window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tengok Deretan Keunggulan Yamaha X-Ride 125 2021, Kenapa Patut Dilirik?

Sancez · 19 Jul, 2021 08:30

Menyebut motor bergenre skuter matik dengan desain unik dan gaya crossover ala motor offroad, maka aneh rasanya jika tidak menyebut nama Yamaha X-Ride. Pasalnya, Yamaha X-Ride bisa disebut sebagai pionir skuter matic crossover, jauh sebelum hadir pesaing seperti Honda BeAT Street atau Suzuki Nex Crossover.

Tengok Deretan Keunggulan Yamaha X-Ride 125 2021, Kenapa Patut Dilirik? 01

Punya gaya crossover yang tangguh

Sekilas sejarahnya, Yamaha X-Ride hadir pada bulan Maret tahun 2013 silam. Saat itu, motor tersebut dirilis untuk memperluas segmentasi pasar skuter matik Yamaha ke segmen anak muda. Basis mesin dan sasisnya Yamaha Mio J, sedangkan bodinya telak-telak mengambil desain dari Yamaha TTX yang lebih dulu beredar di Thailand.

Baca juga : Ini Dia Yamaha Zuma 125 2022, Lebih Keren Dari Yamaha X-Ride 125 2021!

Kini Yamaha X-Ride yang dijual di Indonesia memasuki generasi ke-2 dengan perbedaan signifikan. Baik dari sektor tampilan eksterior, hingga ke jeroan mesin.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Di mana versi yang mulai dijual 2017 silam ini mengambil basis yang sama dengan Mio M3, yakni mesin Blue Core 125 cc. Lalu apa keunggulannya yang ditawarkan?

Tampilan Gagah

Jika Anda ingin sebuah motor dengan tampang out of the box, atau berbeda dari skuter matik lainnya, maka Yamaha X-Ride 125 bisa dilirik. Ini karena konsepnya yang mengarah ke segmen crossover skuter matik dengan tampilan offroad.

Tengok Deretan Keunggulan Yamaha X-Ride 125 2021, Kenapa Patut Dilirik? 01

Cocok untuk penggemar motor yang ingin tampil beda

Sama seperti pendahulunya Yamaha X-Ride 125 mengandalkan konsep adventure, namun di versi baru ini tak lagi bergaris tegas. Tetapi juga menghadirkan style jalan perkotaan. Salah satu penyebabnya karena bukan lagi mengacu pada Yamaha TTX yang memang tak lagi dijual di Thailand. Tapi benar-benar dikembangkan sebagai motor baru.

Sehingga dalam versi terbaru ini pun lebih kearah crossover supermoto ketimbang gaya offroad yang kental. Bisa dilihat dari desain sayap depan yang memiliki beberapa panel bodi, juga headlamp LED model tumpuk yang modern.

Baca juga : Yamaha X-Ride 125 Hadir dengan Warna Baru, Harganya Tak Sampai Rp 19 Jutaan

Beralih ke samping, ada panel bodi yang menegaskan kesan berotot pada bagian samping tangkinya. Sedangkan bagian samping hingga belakang, terdapat bodi yang juga terpisah. Jauh berbeda dari desain sebelumnya yang mengutamakan gaya ramping dengan sudut tajam dan aksen lubang udara.

Meski demikian, sederet ciri khas yang terdapat pada versi pertama Yamaha X-Ride lama juga dipertahankan. Seperti sein model anting di depan dan sport di belakang tetap ada. Begitu pula di tampilan setang telanjang yang berpadu spidometer full analog. Serta besi behel atau handle yang terpisah.

Mesin Irit

Tak bisa dipungkiri, ubahan lain yang signifikan pada Yamaha X-Ride 125 adalah sektor mesinnya. Mesin Blue Core 125 cc SOHC pendingin udara injeksi yang berbasis mesin Mio M3 jadi andalannya. Teknologinya yang dihadirkan seperti forged piston dan silinder DiAsil tetap dipertahankan.

Baca juga : Harga Nyaris Rp.18Juta, Suzuki Nex Crossover 2021 Siap Lawan Yamaha X-Ride 2021?

Tengok Deretan Keunggulan Yamaha X-Ride 125 2021, Kenapa Patut Dilirik? 02

Mesin 125 cc Blue Core

Mesin tersebut memiliki ukuran diameter piton 52,4 mm  dan langkah piston 57,9 mm atau bertipe over stroke. Sehingga secara karakter lebih mudah mengail torsi ketimbang tenaga di putaran mesin tinggi.

Disamping itu, kompresinya yang hanya 9,5:1 membuatnya masih aman mengonsumsi bensin dengan oktan 90 seperti Pertamina Pertalite, Shell Regular, BP 90 atau Vivo Revo 90.

Tenaganya pun kini menjadi 9,52 PS pada 8.000 rpm dengan torsi 9.6 Nm di 5.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang dengan transmisi otomatik CVT. Sedangkan konsumsi BBM mencapai 45,9 km tiap liter bensinnya.

Baca juga : Intip Skema Kredit Yamaha X-Ride 2021, Skutik Macho Anti Pasaran Lawannya Honda BeAT Street 2021

Bisa Diandalkan Di Berbagai Medan

Dikenal sebagai skuter matik crossover membuat Yamaha X-Ride 125 bisa diandalkan di medan berat. Tapi ada sejumlah syarat tentunya.
Kemampuannya melibas trek semi offroad sebenarnya ditunjang dari ground clearancenya yang cukup tinggi, yakni 135 mm dan tinggi tempat duduk yang masih terbilang normal layaknya skuter matik lain, yakni 760 mm.

Tengok Deretan Keunggulan Yamaha X-Ride 125 2021, Kenapa Patut Dilirik? 03

Sokbreker belakang model tabung

Selain itu, sokbreker belakangnya juga sudah ditunjang dengan model tabung, atau sub tank. Hal ini membuat performa berkendara Yamaha X-Ride 125 lebih nyaman di berbagai kondisi jalan.

Tapi seperti disebut sebelumnya, ada yang patut diganti untuk mengoptimalkan kemampuannya di medan yang cukup berat. Terutama dari pergantian ban dengan kembangan yang cocok untuk dual purpose.

Karena secara bawaan, Yamaha X-Ride 125 memakai tipe tubeless berukuran 80/80-14 di depan dan 100/70-14 yang lebih cocok untuk perjalanan dalam kota.

Kelincahan berkendara juga ditunjang dengan dimensi Yamaha X-Ride 125 yang kompak, yakni memiliki panjang x lebar x tinggi 1.860 x 740 x 1.070 mm. Pun demikian dengan ukuran wheelbasenya yaitu 1.260 mm yang menunjang kemudahan dalam selap-selip di kemacetan kota.

Baca juga : Dilepas Rp 55,46 Juta, Angsuran Yamaha MT-25 2021 Mulai Dari Rp 2 Jutaan Saja

Fitur Lengkap

Dari sisi fitur, Yamaha X-Ride 125 cukup lengkap untuk beradu di segmen skuter matik 110-125 cc Tanah Air. Hal ini hadir dengan sederet fitur standar bawaannya yang ditingkatkan dan belum ada pada model lawasnya.

Tengok Deretan Keunggulan Yamaha X-Ride 125 2021, Kenapa Patut Dilirik? 04

Punya lampu hazard sebagai standar

Paling terlihat pada penggunaan kombinasi lampu depan LED & Daytime Running Light dengan image Armored Case membuat tampilan lebih tangguh, stylish, terang dan awet. Kunci Yamaha X-Ride 125 juga ditambah dengan remote Answer Back System yang memudahkan dalam mencari motor saat parkir.

Lalu bagasi berukuran 10,1 liter yang terbilang luas. Memang volume tersebut tidak sanggup menampung helm di dalamnya. Tetapi lebih dari cukup untuk hanya menyimpang jas hujan dan perlengkapan, juga barang bawaan saat perjalanan.

Baca juga : Pilihan Skutik Rp 20 Juta Sampai Rp 25 Juta Untuk Wanita, Ada Honda Scoopy 2021 Sampai Yamaha Freego 2021

Jok Yamaha X-Ride 125 juga hadir dengan desain rata memudahkan mengatur posisi duduk saat berkendara. Kelengkapan lainnya adalah panel spidometer dengan Eco Indicator yang dapat membantu pengendara memantau cara berkendaranya agar tetap irit bahan bakar.

Tak ketinggalan adanya saklar lampu hazard. Fitur tersebut berfungsi untuk memberi tanda dalam situasi darurat sesuai UU no 22 tahun 2009 peraturan berlalulintas pasal 121 ayat 1.

Harga Terjangkau

Saat ini Yamaha X-Ride 125 dilepas dengan harga Rp 18,99 juta dengan status on the road Jakarta. Ada tiga warna yang bisa dipilih, yakni hitam, merah dan putih.

Baca juga : Ragam Pilihan Skutik 250 Untuk Pria Mapan, Tak Hanya Forza 250 2021 dan Yamaha Xmax 250 2021

Spesifikasi Yamaha X-Ride 2021
Dimensi
P x L xT 1860mm X740 mm X 1070mm
Sumbu Roda 1.260 mm
Tinggi Tempat Duduk 760 mm
Berat Isi 98 kg
Kapasitas Tangki 4,2 liter
Jarak Terendah 135 mm
Mesin
Tipe 4-stroke, SOHC, Blue Core
Jumlah Silinder 1
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Rasio Kompresi 9,5 : 1
Kapasitas Mesin 124,9 cc
Tenaga Maksimal 9,5 PS @ 8.000 rpm
Torsi Maksimal 9,6 Nm @ 5.500 rpm
Transmisi Otomatis CVT
Sasis
Tipe Rangka Underbonce
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 80/80-14
Ban Belakang 100/70-14
Tipe Ban Tubeless
Rem Depan Cakram

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });