window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tak Hanya Motor Listrik, Kawasaki Juga Siapkan Dua Motor Ramah Lingkungan Lainnya

Harry · 7 Jun, 2021 14:30

Raksasa industri asal Jepang yang juga induk motor Kawasaki yakni Kawasaki Heavy Industries (KHI), membocorkan rencana mereka pada tahun 2030 mendatang. Nantinya mereka akan fokus memproduksi motor-motor ramah lingkungan.

Motor listrik? Ya tentu saja motor listrik masuk dalam rencana mereka, tapi tak hanya itu, ada motor dengan teknologi ramah lingkungan lainnya yang disiapkan, yakni motor hybrid dan motor berbahan bakar hidrogen.

Tak Hanya Motor Listrik, Kawasaki Juga Siapkan Dua Motor Ramah Lingkungan Lainnya 01

Kawasaki EV Endeavour dalam tahap uji coba.

Untuk informasi, motor listrik umumnya berbasis baterai sebagai sumber tenaga penggerak. Sedangkan hybrid, menggunakan dua sumber tenaga penggerak bersamaan. Lalu untuk hidrogen, hasil sisa pembakarannya berupa uap air.

Baca juga : Tiga Motor Baru Kawasaki Siap Meluncur, Satu Model jadi Lawan Berat Suzuki Hayabusa

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Dituliskan Corinspired, hal ini dilakukan untuk mengikuti perubahan lingkungan sosial dan juga menumbuhkan kepedulian terharap lingkungan. Langkah ini tak main-main, terlebih diungkapkan langsung oleh President dan CEO KHI sendiri, Yasuhiko Hashimoto.

Tak hanya sendiri, Kawasaki juga membuka peluang kerja sama dengan industri lainnya untuk pengembangan motor listrik. Termasuk penggunaan bahan bakar alternatif hingga menggunakan teknologi hybrid.

Tak Hanya Motor Listrik, Kawasaki Juga Siapkan Dua Motor Ramah Lingkungan Lainnya 01

Pengetesan motor listrik Kawasaki terus dilakukan.

Kawasaki juga akan membentuk anak usaha baru yang dinamai Kawasaki Motors, yang akan diresmikan Oktober mendatang. Perusahaan ini akan fokus pada penjualan sepeda motor di bawah KHI.

Baca juga : Andalkan Desain Gado-Gado dan Kaki-Kaki Moge, QJMotor R250 2021 Tantang Kawasaki Ninja 250 2021

Pengembangan Motor Listrik Kawasaki

Meski belum ada unit motor listriknya, namun pihak Kawasaki sedang mengambangkan motor listrik yang disebut Kawasaki EV Endeavour. Motor yang murni bertenaga listrik yang dipadu dengan transmisi empat percepatan.

Tak Hanya Motor Listrik, Kawasaki Juga Siapkan Dua Motor Ramah Lingkungan Lainnya 02

Motor listrik Kawasaki tetap memiliki gigi transmisi.

Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan torsi dan juga akselerasi  motor. Tujuannya agar Kawasaki EV Endeavour itu juga bisa memiliki performa yang setara dengan mesin berbahan bakar biasa.

Baca juga : Bergaya Ala Superbike, Ini Dia Finja 500 Tiruan Kawasaki Ninja ZX-10R Dari Tiongkok

Kawasaki EV Endeavour sendiri sudah beberapa kali menjalani uji coba. Motor ini memiliki baterai dan gearbox yang dipasang tepat di tengah motor, yang dibungkus bodi Kawasaki Ninja 250.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });