window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tergiur Yamaha Vega ZR Bekas Yang Dijual Mulai Rp 3 Jutaan? Kenali Dulu Penyakitnya!

Ilham · 10 Des, 2021 09:30

Yamaha Vega ZR bekas, kini masih banyak yang mencari. Sebelum membahas harga mari disimak sejarahnya motor ini.

Motor bebek entry level Yamaha Vega ZR lahir sejak akhir 2008 untuk menggantikan varian Yamaha Vega R. Sederet ubahan dilakukan oleh Yamaha Indonesia untuk memberi nilai tambah pada jagoan di segmen motor murah tersebut.

Tergiur Yamaha Vega ZR Bekas Yang Dijual Mulai Rp 3 Jutaan? Kenali Dulu Penyakitnya! 01

Meski lawas, Yamaha Vega ZR punya tampang kekinian kok
  • Harga bekasnya Rp 3-5 jutaan saja.
  • Komstir rawan oblak.

Seperti volume mesin yang ditingkatkan dari 110 cc menjadi 115 cc. Serta desain bodi baru yang sudah dibekali 3D leg shield yang memiliki sepasang lampu sein mungil dan volume bagasi yang lebih luas dari Yamaha Vega R sebelumnya.

Menariknya, jika saat awal kemunculannya saja sudah dibanderol terjangkau, yakni Rp 11 jutaan, maka kondisi bekasnya kini makin murah. Dengan dana Rp 3-5 juta, Anda sudah dapat menebus motor tersebut saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Terjangkau? Memang, tapi jelas kondisinya tidak lagi sesegar dulu. Apalagi jika membeli motor yang usianya sudah di atas 10 tahun. Pasti butuh perbaikan tambahan. Lalu apa saja masalah yang kerap timbul di motor ini?

Baca Juga: Masih Eksis, Yamaha Vega Force 2021 Meluncur Dengan Harga Tak Sampai Rp 17 Juta!

Yamaha Vega ZR Bekas Komstir Mulai Oblak

Seiring usia pakai dan perawatan yang mungkin kurang apik dari pemilik sebelumnya, komponen komstir dari Yamaha Vega ZR terbilang rawan oblak. Peranti yang terdapat di bagian balik cover batok lampu tersebut berfungsi meringankan dan menstabilkan gerak setang motor. Sehingga saat rusak, bakal mengganggu handling motor.

Tergiur Yamaha Vega ZR Bekas Yang Dijual Mulai Rp 3 Jutaan? Kenali Dulu Penyakitnya! 01

Komstirnya mirip kepunyaan skuter matik Mio J

Ciri komstir yang rusak pada Yamaha Vega ZR adalah hadirnya bunyi pada setang. Hal tersebut jelas terdengar saat melalui jalanan jelek atau tidak rata di kecepatan sedang dan tinggi. Untuk perbaikannya bisa dengan mengencangkannya, tapi jika sudah parah maka perlu diganti. Jadi setelah membeli motor tersebut, jangan lupa cek bagian ini.

Baca Juga: Yamaha Vega Force Ada versinya barunya di Vietnam, Bensinnya Jadi Irit Banget!

Mesin Tak Bertenaga

Meskipun perawatannya terbilang mudah dan murah, tapi banyak juga pengguna awal Yamaha Vega ZR yang masih malas-malasan merawat motornya. Hal ini berefek pada performa mesin motor yang tak lagi optimal.

Mulai dari tenaga yang kurang responsif dan lemot saat menanjak. Bahkan tak jarang jika mesin Yamaha Vega ZR mengeluarkan asap putih dari knalpotnya alias ngebul.

Tergiur Yamaha Vega ZR Bekas Yang Dijual Mulai Rp 3 Jutaan? Kenali Dulu Penyakitnya! 02

Mesin Yamaha Vega ZR

Banyak faktor yang menyebabkan kondisi tersebut. Namun pengecekan bisa dimulai dari hal-hal sepele. Seperti mengganti oli dan filternya, lalu mengganti filter udara. Kemudian mengecek rantai dan girnya. Pastikan kekencangan rantai sesuai standar dan gir belum terlalu tajam. Jika perlu lakukan pergantian. Bisa jadi dengan penggantian parts tersebut tarikan motor bisa kembali optimal.

Namun jika ada gejala tarikan motor seperti tertahan atau justru mendadak menyentak saat berjalan pelan bisa jadi kampas koplingnya mulai aus. Solusinya bisa dengan mengecek dan menggantinya.

Sementara kerusakan dalam ruang bakar kerap menimbulkan adanya asap tipis berwarna putih. Komponen pada Yamaha Vega ZR yang perlu diganti adalah piston berikut ringnya. Jika didiamkan, kondisi ini bakal merambat ke bermacam komponen seperti oli yang cepat habis, bensin boros dan usia pakai busi singkat. Tentu disamping tarikan motor yang jauh berkurang.

Baca Juga: Modal Uang Rp 3-4 Jutaan Tapi Mau Motor Seken Irit? Tengok Saja Bebek 4-Tak

Starter Elektrik Tak Berfungsi

terkait masalah yang sering dihadapi oleh sepeda motor yang telah berusia di atas 10 tahun, terutama terkait dengan peranti starter elektriknya. 

Sepeda motor yang telah berusia di atas 10 tahun sering mengalami masalah dengan peranti starter elektriknya. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam menyalakan mesin motor.

Untuk mengatasi masalah ini, disarankan untuk memeriksa komponen-komponen pada jalur starter, seperti switch starter atau tombol starter.

Kadang-kadang, komponen ini menjadi kotor sehingga perlu dibersihkan untuk memastikan kinerjanya yang optimal.

Masalah juga bisa berasal dari bendik atau pemicu aliran ke dinamo starter. Tanda-tanda kerusakan mirip dengan masalah akinya yang "soak", yaitu tidak ada suara yang terdengar ketika tombol starter ditekan.

Kemungkinan lain adalah kerusakan pada komponen dinamo starter itu sendiri, yang seringkali disebabkan oleh korsleting. Jika diperlukan, komponen ini perlu diganti untuk memperbaiki masalah tersebut.

Karena cukup banyak komponen yang perlu diperiksa dan mungkin perlu diganti, disarankan untuk memilih sepeda motor yang benar-benar dalam kondisi sehat.

Lebih baik membeli motor dengan harga sedikit lebih tinggi namun dalam kondisi yang baik, daripada harus mengeluarkan biaya dan waktu tambahan untuk melakukan perbaikan.

Dengan demikian, kalimat tersebut memberikan pemahaman tentang masalah yang sering terjadi pada sepeda motor yang telah berusia, serta memberikan saran yang berguna dalam mengatasi masalah tersebut dan memilih motor yang tepat untuk dibeli.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });