window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ternyata Suzuki Sudah Punya Motor Listrik, Tapi Bukan Buat Pasar Global

Ilham · 2 Feb, 2023 09:00

Suzuki eReady

Suzuki eReady Run.
  • Motor listrik Suzuki khusus pasar Taiwan.
  • Punya ekosistem baterai dari Gogoro.

Era motor listrik mulai disiapkan oleh pabrikan asal Jepang saat ini. Honda, Yamaha hingga Kawasaki sudah menampilkan prototipe mereka. Suzuki pun telah mengumumkan bakal menghadirkan motor listrik mereka.

Suzuki sendiri sebenarnya sudah memiliki produk motor listrik sejak beberapa tahun terakhir. Julukannya Suzuki eReady yang terdiri dari tiga tipe, yaitu eReady Run mini, eReady Run dan eReady Fun.

Sayangnya motor listrik tersebut beredar khusus untuk pasar Taiwan saja. Sehingga nasibnya sama seperti Suzuki Saluto yang tidak dijual di pasar global. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Padahal, secara tampilan dan spek cukup mumpuni. Apalagi Suzuki eReady disokong dengan ekosistem baterai swappable dari Gogoro yang sudah mapan dan tersedia di seluruh kawasan Taiwan, bahkan ada di Indonesia.

Baca Juga: Bukan KW, Merek KTC Kytaco Kini Ganti Nama Jadi Kyta

Perbedaan di Detail 

Ditilik dari desain eksteriornya, seluruh varian Suzuki eReady punya tampilan yang mirip. Seperti headlamp bulat dengan aksen seperti mata. 

Ternyata Suzuki Sudah Punya Motor Listrik, Tapi Bukan Buat Pasar Global 01

Sedangkan bodi belakang terlihat sederhana dengan stoplamp pipih melebar. Semua lampunya pun sudah memakai teknologi LED. Pun demikian dengan spidometernya yang punya layar LCD digital.

Namun jika ditelisik lebih jauh, banyak perbedaan yang terlihat pada ketiga model tersebut. Paling kentara di sektor penggunaan pilhan rodanya.

Seperti model eReady Run mini dan eReady Fun yang punya ukuran roda 12 inci berbalut ban 100/90-12 di depan dan 110/70-12 di belakang. Ban tersebut dipilih dari tipe Maxxis MA-EV.

Ternyata Suzuki Sudah Punya Motor Listrik, Tapi Bukan Buat Pasar Global 02

Tetap punya bagasi

Sementara tipe eReady Run punya kombinasi roda 14 inci di depan dengan ban 100/80-14. Serta ban 110/70-13 inci di belakang. Bannya bermerek Maxxis dengan tipe M6237.

Baca Juga: Jadi Penunjang Kenyamanan, Perhatikan Juga Perawatan Jok Motor

Output Tenaga Berbeda

Bukan hanya ukuran roda, motor listrik penggeraknya pun berbeda. Baik tipe eReady Run mini dan eReady Fun punya motor listrik bertenaga 8 PS. Sementara eReady Run lebih bertenaga, yakni 10 PS.

Ternyata Suzuki Sudah Punya Motor Listrik, Tapi Bukan Buat Pasar Global 03

Baterai dari Gogoro

Motor listrik bertipe eReady EVO Series ini tertanam di tengah motor. Bukan di bagian tromol seperti motor listrik asal Cina. Sedangkan untuk menyalurkan daya ke roda belakang, diperlukan rantai dengan sistem transmisi otomatik.

Di Masa Depan Motor Listrik Suzuki Incar Pengguna Harian

Meski tidak masuk ke skema global, tapi rencana di kategori motor listrik ini, Suzuki menyiapkan produk mereka untuk pengguna harian. Seperti halnya keluarga Suzuki eReady. Hal ini juga disebutkan dalam laporan tersebut.

Ternyata Suzuki Sudah Punya Motor Listrik, Tapi Bukan Buat Pasar Global 04

Motor listrik Suzuki

"Untuk sepeda motor kecil dan menengah yang digunakan untuk transportasi sehari-hari seperti pergi bekerja, sekolah atau berbelanja, kami akan memperkenalkan EV baterai pada 2024."

Siapkan Motor Besar Dengan Bahan Bakar Karbon Netral

Bukan hanya itu, penggemar moge Suzuki tetap bisa berlega hati. Karena Suzuki juga mempersiapkan produk mereka di segmen tersebut dengan teknologi yang tak kalah ramah lingkungan.

"Untuk model sepeda motor besar dengan tujuan penghobi, kami sedang mempertimbangkan untuk mengadopsi bahan bakar berkarbon netral."

Hal ini mengingatkan pada pabrikan Kawasaki yang tengah mengembangkan motor bersistem hidrogen untuk segmen motor besar mereka.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });