window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

TVS Rockz, Motor Bebek Unik yang Punya Speaker, Honda Supra X 125 Kalah Telak

Adit · 4 Nov, 2021 12:00

Bicara motor bebek unik dan nyeleneh, jangan lupakan TVS Rockz. Ya roda dua tersebut masuk ke dalam kategori moped alias motor bebek yang memiliki inovasi yang tergolong baru dan tak dimiliki para rivalnya. 

Motor ini meluncur di Indonesia pada 2009 lalu. Dulu merupakan moped alternatif selain Honda Supra X 125 maupun Yamaha Jupiter Z1. Mengacu situs resmi, rupanya pabrikan masih menampilkannya di katalog penjualan bersama motor bebek lainnya. 

TVS Rockz, Motor Bebek Unik yang Punya Speaker, Honda Supra X 125 Kalah Telak 01

TVS Rockz, motor bebek dengan fitur seabrek.

Baca Juga: Daftar 7 Motor Honda yang Disuntik Mati Sejak 2016, Ada Vario dan Supra X Loh!

Harga TVS Rockz Rp 15,6 juta on the road (OTR) Jakarta, termasuk yang murah di kalangan motor bebek baru. Lalu, di mana letak keunikan dari motor yang sudah berumur 12 tahun ini? Mari kita bahas satu per satu. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Fitur Speaker dan Pemutar Musik

Yang paling unik adalah adanya fitur pemutar musik dengan format MP3 (WAV, AAC, Wma, dan Mkv) dan dilengkapi speaker. Jadi seperti head unit di mobil, bermodalkan flash disk berisikan lagu, kemudian colok di port USB yang tersedia, maka musik bisa langsung didengarkan. 

Menariknya ada juga slot AUX pada TVS Rockz, jadi bisa hubungkan ponsel pintar ke motor melalui kabel AUX untuk menggunakan speakernya. Selain itu juga bisa dicolok headset untuk dapat mendengarkan siaran radio melalui gelombang FM di motor, canggih ya!

TVS Rockz, Motor Bebek Unik yang Punya Speaker, Honda Supra X 125 Kalah Telak 01

TVS Rockz punya fitur pemutar musik.

Pemilik motor juga tak perlu repot memilah lagu, mengatur volume, atau menghidup atau matikan sistem speaker. Sebab pabrikan telah menyediakan tombol pengaturan pada dashboard motor. Keseluruhan fitur pemutar musik ini disebut TVS sebagai Integrated Music System (IMS). 

TVS Rockz Dilengkapi Fitur yang Tak Dimiliki Moped Jepang

Fiturnya tak cuma itu. Bila sedikit ke belakang ke area penyimpanan. Kapasitas bagasi TVS Rockz 7 liter. Memang kecil tak muat helm, namun dapat digunakan untuk menyimpan barang lain termasuk jas hujan atau sarung tangan. Tapi bukan itu poinnya. 

TVS Rockz, Motor Bebek Unik yang Punya Speaker, Honda Supra X 125 Kalah Telak 02

TVS Rockz juga punya fitur power outlet.

Yang menarik adalah, adanya lampu LED sebagai penerangan di malam hari pada bagasinya. Sentuhan kecil yang memiliki fungsionalitas tinggi. Motor bebek lain keluaran pabrikan Jepang tak ada yang menggunakan fitur ini. Jadi meskipun murah, fiturnya tak murahan. 

Masuk ke fitur pengaman, lagi-lagi TVS membenamkan fitur baru yang tak dimiliki motor bebek lain, yakni engine swicth killer. Namun posisinya bukan di cluster handle bar kanan, melainkan diposisikan tersembunyi di balik joknya. Ini membuat TVS Rockz semakin aman. Umpama kuncinya sudah dibobol, dijamin maling akan susah menyalakan mesinnya. 

Kemudian ada lagi main stand locker, fungsinya menguncai standar tengah motor. Kemudian tekan tombol kunci bagasi, yang kemudian membuat pengait mengunci standar tengah. Ini membuat maling akan susah merilisnya. Kalau pun niat banget, satu-satunya cara seret motor sambil standar tengahnya mencengkeram tanah. 

TVS Rockz, Motor Bebek Unik yang Punya Speaker, Honda Supra X 125 Kalah Telak 03

TVS Rockz meluncur di Indonesia pada 2009 lalu.

Baca Juga: Mengenal TVS Tormax, Motor Bebek Sport yang Harusnya Bisa Ngalahin Jupiter MX 135

Belum selesai di situ nih, TVS Rockz juga memiliki fitur power outlet, kemudian lampu LED untuk rem dan sein, tak kalah menarik adalah fitur I-Ride, yang bisa difungsikan mengganti kopling dari manual ke semi otomatis, atau lebih dikenal dengan sebutan kopling banci.

Sederhananya motor ini dapat dioperasionalkan layaknya motor bebek kopling manual seperti Yamaha Jupiter MX, tapi bisa juga dikendarai tanpa menarik tuas kopling seperti Honda Supra X 125. Tinggal sesuaikan gaya berkendara jadinya dan diklaim ramah untuk segala pengendara di Indonesia. 

TVS Rockz juga disematkan fitur I-Econo. Fungsinya agar konsumsi BBM motor ini irit, seirit-iritnya. Sebab sistem akan mengkondisikan motor nyaman dikendarai dalam 'mode santai'. Bisa irit karena putaran mesin di batasi sekitar 3.000 hingga 4.500 rpm dan kecepatan puncak cuma sampai 55 km/jam. 

TVS Rockz, Motor Bebek Unik yang Punya Speaker, Honda Supra X 125 Kalah Telak 04

Suspensi belakang TVS Rockz bisa diatur tingkat kelembutannya.

Oh iya ada juga Oil Assisted Rear Shockbreaker yang bisa diatur tingkat kelembutan gerak bebas peredam kejutnya, mau yang super soft, normal, atau keras sehingga cocok untuk bawa barang banyak atau penumpang yang bobotnya berat. Sementara pengeremannya cakram depan, dan belakangnya cakram atau tromol tergantung varian.

Spesifikasi Mesin TVS Rockz

Lanjut ke jantung mekanis dari motor bebek super duper kaya akan fitur ini. TVS Rockz menggendong mesin 124,5 cc, 4-tak, SOHC, dan silinder tunggal. Di atas kertas menjanjikan tenaga 9,9 PS pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,8 Nm di putaran 5.500 rpm. 

Baca Juga: TVS Neo XR, Motor Bebek Murah Yang Harganya Cuma Rp 13 Jutaan!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });