window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tiga Hal Yang Harus Dihindari Pengguna Motor Matic Saat Hujan

Harry · 31 Des, 2021 13:30

Tiga Hal Yang Harus Dihindari Pengguna Motor Matic Saat Hujan 01

Jalanan basah jangan asal betot gas.
  • Hanya punya dua roda, lebih rentan tergelincir.
  • Posisi CVT rendah, rentan kemasukan air.

Musim hujan seperti saat ini, mengendarai sepeda motor menjadi salah satu aktivitas berbahaya. Kenapa? Karena hanya mengandalkan dua buah roda, depan dan belakang, sehingga stabilitasnya tak terlalu baik jika dibandingkan mobil.

Selain menjaga kondisi motor selalu prima dan siap pakai, melihat kondisi ban dan rem juga jadi syarat wajib kala berkendara dimusim hujan. Yang tak ketinggalan, adalah perlengkapan berkendara yang proper agar tetap nyaman selama perjalanan.

Baca juga : Waspada Beli Motor Bekas Eks Kecelakaan, Periksa 3 Bagian Ini

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Hal lain yang jadi kebiasaan berbahaya dan merepotkan berkendara saat hujan adalah gaya berkendara dan kebiasaan. Terlebih mengendarai motor matic yang hanya gas rem saja sudah bisa melaju.

Lantas hal apa yang harus diperhatikan pengguna motor matic saat musim hujan?

Sembarangan Terobos Banjir

Hujan lebat terkadang menimbulkan genangan dan banjir, sebagai pengguna motor matic baiknya analisa dulu jika ingin melewati genangan. Apakah ada motor matic lain yang melintas dengan aman, atau justru sebaliknya.

Tiga Hal Yang Harus Dihindari Pengguna Motor Matic Saat Hujan 01

CVT rentan kemasukan air saat banjir.

Disarankan tinggi genangan air yang akan dilintasi tak lebih dari setengah roda. Itu pun sebenarnya sudah terlalu dalam, karena letak komponen CVT yang rendah, dan bisa dengan mudah kemasukan air lewat celah atau selang pernafasan CVT.

Baca juga : Untung-Rugi Belanja Online Spare Part Motor, Awas Dapat Barang Aspal!

Jika CVT kemasukan air, maka belt akan selip dan motor berhenti di tengah banjir meski mesin masih hidup. Kemudian kemungkinan lainnya adalah mesin mogok karena busi basah dan ada kemungkinan air tersedot masuk ruang mesin yang bisa menyebabkan water hammer.

Berkendara Agresif

Tanpa harus memindahkan tuas gigi transmisi dan memaikan kopling, naik motor matic itu memang paling mudah. Mudahnya tinggal buka tutup gas dan rem saja, motor sudah bisa melaju dalam kondisi jalan naik atau turun dengan mudahnya.

Tiga Hal Yang Harus Dihindari Pengguna Motor Matic Saat Hujan 02

Hindari ngebut saat hujan dan selalu jaga jarak.

Tapi hal ini kadang menjadi hal yang berbahaya, kala berkendara agresif terlebih dalam kondisi jalanan basah. Tanpa adanya gigi transmisi, maka putaran mesin akan langsung meninggi, begitu pula dengan kecepatan. Hal ini bisa memungkinkan terjadi selip.

Kemudian melakukan rem mendadak juga tak disarankan, karena selain minimnya engine brake, juga roda lebih mudah terkunci. Walau motor kalian pakai rem ABS pun, justru tetap berbahaya karena motor akan gloyor alias tetap nyelonong.

Tiga Hal Yang Harus Dihindari Pengguna Motor Matic Saat Hujan 03

Kalkulasi ketinggian air sebelum menerobos banjir.

Jangan lupa juga untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan, dengan kondisi jalan yang basah, butuh jarak lebih jauh untuk melakukan pengereman. Mending berkendara santai deh kalau kondisi hujan.

Baca juga : Mengenal Cara Kerja dan Perawatan Traction Control Yamaha Nmax 155 2022, Ampuh Cegah Roda Kepleset

Melepas Cover Bodi

Tren modifikasi motor matic anak muda zaman sekarang itu beragam, termasuk melepas cover bodi atau memotong sepakbor.  Contohnya adalah modifikasi kuyang yang kerap diterapkan untuk Yamaha Nmax lawas.

Disebut kuyang, karena hanya menyisakan bodi depan dan belakang saja, persis hantu kuyang. Sementara area tengah motor tak tertutup cover bodi. Dengan komponen yang serba terbuka, air tentu bakal mudah menyelinap masuk, termasuk pada soket-soket kabel.

Tiga Hal Yang Harus Dihindari Pengguna Motor Matic Saat Hujan 04

Trondol untuk balap bukan masalah, tapi jangan untuk harian.

Posisi tangki yang terekspose juga bisa disusupi air, dan paling parah fuel pump bisa rusak, karena terkena dipratan kotoran dari roda. Hal merepotkan lainnya, sewaktu mencuci motor juga jadi lebih rumit karena banyak sela-sela kecil yang terbuka.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });