapak-Bapak Muda 01

Rupanya panjang dimensi Suzuki Skywave sama seperti all new Yamaha Nmax 2021.

Ya, secara dimensi rupanya Suzuki Skywave memiliki ukuran yang hampir mirip Yamaha Nmax. Memiliki panjang 1.935 mm, lebar 670 mm, dan tinggi keseluruhan 1.070 mm. Makanya meskipun motor bekas, siapa pun penggunanya tidak akan gengsi apabila sebelahan di lampu merah. 

2. Tampilan Tak Lekang Oleh Waktu

Setuju atau tidak, desain motor andalan Suzuki ini tak lekang oleh waktu. Bahkan masih sangat cocok dimiliki pada 2021. Sebab secara visual punya wujud yang menarik perhatian. 

Sebut saja lampu depan model terpisah meskipun belum LED, sayap samping model bertingkat, lampu belakang LED, serta punya guratan bodi samping yang serba meruncing membuat kesan futuristik Suzuki Skywave terpancar. 

Suzuki Skywave Bekas Lagi Naik Daun, Jadi Incaran Bapak-Bapak Muda 02

Tampilan Suzuki Skywave seperti tak lekang oleh waktu, cocok dimiliki tahun 2021 ini.

Beberapa paduan warnanya juga sengaja untuk memanjakan pembelinya. Mau yang sporty tinggal pilih kombinasi warna yang mentereng. Misalnya kepincut yang elegan ada satu warna yang paling banyak diburu, yakni Mocca atau Midnight Orange yang pakai velg emas.  

3. Ukuran Roda Unik

Itu karena Suzuki Skywave menggunakan velg berdiameter 16 inci. Berbeda motor matic kebanyakan yang pakai velg berdimater 12, 13 atau 14 inchi. Maka jangan heran secara tampilan juga lebih jangkung dan langsing, bukan gambot. 

Lingkar pelek yang lebih besar ini membuat nyaman kala harus melibas jalanan jelek. Tapi saat ini ban ukuran 16 inci terhitung langka, harus cari toko ban yang lengkap atau bisa beli online.

Suzuki Skywave Bekas Lagi Naik Daun, Jadi Incaran Bapak-Bapak Muda 03

Ukuran velg Suzuki Skywave 16 inci.

Baca Juga: Mau Beli Honda Vario 150? Anda Harus Ketahui Kerugiannya

Secara bawaan pabrik menggunakan ban 70/90 untuk depan dan 80/90 bagian belakang. Oh iya lebih lanjut soal kaki-kakinya pakai teleskopik pada sisi depan dan double shockbreaker pada belakangnya. Sedangkan pengereman kombinasi cakram dan tromol. 

4. Mesin 125 cc yang Bandel 

Selain karena populasinya tak sedikit, banyak pecintanya yang terpincut mesin Suzuki Skywave. Mengacu spesifikasi kapasitasnya 124 cc, bertenaga 9,7 ps pada 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm di putaran 6.000 rpm. 

Suzuki Skywave Bekas Lagi Naik Daun, Jadi Incaran Bapak-Bapak Muda 04

Suzuki Skywave diproduksi pada 2007 hingga 2011.

Sistem pengabutnya masih pakai karburator, sehingga lebih mudah dioprek sesuai kebutuhan. Bagi pecinta motor lawas, teknologi ini tentunya bisa menjadi obat rindu karena memiliki keasyikan tersendiri, dan bisa meracik performa motor sesuai keinginan. 

5. Fitur Melimpah 

Memang secara fitur Suzuki Skywave tak dilengkapi fitur yang modern. Spidometer saja masih pakai jarum analog, tapi menariknya sudah pakai 2 panel seperti mobil, sebagai penunjuk kecepatan dan sisa bensin. 

Suzuki Skywave Bekas Lagi Naik Daun, Jadi Incaran Bapak-Bapak Muda 05

Speedometer jadul khas Suzuki Skywave jadi daya tarik motor matic ini.

Selain itu dia juga punya secure key shutter dan seat opener, jadi buka joknya nggak perlu lagi cabut kunci. Ada juga side stand switch, sehingga bisa mematikan mesin saat standar samping turun.

Serta tak ketinggalan adalah kapasitas bagasi Suzuki Skywave 17,7 liter yang muat helm. Dulu rasa-rasanya belum ada skutik yang menawarkan kelapangan ruang penyimpanan selain motor besutan Suzuki ini, yang kini dibanderol mulai dari Rp 4 jutaan hingga 7 jutaan tergantung warna dan kondisinya.  

Ada yang tertarik?

Baca Juga: Suzuki GSX-S1000 2021 kian Bengis, Ada Peluang Masuk Indonesia?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });