Test Ride Honda BeAT 2022, Enteng dan Iritnya Juara!

Harry · 9 Sep, 2021 11:00

Setelah dirilis pada awal 2020 lalu, akhirnya Autofun.co.id bisa menjajal langsung model terbaru dari Honda BeAT. Skutik terlaris di Indonesia lantaran penggunanya yang sangat banyak.

Test Ride Honda BeAT 2022, Enteng dan Iritnya Juara! 01

Honda BeAT 2022 asyik untuk riding di perkotaan.

Menggunakan platform baru yang sama dengan Honda Genio, skutik ini berhasil diterima masyarakat dengan baik. Terbukti penjualannya relatif stabil dan banyak terlihat di jalan.

Buat kalian yang sedang menimbang-nimbang apakah Honda BeAT ini cocok untuk dibeli, langsung simak saja ulasan lengkap test ride kami ini.

Baca juga : Adu Fitur Honda BeAT 2022 dan Yamaha Gear 125 2022, Harga Beda Tipis Dapat Apa?

Harga Honda BeAT 2022
CBS Rp 16,665 juta
CBS-ISS Rp 17,365 juta
Deluxe Rp 17,465 juta
*on the road Jakarta

Dimensi Ringkas

Langsing dan kesannya imut-imut banget, Honda BeAT memang punya dimensi yang tak terlalu besar. Rasanya pas digunakan oleh siapa pun, tak heran kalau banyak yang memilihnya.

Panjangnya 1.877 mm, lebar 669 mm dan tinggi 1.074 mm. Sumbu rodanya 1.256 mm, jarak terendah cuma 147 mm dan tinggi jok hanya 740 mm. Semua didukung bobot yang hanya 89 kg (CBS) dan 90 kg (CBS-ISS).

Test Ride Honda BeAT 2022, Enteng dan Iritnya Juara! 01

Banyak yang menyukai karena ramping.

Untuk kalian yang berpostur lebih dari 170 cm, posisi duduknya cenderung seperti nongkrong. Posisi paha datar karena dek tebal, lantaran posisi aki yang berada di dalamnya.

Baca juga : Gampang Dioprek Bikin Honda BeAT Karburator Jadi Incaran, Segini Pasaran Bekasnya

Efeknya lutut jadi rawan tabrakan dengan ujung setang saat berbelok patah. Sementara itu posisi setang cenderung terasa rendah dan sempit, dijamin lincah untuk selap-selip dikemacetan.

Joknya sendiri terasa agak sempit dengan karakter busa yang sedikit kaku. Namun lumayan panjang jadi nyaman untuk digunakan berboncengan.

Handling Lincah dan Enteng

Tak terlepas dari penggunaan sasis eSAF (Enhanced Smart Architercture Frame). Model rangkanya bukan dari pipa bulat lagi, tapi terbuat dari pelat baja yang dicetak pakai mesin press, kemudian dilas laser.

Bobot rangkanya pun jadi lebih ringan dari sebelumnya, namun tetap rigid dan mampu meredam guncangan jalan. Alhasil motor akan menjadi lebih stabil.

Test Ride Honda BeAT 2022, Enteng dan Iritnya Juara! 02

Rangka eSAF penyebab skutik ini jadi sangat ringan.

Dengan berat 89-90 kg saja, mengendarai skutik satu ini memang menyenangkan. Rasanya enteng, untuk selap-selip sangat mudah. Tak heran kalau pengendara wanita sekalipun tak akan kesulitan.

Baca juga : Iritnya Tak Ada Lawan, Konsumsi Bahan Bakar Skutik Ini Bisa Bikin Malu Honda BeAT!

Redaman suspensinya terasa pas, empuk di depan dan belakang. Nyaman untuk digunakan harian. Namun saat dipakai berboncengan, suspensi belakang jadi terlalu empuk.

Tapi karena hal itu pula, saat dipakai melaju kecepatan tinggi terasa sedikit melayang. Jadi harus lebih hati-hati nih kalau melaju kencang!

Test Ride Honda BeAT 2022, Enteng dan Iritnya Juara! 03

Suspensi punya k arakter empuk.

Mesin Irit Banget!

Saat  peluncurannya awal tahun lalu, Makoto Dohi, BeAT Large Project Leader, Honda Motor Cp., Ltd mengatakan, mesin ini banyak yang berubah. Honda pun menyebutkan jika mesinnya ini benar-benar baru.

"Beda paling besar ada di air cleaner, muffler dan sistem injeksi bahan bakar," kata pria asal Jepang tersebut. Tapi saat melihat spesifikasi dan konstruksi mesinnya, memang berubah total.

Test Ride Honda BeAT 2022, Enteng dan Iritnya Juara! 04

Mesin eSP generasi baru berkarakter over stroke.

Mesinnya menjadi lebih over stroke, langkah piston sampai 63,1 mm dengan diameter piston 47 mm. Kapasitas mesin membesar jadi 109,5 cc. Spesifikasinya masih sama, 4-tak, SOHC 2 katup pendingin udara dan berteknologi eSP.

Baca juga : Honda Beat dkk Mogok di Jalan? Main Dealer Honda ini Punya Layanan Spesial Loh!

Keluaran tenaga maksimal dari mesin ini mencapai 9 PS pada 7.500 rpm, dengan torsi maksimal 9,3 Nm di 5.500 rpm. Jika dihitung power to weight ratio dari skutik ini, maka mencatatkan angka 0,1 untuk tipe CBS-ISS dan Deluxe serta 0,101 untuk tipe CBS.

Kinerja mesinnya untuk penggunaan harian cukup responsif pada tarikan awal, namun tak segalak generasi Honda BeAT sebelumnya. Kemudian pada putaran menengah sedikit tertahan sebelum kembali ringan saat melebihi 80 km/jam.

Test Ride Honda BeAT 2022, Enteng dan Iritnya Juara! 05

Mesinnya punya konsumsi bensin sangat irit.

Topspeed  yang dicapai pada spidometer mencapai 105 km/jam. Hanya saja pada alat Racebox yang berbasis satelit, kecepatan tertinggi diangka 95,6 km/jam.

Akselerasi Honda BeAT 2022
0-60 km/jam 7,75 detik
0-80 km/jam 15,85 detik
0-100 km/jam N/A
0-100 meter 8,83 detik
0-201 meter 13,94 detik
0-402 meter 22,64 detik
Top speed spidometer 105 km/jam
Top speed Racebox 95,6 km/jam
Konsumsi BBM 52,9 km/liter
*bobot rider 75 kg

Jika kalian suka motor yang responsif dan cepat berakselerasi, rasanya motor ini bukan untuk kalian. Namun jika lebih mengutamakan efisiensi dan suka berkendara santai, ini pilihan yang tepat.

Klaim pabrikan, konsumsi bahan bakarnya mencapai 60,6 km/liter dengan metode pengukuran ECE R40. Ini tak lepas dari penggunaan mesin generasi baru yang over stroke.

Baca juga : Mesin Honda BeAT 2022 Dianggap Lemot? Begini Catatan Akselerasinya

Namun hasil pengetesan Autofun.co.id dengan dikendarai rider berbobot 74 kg, dan postur 172 cm serta gaya berkendara agresif, konsumsi bahan bakar mencatatkan angka 52,9 km/liter. Irit bangetkan?

Test Ride Honda BeAT 2022, Enteng dan Iritnya Juara! 06

Lampu depan sudah LED.

Fitur Lengkap

Pada tipe CBS-ISS yang kami gunakan, telah dibekali lampu LED untuk penerangan utama. Kemudian ada kehadiran Power Outlet pada konsol depan sebelah kanan, serta konsol depan terbuka di sisi kiri. Bagasinya luas, berkapasitas 12 liter.

Panel meter menggunakan paduan digital dan analog, jadi yang paling canggih diantara skutik sekelas. Informasinya standar, spidometer, odometer, fuel meter, lampu jauh, check engine dan lampu sein.

Standar skutik Honda, sudah ada Parking Brake Lock, Side Stand Switch, ACG Starter dan Idling Stop System untuk tipe CBS-ISS dan Deluxe. Lengkap bukan?

Baca juga : Mesin Honda BeAT, Scoopy dan Genio Sama, Siapa Paling Irit?

Test Ride Honda BeAT 2022, Enteng dan Iritnya Juara! 07

Bagasinya terhitung besar.

Kesimpulan

Honda BeAT memang identik dengan skutik yang irit bahan bakar, hal itu semakin dipertajam oleh Honda pada generasi terbaru ini. Motor ini punya torsi kuat pada putaran rendah.

Baca juga : Klakson Honda BeAT gak Bunyi, Periksa Komponen Ini

Desain pun mempertahankan lekuk yang serba tajam, yang sudah jadi ciri khas sejak model sebelumnya. Ditambah harga yang masih bisa dijangkau banyak orang, tak heran jika skutik ini laris manis.

Spesifikasi Honda Beat 2022
Dimensi
P x L x T 1.877 x 669 x 1.074 mm
Sumbu Roda 1.256 mm
Tinggi Tempat Duduk 740 mm
Jarak Terendah 147 mm
Berat Isi 89 kg (CBS) 90 kg (CBS-ISS)
Kapasitas Tangki 4,2 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, eSP
Kapasitas 109,5 cc
Diameter x Langkah 47 x 63,1 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi PGM-FI
Transmisi Otomatic CVT, V-Matic
Tenaga Maksimal 9 PS @ 7.500 rpm
Torsi Maksimal 9,3 Nm @ 5.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Backbone, eSAF
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 80/90-14
Ban Belakang 90/90-14
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Sistem Rem Combi brake system

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

Komentar