window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tahun Depan Vespa Buatan Cikarang Bakal Mengaspal, Harga Jadi Lebih Murah?

Ilham · 9 Nov, 2021 18:23


Selama ini produk-produk Vespa yang dijual di Tanah Air melalui PT Piaggio Indonesia (PID) rata-rata merupakan hasil produksi dari pabrik mereka di Vietnam. Namun hal itu akan berubah tahun depan karena  akan meluncur Vespa yang diproduksi di Indonesia.

Yup, setelah vakum panjang, akhirnya skuter Vespa produksi Indonesia akan kembali hadir. Kabar gembira tersebut datang lewat seremonial ground breaking pabrik Piaggio di Indonesia hari ini (9/11/2021) di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat.

Tahun Depan Vespa Buatan Cikarang Bakal Mengaspal, Harga Jadi Lebih Murah? 01

Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang, turut hadir di seremonial ini

Dengan pembangunan tersebut, membuka babak baru dari Piaggio Indonesia yang sebelumnya hanya mengandalkan produk impor dari Vietnam dan Italia saja. Menariknya, kehadiran pabrik baru ini juga menandai 10 tahun kiprah PID. Di mana pabrikan motor asal Italia tersebut hadir pertama kali sejak 2011 silam.

Tahun Depan Vespa Buatan Cikarang Bakal Mengaspal, Harga Jadi Lebih Murah? 02

Pabrik Piaggio berlokasi di Cikarang, Jawa Barat

"Hari ini kami memulai babak baru di Indonesia, setelah menyelesaikan perjalanan 10 tahun yang luar biasa di negeri ini. Saya percaya proyek industrial ini akan memperkuat kontribusi di lanskap otomotif, serta membawa pengalaman dan keterikatan terhadap merek kami ke tingkat yang lebih tinggi," urai Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia dalam keterangan resminya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca Juga: Ini Bocoran Harga Vespa Sprint S 150 2022, Rilis Dalam Waktu Dekat?

Pabrik Ke-4 Piaggio Di Dunia

Sebagai catatan, calon pabrik baru Vespa ini merupakan fasilitas produksi ke-4 Piaggio Group di dunia. Diluar negara asalnya, Italia, sebelumnya Piaggio sudah lebih dulu memproduksi motor mereka di Vietnam dan India.

Sementara fasilitas baru ini, dibangun di atas lahan seluas 55.000 meter persegi. Dengan rencana produksi dimulai pada kuartal keempat, atau akhir tahun 2022 mendatang. Nantinya pabrik ini akan berkapasitas 10.000 unit motor pertahun untuk proyeksi pasar domestik.

Tahun Depan Vespa Buatan Cikarang Bakal Mengaspal, Harga Jadi Lebih Murah? 01

Komunitas Vespa Indonesia menjadi yang terbesar diluar Italia

Piaggio bukan tanpa alasan membangun pabrik di Indonesia. Apalagi sebelumnya, pihak Piaggio Indonesia sering menolak untuk menyebutkan akan kehadiran fasilitas tersebut.

Namun disebutkan oleh Marco, jika pecinta Vespa di Indonesia merupakan yang terbesar diluar negara asalnya, atau kedua terbesar setelah Italia. Hal ini yang jadi salah satu alasan Piaggio membangun pabrik di sini.

Baca Juga: Barunya Kemahalan, Segini Harga Vespa Sprint 150 Bekas Yang Disukai Anak Muda

Harga Vespa Made In Indonesia Bakal Lebih Murah?

Saat ini, produk-produk Piaggio yang digemari di Indonesia kebanyakan hadir dari keluarga Vespa. Mulai dari Vespa Sprint, Vespa Primavera, Vespa LX 125 dan Vespa S. Harga jualnya dimulai dari Rp 38,7 juta di model Vespa LX 125 sebagai varian paling terjangkau.

Tahun Depan Vespa Buatan Cikarang Bakal Mengaspal, Harga Jadi Lebih Murah? 02

Pabrik ini akan memproduksi 10.000 unit motor pertahun

Sehingga hadirnya pabrik di Indonesia bisa jadi angin segar akan penurunan harga jualnya. Ini berkaca dari hadirnya Honda PCX 150 dan Honda CBR150R yang sebelumnya diproduksi di Thailand dan beralih ke Indonesia diikuti dengan penurunan harga jualnya. Namun untuk Vespa, belum ada keterangan mengenai hal tersebut.

Baca Juga: Calon Buruan Kolektor, Vespa Rilis Sprint 150 Terbatas Cuma 1.010 Unit Untuk Pasar Indonesia

Piaggio Vespa Sempat Produksi Motor Di Indonesia Tahun 70-an

Sekilas menilik perjalanannya, di tahun 70-an lalu sebenarnya Vespa sudah sempat diproduksi Indonesia. Tepatnya melalui PT Dan Motor Indonesia yang merupakan joint venture dengan perusahaan asal Denmark sebagai bagian undang-undang Penanaman Modal Asing di Indonesia.

Tahun Depan Vespa Buatan Cikarang Bakal Mengaspal, Harga Jadi Lebih Murah? 03

Pabrik Vespa di Indonesia tahun 70-an

Saat itu, produksi dilakukan mulai tahun 1971 di pabrik yang berlokasi di Jakarta. Sejak tahun 1976, semua komponen kecuali mesin sudah diproduksi di dalam negeri. Sayangnya, karena krisis ekonomi yang melanda Indonesia, pada tanggal 31 Juli 1998, fasilitas produksi ditutup dan terjadi PHK besar-besaran.

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });