window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tawarkan Sensasi Moge, Seberapa Memuaskan Fitur Dari Honda CB150R Streetfire Terbaru?

Harry · 5 Mei, 2021 17:25

PT Astra Honda Motor (AHM) hari ini baru saja merilis generasi terbaru dari Honda CB150R Streetfire 2021. Honda menyebutkan jika motor naked sport 150 cc andalannya itu menawarkan sensasi moge (motor gede) yang lebih kuat.

Kesan tersebut digapai berkat perubahan pada desain bodi, terutama area depan. Lihat saja lekuk tangki bahan bakarnya, kemudian shroud tangki yang dibuat lebih massive.

Tawarkan Sensasi Moge, Seberapa Memuaskan Fitur Dari Honda CB150R Streetfire Terbaru? 01

Kesan big bike lebih kuat pada sosok Honda CB150R Streetfire terbaru.

Sakron Limpanachaipondgoon, Large Project Leader Honda CB150R Streetfire dari Honda R&D Southeast Asia Co.,Ltd memaparkan, ada tiga konsep perubahan pada tampilan dari sosok motor ini.

"Kokoh dan ringan, berotot dan massive serta spesifikasi dan fitur. Desainnya juga dibuat agresif dan kuat untuk memberikan kesan sport yang lebih," ujarnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : All New Honda CB150R Streetfire 2021 Resmi Dikenalkan, Harga Tembus Rp 30 Juta

Untuk varian Standard, Honda menawarkan dua pilihan warna yakni macho black dan stinger red black. Kemudian  untuk varian Special Edition hadir dengan tiga opsi warna yakni fury matte red, raptor matted black dan armored matte grey.

Tawarkan Sensasi Moge, Seberapa Memuaskan Fitur Dari Honda CB150R Streetfire Terbaru? 01

Peluncuran Honda CB150R Streetfire terbaru dilakukan secara virtual.

Berbicara mengenai fitur, ada sejumlah fitur baru yang diberikan pada sosok motor seharga Rp 29,7 juta sampai Rp 30,7 juta ini. Fitur-fitur barunya dihadirkan setelah melakukan sejumlah survei dan riset saat pengembangan model terbaru ini.

Apakah fitur-fitur barunya sudah memuaskan untuk penggemar motor sport 150 cc? Mari cari tahu jawabannya.

Suspensi Upside Down

Seperti pada artikel sebelumnya, Honda CB150R Streetfire terbaru ini akan menggunakan peredam depan tipe upside down. Tipe yang digunakan sama dengan milik Honda CBR150R 2021 yang meluncur awal tahun 2021 ini.

Baca juga : Harga Makin Mahal, Ini Daftar Perubahan All New Honda CB150R Streetfire 2021

Tawarkan Sensasi Moge, Seberapa Memuaskan Fitur Dari Honda CB150R Streetfire Terbaru? 02

Suspensi depan upside down SFF-BP dari Showa.

Diameternya 37 mm dengan jenis SFF-BP (Separated Function Fork-Big Piston) lansiran Showa. "Damping force yang baru akan membuat lebih lincah dan nyaman dikendarai," ungkap Sakron.

Hanya saja tak ada setelan ada pun pada suspensi ini seperti halnya Honda CBR150R 2021. Kesan mewah pada komponen satu ini semakin kuat berkat laburan tabung suspensi berwarna emas.

Panel Meter

Bentuk panel meter pada Honda CB150R Streetfire 2021 ini berubah total, menjadi tak simetris. Sudah pasti menerapkan teknologi digital dengan layar LCD non negatif display.

Baca juga : Adu Naked Bike 150 cc Termurah dan Termahal, Honda CB150R Streetfire Vs Suzuki GSX-S150

Tawarkan Sensasi Moge, Seberapa Memuaskan Fitur Dari Honda CB150R Streetfire Terbaru? 03

Panel meter digital desain baru dengan tambahan gear position.

Pada panel meter barunya kini ketambahan informasi gigi transmisi yang sedang digunakan. Untuk informasi lainnya relatif masih sama, berisi spidometer, odometer, tripmeter, takometer, jam digital, fuel meter dan posisi gigi.

Di bawah layar digitalnya terdapat beberapa indikator seperti lampu sein kiri dan kanan, high beam, FI indicator, indikator gigi netral dan temperatur mesin. Tak lupa dua tombol set dan select untuk mengatur informasi yang ditampilkan.

Setang Tappered Handle Bar

Kesan nyaman pada model lawas ditingkatkan untuk model terbaru Honda CB150R Streetfire ini, dengan mengaplikasikan setang baru. "Ini setang tappered yang lebih tinggi dan lebar, akan membuat pengendara merasa tangguh tapi juga lebih nyaman," ujar pria Thailand tersebut.

Tawarkan Sensasi Moge, Seberapa Memuaskan Fitur Dari Honda CB150R Streetfire Terbaru? 04

Setang tappered lebih lebar dan nyaman untuk pengendara.

Setang tappered itu sendiri memiliki diameter 28,6 mm yang memiliki lekuk lebih tinggi. Honda pun memberikan warna burnt titanium agar area dashboard terlihat  lebih menarik.

Desain Pelek

Pada model sebelumnya, desain pelek yang digunakan palang 10 miring.  Dan model baru ini menggunakan desain pelek palang 10 dengan desain baru yang mengingatkan pada desain pelek GP wheel pada motor kelas GP125.

Bedanya untuk Honda CB150R Streetfire varian Special Edition, pelek tadi dilabur warna burnt titanium. Sementara untuk varian Standard dilabur warna hitam biasa.

Baca juga : Bukan cuma Agresif, Ini Alasan Honda CB150R Streetfire tetap Diminati

Tawarkan Sensasi Moge, Seberapa Memuaskan Fitur Dari Honda CB150R Streetfire Terbaru? 05

Desain pelek baru lebih sporty.

Perkara pengereman masih tak berubah, mengandalkan rem cakram dikedua roda dengan desain cakram bergelombang nan sporty. Suspensi belakang sendiri masih mengandalkan monosok dengan link khas Honda yang disebut Pro-Link.

Lampu LED

Ini sebenarnya bukanlah fitur baru, karena sejak generasi kedua dikenalkan pertama kali tahun 2015 silam, sudah menggunakan teknologi LED untuk seluruh penerangannya.

Tawarkan Sensasi Moge, Seberapa Memuaskan Fitur Dari Honda CB150R Streetfire Terbaru? 06

Lampu-lampu seluruhnya sudah andalkan teknologi LED.

Selain mampu memberi pancaran cahaya lebih baik dan jelas, sinarnya juga terang dan mudah terlihat pengendara lain. Selain itu lampu LED juga lebih hemat konsumsi listrik.

Kesimpulan

Fitur baru pada Honda CB150R Streetfire sejatinya memang tak terlalu banyak, tak seperti bayangan banyak orang. Lantaran hanya suspensi depan, panel meter, setang tappered dan desain peleknya yang baru.

Tawarkan Sensasi Moge, Seberapa Memuaskan Fitur Dari Honda CB150R Streetfire Terbaru? 07

Honda CB150R Streetfire 2021 lebih agresif.

Harapan akan hadirnya fitur canggih macam Assist & Slipper Clutch, Smart Key System hingga rem ABS belum tersedia saat ini. Tapi rasanya wajar, karena kenaikan harganya pun tak terlalu jauh dari model sebelumnya.

Spesifikasi All New Honda CB150R Streetfire 2021
DIMENSI
Dimensi (P x L x T) 2.024 x 796 x 1.083 mm
Jarak sumbu Roda 1.298 mm
Jarak terendah ke tanah 164 mm
Ketinggian tempat duduk 795 mm
Berat kosong 134 kg & 135 kg (SE)
RANGKA
Rangka Diamond (Truss) Frame
Suspensi depan Upside down, SFF-BP
Suspensi belakang Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink)
Ukuran Ban depan 100/80 – 17 52P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang 130/70 – 17 62P (Tubeless)
Rem depan Cakram Hidrolik
Rem belakang Cakram Hidrolik
MESIN
Tipe mesin 4 Langkah, DOHC, 4 Katup
Tipe transmisi Manual, 6 Kecepatan
Pola pengoperan gigi 1-N-2-3-4-5-6
Sistem pendingin mesin Liquid Cooled with Auto fan
Diameter x langkah 57.3x 57.8 mm
Kapasitas Mesin 149.16 cc
Perbandingan kompresi 11.3 : 1
Daya maksimum 16,3 PS @9.000 rpm
Torsi maksimum 13.7 Nm @7.000 rpm
Kopling Multiple Wet Clutch Coil Spring
Sistem pelumasan Wet
Starter Pedal & Elektrik
KAPASITAS
Kapasitas tangki bahan bakar 12 liter
Sistem suplai bahan bakar Injeksi (PGM-FI)
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 1.1
KELISTRIKAN
Tipe Baterai MF Wet 12V 5Ah
Sistem pengapian Full transisterized
Tipe Busi NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });