window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Unboxing Ducati V4R Balap WSBK Berujung Panjang, Pegawai Sirkuit Mandalika Dipecat

Ilham · 11 Nov, 2021 08:30

Indonesia tengah menjadi sorotan dunia dengan hadirnya seri pamungkas ajang balap World Superbike (WSBK) 2021 di akhir pekan ketiga bulan November ini. Namun bukan hal positif yang datang kali ini. Namun justru sedikit 'noda' yang muncul yang berujung pemecatan pegawai Mandalika Grand Prix Association (MGPA), pengelola Sirkuit Mandalika, Lombok.

Unboxing Ducati V4R Balap WSBK Berujung Panjang, Pegawai Sirkuit Mandalika Dipecat 01

Pihak Bea Cukai Mataram mengecek motor WSBK.

Hal ini karena pada hari Rabu (10/11/2021) siang, tersebar bocoran video dan gambar yang viral di kalangan penggemar otomotif Indonesia dan langsung ramai di dunia maya.

Baca Juga: Jelang Balap Perdana Sirkuit Mandalika Terus Bersolek, Ini Dia Beberapa Keistimewaanya

Unboxing Motor Balap Ducati WSBK

Dalam video tersebut menampilkan seorang karyawan trek balap dari penyelenggara lokal MGPA membuka kotak kargo Ducati. Bahkan pegawai tersebut tampak mengutak-atik sepeda motor Ducati Panigale pembalap pabrikan Ducati, Ruben Michael Rinaldi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Padahal peti barang hanya boleh dibuka oleh bea cukai dan tim untuk mencegah spionase dan modifikasi secara ilegal. Direktur Eksekutif SBK, Gregorio Lavilla langsung bereaksi atas kejadian tersebut.

Unboxing Ducati V4R Balap WSBK Berujung Panjang, Pegawai Sirkuit Mandalika Dipecat 01

Motor balap WSBK punya banyak peranti

"Kami sangat menyesal, kejadian ini di luar kendali kami. Karyawan itu sudah dipecat," ungkapnya dilansir dari Speedweek.

Kejadian Viral Bikin Ducati Marah

Dibuka tanpa izin oleh bukan pihak berwenang, ditambah motor yang turut disentuh membuat pihak Ducati marah. Apalagi motor tersebut bukan model standar yang dijual umum. Melainkan tunggangan balap yang terbilang sensitif akan sebuah ubahan.

Direktur Sport Ducati, Paolo Ciabatti bereaksi dengan tidak mengerti dan marah atas kejadian yang tak umum ini. Bahkan pihaknya seolah tidak percaya jika kejadian itu hanya berlangsung pada motor Rinaldi saja.

"Kami tidak tahu apakah mantan pegawai MGPA itu membuka kotak lagi. Kejadian ini tidak dapat dikesampingkan dan sedang diselidiki," katanya.

Baca Juga: Sebanyak 40 Unit Honda ADV 150 2022, Resmi Jadi Motor Operasional Sirkuit Mandalika

Motor Dan Perlengkapan Balap Sampai Lebih Dulu

Dari kejadian ini, bisa dilihat jika material tim seperti motor balap dan perlengkapannya sudah tiba sejak pekan ini. Sementara ajang balapnya sendiri akan dijadwalkan pada 19-21 November mendatang. Balapan tersebut merupakan ajang perdana kejuaraan dunia yang bakal berlangsung di Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Unboxing Ducati V4R Balap WSBK Berujung Panjang, Pegawai Sirkuit Mandalika Dipecat 02

Pegawai sudah diberhentikan.

Meski begitu, sebagian besar anggota tim superbike tidak akan tiba di Indonesia sampai hari Minggu dan Senin nanti karena mereka kemudian harus dikarantina selama dua hari. Sementara beberapa karyawan Dorna sudah berada di lokasi.

Balapan nanti juga jadi seri pamungkas WSBK 2021 yang bakal jadi penentu gelar juara antara Toprak Razgatlioglu (Yamaha) dan Jonathan Rea ( Kawasaki).

Ini karena sebelum pemutaran perdana WSBK (19-21 November) akan hadir kejuaraan balap regional, Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 akhir pekan depan (12-14 November) yang juga akan diselenggarakan oleh badan olahraga asal Spanyol tersebut.

Kehilangan Barang Di Balap Dunia

Kejadian video unboxing yang viral turut membuat kesal penggemar otomotif dunia. Hal ini karena dilakukan oleh pegawai yang tidak seharusnya memiliki hak untuk melakukannya. Salah satu hal yang dikhawatirkan adalah kehilangan peralatan.

Kondisi tersebut sudah beberapa kali terjadi di dunia balap. Diantaranya kehilangan wearpack (baju balap) dan helm yang dialami tim-tim balap Asia Road Racing Championship pasca menjalani seri Indonesia di Sentul. Bahkan ajang MotoGP pun tak lepas dari kehilangan barang selepas seri Sepang di Malaysia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });