Ungkap Keunggulan Honda Spacy, Motor Matic Murah yang Fiturnya Sekelas Vario 125

Adit · 22 Des, 2021 10:30

Ungkap Keunggulan Honda Spacy, Motor Matic Murah yang Fiturnya Sekelas Vario 125 01

Honda Spacy motor matic murah ketimbang Honda BeAT.
  • Honda Spacy motor matic murah berfitur serupa Honda Vario 125.
  • Mesinnya irit BBM dan punya tangki bensin besar.
  • Disuntik mati pada 2018.

Astra Honda Motor (AHM) dulu pernah menjual motor matic murah yakni Honda Spacy. Modelnya dihadirkan sebagai model alternatif selain Honda BeAT dan sama-sama bermain di kelas matic entry level 110 cc. Bagi yang belum tahu, Spacy adalah perwujudan dari Honda Dio, skutik yang dijual Honda secara global.

Baca Juga: Biar Bekas, 3 Hal Ini Bikin Honda Spacy Lebih Layak Dipinang Daripada Honda BeAT

Motor ini pertama kali hadir di Indonesia pada 2011 lalu. Bila ingat pabrikan menjualnya sekitar Rp11,9 juta pakai pelek jari-jari, kemudian sampai akhir hayatnya dijual dengan harga Rp14 jutaan. Ya sayangnya matic ini tak lagi diproduksi dan dijual oleh AHM sejak 2018. 

Pabrikan terpaksa menyuntik mati Honda Spacy pada April 2018 lalu. Sebab permintaan model ini mengalami penurunan, sehingga penjualannya terus merosot akibat pergeseran selera konsumen. Terlebih bentuk Spacy juga dinilai kurang begitu sesuai minat pasar. 

Ungkap Keunggulan Honda Spacy, Motor Matic Murah yang Fiturnya Sekelas Vario 125 02

AHM dulu sempat menjual Honda Spacy pakai pelek jari-jari.

Namun hemat kami, matic berbodi gemuk, serba membulat, nan gambot ini merupakan pilihan paling realistis dan fungsional tinggi ketimbang Honda BeAT, maupun rival lain seperti Yamaha Mio maupun Suzuki Spin. Berikut ini beberapa keunggulannya, pasti para pembaca yang budiman juga setuju. 

Fiturnya Sekelas Honda Vario 125

Penasaran kenapa kami menyebutnya di judul sekelas Honda Vario 125? Ini karena Honda Spacy secara fitur tak kalah jauh dari Vario. Tengok saja kelegaan ruang penyimpanan di bawah joknya. Kapasitas bagasi Honda Spacy mencapai 18 liter serupa Honda Vario 125 lawas, yang muat untuk menyimpan helm. 

Maka tak heran pabrikan menamainya sebagai Spacy, yang merepresentasikan produk yang memiliki 'space' atau ruang bagasi yang lega. Berkat keunggulan itu, AHM melabeli motor tersebut dengan embel-embel Helm-in seperti Honda Supra-X Helm-in yang diluncurkan beberapa tahun lalu. 

Ungkap Keunggulan Honda Spacy, Motor Matic Murah yang Fiturnya Sekelas Vario 125 03

Keunggulan Honda Spacy punya bagasi lega.

Tak cuma itu, saking besarnya bagasi Honda Spacy, juga dapat dialihfungsikan untuk menyimpan berbagai barang belanjaan, yang cocok menyasar pasangan baru untuk bepergian belanja ke swalayan, pasar, atau pusat perbelanjaan lainnya. 

Dari sini terkuak segmentasinya berbeda dari Honda BeAT, yang target pasarnya anak muda dan tak membutuhkan ruang bagasi besar. Sehingga BeAT dibuat ramping dan mungil, serta tidak terlalu lebar agar lebih mudah dikendarai siapa saja, termasuk pengguna yang baru bisa mengendarai motor.

Ungkap Keunggulan Honda Spacy, Motor Matic Murah yang Fiturnya Sekelas Vario 125 04

Segmentasi Honda Spacy menyasar pasangan muda.

Baca Juga: Bukan Honda ADV 150 2021 Apalagi Honda PCX 160 2021, Ini Skutik 150 cc Termahal Honda di Indonesia

Sedangkan segmen Honda Spacy, menyasar konsumen yang lebih dewasa. Seperti penjelasan tadi, bisa keluarga muda atau para karyawan yang baru merintis karir dan butuh akomodasi penyimpanan di motornya yang baik. Oleh karena itu iklannya menggunakan pasangan Bunga Citra Lestari bersama almarhum suami. 

Mesin Irit, Daya Tempuh Tinggi Ketimbang Honda BeAT   

Fitur lain yang bisa disebutkan meliputi side stand switch untuk meningkatkan aspek keamanan motor sehingga pengendaranya tidak lupa merilis standar, tuas pengunci rem, serta pengaman kunci menggunakan magnet yang jadi nilai tambah motor ini selain bagasinya yang super lega di kelasnya. Sayangnya semua lampu masih bohlam biasa, panel instrumen juga analog belum ada unsur digitalnya. 

Ungkap Keunggulan Honda Spacy, Motor Matic Murah yang Fiturnya Sekelas Vario 125 05

Honda Spacy lahir di Indonesia pada 2011, kemudian disuntik mati pada 2018.

Secara dimensi, Honda Spacy memiliki panjang 1.841 mm, lebar 669 mm, dan tinggi 1.094 mm. Jarak sumbu roda 1.256 mm, serta jarak terendah ke tanah 128 mm. Kaki-kakinya didukung suspensi teleskopik dan sokbreker tunggal pada belakangnya.

Sedangkan rodanya menggunakan ban berukuran 80/90 untuk depan dan belakang 90/90, keduanya menggunakan pelek berdiameter 14 inci. Urusan pengeremannya AHM mengaplikasikan rem cakram dan tromol. 

Hal menarik lain yang jadi nilai plusnya adalah kapasitas tangki Honda Spacy mencapai 5,5 liter, lebih besar dari Honda BeAT dan lagi-lagi setara Honda Vario. Konsumsi bahan bakarnya irit, ditopang tangki BBM besar, maka sudah pasti daya tempuhnya lebih jauh daripada Honda BeAT. 

Ungkap Keunggulan Honda Spacy, Motor Matic Murah yang Fiturnya Sekelas Vario 125 06

Honda Spacy diproduksi di Indonesia.

Pabrikan menyematkan mesin 108 cc. Di atas kertas mampu memproduksi tenaga hingga 8,67 Ps di 8.000 rpm dan torsi maksimal 8,89 Nm di putaran 6.500 rpm. Sistem starternya menggunakan engkol atau tombol, sangat praktis. Model pembaruannya sebenarnya telah hadir di negara lain, dan sudah mendapat update tambahan fitur Idling Stop System dan starter yang lebih hening. 

Sayangnya Honda Spacy cuma berumur tujuh tahun di Indonesia. Pasca disuntik mati tiga tahun lalu, AHM tidak lagi merilis matic dengan konsep serupa. Melainkan meluncurkan Honda Genio sebagai Honda Scoopy versi terjangkau untuk tetap meramaikan segmen entry level 110 cc. Di sini masih ada yang punya Honda Spacy lawas?

Baca Juga: Sama-sama Diskon Rp440 Ribu, Mending Beli Honda Beat atau Honda Genio?

Komentar