window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tiga Fakta Yamaha Mio GT Bekas, Alternatif Matic Murah dan Irit

Harry · 2 Jun, 2023 17:00

Tiga Fakta Yamaha Mio GT Bekas, Alternatif Matic Murah dan Irit 01

Yamaha Mio GT, umurnya singkat.
  • Punya tampang lebih sporty.
  • Pakai basis Yamaha Mio J.
  • Harga bekas mulai Rp 5 jutaan.

Yamaha Mio GT merupakan salah satu motor matic entry level dari pabrikan garputala yang hadir sebagai versi lebih macho dari Yamaha Mio J yang beberapa waktu lalu sempat kami bahas.

Dengan embel-embel nama GT, motor ini bisa jadi opsi untuk pengendara pria yang menginginkan motor matic bekas dengan harga terjangkau namun tetap irit.

Tentunya ada perbedaan desain dibandingkan dengan Yamaha Mio J, meski perbedaan tersebut memang tak signifikan, tepatnya ada tambahan positioning lamp depan saja.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Motor yang rilis tahun 2013 itu disebut-sebut reikarnasi dari Yamaha Mio Sporty yang tampil lebih modern. GT sendiri bisa diartikan sebagai gentle dan tough.

Mio GT merupakan motor injeksi keenam Yamaha setelah Vixion, Mio J, Soul GT, Jupiter Z1 dan Xeon RC. 

Dan berikut tiga fakta Yamaha Mio GT yang bisa jadi referensi kalian sebelum berburu unit bekasnya.

Baca juga : Yamaha Mio J Bekas Patut Dilirik Buat Harian, Ini Lima Faktanya

1. Harga Yamaha Mio GT Bekas Sangat Terjangkau

beredar sejak tahun 2013 dengan umur produksi sampai 2014 saja, maka praktis unit yang beredar pun tak ada lagi yang keluaran tahun muda.

Tiga Fakta Yamaha Mio GT Bekas, Alternatif Matic Murah dan Irit 01

Ariel jadi bintang iklannya.

Rata-rata sudah berusia 9-10 tahun, dan tentu saja harganya sudah terdepresiasi banyak, sehingga menjadi sangat terjangkau saat ini.

Melihat situs jual beli online, rata-rata harga jualnya mulai dari Rp 5 jutaan, meski ada pula yang melepasnya Rp 7 jutaan dengan kondisi terawat.

2. Suku Cadang Mudah Didapat

Meski motornya sudah stop produksi cukup lama, namun untuk suku cadangnya masih mudah di dapat. Ya, ini jadi salah satu daya tarik Yamaha.

Selain part bodi yang banyak kesamaan dengan Yamaha Mio J, harganya pun relatif bersahabat.

Tiga Fakta Yamaha Mio GT Bekas, Alternatif Matic Murah dan Irit 02

CVT dikenal halus.

Kalian bisa mengetahui harga part original lewat aplikasi Yamaha Part Catalogue, atau beli lewat toko online.

Nah harga part bodi, part lain seperti kampas rem, jeroan CVT hingga part mesin pun banyak kesamaannya, termasuk dengan Yamaha Soul GT (Spesifikasi | Berita).

Maklum, dengan basis motor entry level yang dalam artian motor rakyat, tentu suku cadang dari yang original sampai kw pun tersedia.

3. Mesin Yamaha Mio GT Terbilang Irit

Soal jantung pacu, jelas tak ada bedanya dengan Yamaha Mio J, yang dikenal cukup responsif jika kondisi mesin sehat.

Tiga Fakta Yamaha Mio GT Bekas, Alternatif Matic Murah dan Irit 03

Desain keseluruhan serupa Yamaha Mio J.

Efisiensi pun begitu, diklaim lebih irit sampai 30% dari Yamaha Mio Sporty yang masih pakai karburator. Klaimnya sampai 47,1 km/liter tuh!

Nah, spesifikasi mesinnya yakni 113 cc, SOHC 2 katup dengan pendingin udara. Sistem bahan bakarnya pakai injeksi YMJET-FI.

Dalam kondisi standar, Yamaha Mio GT mampu menghasilkan tenaga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Baca juga : Intip Motor Listrik Yamaha Neo's, Sudah Cocok Gantiin Mio?

Asyiknya, kinerja mesin cenderung halus dan minim getaran. Ya meski untuk menghidupan mesin masih pakai dinamo starter ya.

Kesimpulan

Dengan harga yang sangat terjangkau, jelas Yamaha Mio GT bisa jadi alternatif motor matic pekerja yang siap disiksa dan dipakai harian.

Tenaga mesin yang cukupan serta minim getaran, membuatnya menyenangkan untuk dipakai. Terlebih konsumsi bensin irit dan harga bekas yang terjangkau.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });