window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Uji Langsung Rekomendasi Oli Mesin dan Ban Yamaha NMax, Layak jadi Pilihan?

Ary · 14 Okt, 2022 16:30

Oli dan Ban Yamaha NMax

Rekomendasi oli mesin dan ban untuk Yamaha NMax.
  • Industri pendukung otomotif hadir untuk memenuhi kebutuhan pemilik motor di Indonesia.
  • Pertamina Enduro Matic-V jadi opsi pelumas untuk matic 150 cc ke atas seperti Yamaha NMax.
  • Michelin City Extra punya pattern selayaknya ban khusus hujan.

Selaras dengan mengalirnya produksi sepeda motor ke tangan konsumen, industri pendukung otomotif seperti pelumas atau ban turut serta hadir memberikan pilihan kepada para pemiliknya. Penawaran tersebut pun nyatanya ditawarkan PT Pertamina Lubricants (PTPL) dan Michelin melalui produk-produk unggulannya.

Salah satu contohnya terlihat dari oli mesin dan ban yang direkomendasikan untuk Yamaha NMax. Bertepatan dengan gelaran Media Ride beberapa waktu lalu pula, tim Autofun Indonesia berkesempatan menguji langsung kedua produk unggulan mereka tersebut.

Mengambil tempat di bilangan Bogor, Jawa Barat (12/10/2022) sebagai starting point, kami bersama rekan media otomotif lain mengawali giat kali ini dengan penggantian oli mesin. Lantaran kami menggunakan Yamaha NMax, pilihan oli mesin tertuju kepada Pertamina Enduro Matic-V.

Oli Pertamina Enduro Matic-V

Pertamina Enduro Matic-V.

Baca juga: Sepanjang 2022 Sudah 3,6 Juta Unit Motor Baru Mengaspal di Indonesia, Penjualan September Tembus Segini

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Secara spesifikasi, pelumas ini cocok untuk mesin Yamaha NMax yang membutuhkan viskositas SAE 10W-40. Selain itu, Oli Pertamina dengan base oil full synthetic kemasan 1 liter ini pun sudah memenuhi standardisasi tertinggi yaitu API SN.

Sementara untuk ban, Michelin City Extra diaplikasikan sebagai 'sepatu' guna melahap rute kami ke menuju Pantai Ujung Genteng di wilayah Sukabumi. Michelin City Extra peruntukkan Yamaha NMax ukuran 120/70-13 dan 140/70-13 (depan-belakang) pun terpilih untuk melahap rute dengan jarak tempuh sekitar 170 km tersebut.

Memang tak kepalang panjang. Namun, pengujian Pertamina Enduro Matic-V dan Michelin Extra menjadi menarik karena rute via Cikidang dan kawasan Geopark Ciletuh jadi menu kami menuju lokasi finish. Bukan tanpa alasan, rute ini jelas ditujukan untuk mengeksplorasi kedua produk tadi.

Usai melalui kota Bogor, kami bersama rombongan melintasi Jalan Raya Bogor - Sukabumi, tujuan diarahkan ke Jalan Raya Cikidang. Yap, trek variatif seperti tanjakan, turunan hingga tikungan-tikungan tajam nan ekstrem jadi menu utama kami setidaknya hingga kawasan Pamuruyan dan Puncak Gebang di Geopark Ciletuh.

Impresi Terhadap Pertamina Enduro Matic-V

Secara jarak memang tidak kepalang panjang. Namun, rute tersebut jelas menjadi wahan yang tepat buat menguji Pertamina Enduro Matic-V di Yamaha NMax. Dimulai dari menyalakan si motor pasca ganti oli, suara mesin terdengar halus.

Uji Pertamina Enduro Matic-V

Rombongan media saat melewati kawasan Ciletuh.

Baca juga: Siap Buat Sunmori, Honda CBR250RR 2023 Tampil Menarik Dengan Modifikasi Minimalis!

Manakala melahap trek ekstrem di atas, performa mesin mendapatkan dukungan penuh dari pelumas full sintetik tersebut. Sementara yang tak kalah penting, suhu mesin saat kami berhenti untuk beristirahat jauh dari kata panas berlebih.

Desain ala Ban Khusus Hujan

Touring singkat kali ini pun kian menyenangkan berkat dukungan ban Michelin Extra. Jujur, impresi terhadapnya  benar-benar di luar ekspektasi kami. Dari desain, karet bundar ini punya tampilan ala ban khusus hujan dengan groove atau alur lumayan besar menghias hingga ke sisi samping ban.

Logikanya, tapak ban yang minim alur bakal punya grip lebih maksimal ketimbang desain Michelin City Extra. Akan tetapi, saat melewati trek variatif tadi, performanya sama sekali tidak mengecewakan. Daya cengkeram ban sangat baik, ditambah cuaca panas yang semestinya meningkatkan grip si ban.

Beberapa kali kami coba melewati tikungan dengan kecepatan antara 40 - 50 km/jam. Hasilnya, tak ada gejala slide dari Michelin Extra ini. Terlebih pada saat kondisi aspal basah. Sedikit informasi, kami harus berkendara di bawah guyuran hujan guna mencapai target waktu finish. Tapi alur yang menghiasi dari bagian tengah hingga sisi ban, jelas membuat pembuangan air semakin maksimal.

Michelin City Extra Yamaha NMax

Yamaha NMax menggunakan ban Michelin City Extra.

Baca juga: Dibanderol Rp 380 Juta, Begini Plus-Minus Motor Listrik BMW CE 04 2023

Kesimpulan

Setelah kurang lebih 9 jam perjalanan (termasuk dua kali istirahat), kami pun tiba di bilangan Pantai Ujung Genteng. Selama itu pula kami menyempatkan diri untuk melipir ke beberapa tempat seperti Air Terjun Sodong dan Penangkaran Penyu, diikuti pelepasan tukik.

Curug Sodong Pertamina

Rombongan media singgah di Curug Sodong.

Baca juga: Pabrik Selesai, Motor Listrik ALVA One Bisa Diproduksi 100.000 Unit Per Tahun!

Kesimpulan kami, touring sekaligus menguji Pertamina Enduro Matic,V dan Michelin Extra ini sangat menyenangkan. Di samping menikmati rute yang menantang adrenalin, perjalanan kami pun aman tanpa insiden. Sementara perihal produk, menurut kami keduanya layak dijadikan pilihan sebagai contoh untuk pengguna Yamaha NMax.

Selain performa, baik Pertamina Enduro Matic-V dijual Rp 54 ribu. Sementara Michelin Extra dijual sekitar Rp 1 jutaan untuk sepaket. Cukup terjangkau bukan? Yang patut dijadikan catatan, jika ingin performa mesin tetap terjaga, ganti oli mesin secara berkala. Sedangkan untuk ban termasuk Michelin Extra, sesuaikan tekanannya sesuai rekomendasi pabrikan.

"Kami sangat senang dapat bersinergi dan bersilaturahmi dengan rekan-rekan media sambil turing menikmati dan mengeksplorasi keindahan alam Jawa Barat khususnya wilayah sisi Selatan di Sukabumi. Kegiatan positif seperti ini juga merupakan wujud apresiasi kami terhadap rekan media yang sudah mendukung perjalanan PTPL selama ini," ungkap Catur Dermawan, Direktur Finance & Business Support PTPL.

Ia menambahkan, kawasan Geopark Ciletuh merupakan salah satu tujuan wisata favorit bagi para bikers yang ingin touring jarak dekat. Di sisi lain, perjalanan bersama ini pun cukup ideal untuk menguji langsung baik oli mesin Pertamina Enduro Matic-V dan Michelin Extra untuk Yamaha NMax. Layak jadi pilihan?

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });