window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

United Siapkan 2 Motor Listrik Baru, Incar Pasar Honda BeAT dan Yamaha Nmax

Adit · 21 Sep, 2021 12:30

Portofolio United E-Motor sebagai divisi penjualan motor listrik PT Terang Dunia Internusa, sejauh ini baru berupa 3 jaringan penjualan. Lokasinya masih terpusat di kawasan Jakarta dan Tangerang. 

Pertama dealer di Alam Sutera-Tangerang, kedua di Pantai Indah Kapuk-Jakarta Utara, dan terbaru dealer mall di salah satu pusat perbelanjaan di Pondok Aren-Tangerang Selatan. Kemudian secara produk, perusahaan baru memiliki satu model, yakni United T-1800

United Siapkan 2 Motor Listrik Baru, Incar Pasar Honda BeAT dan Yamaha Nmax 01

Motor listrik United T-1800.

Baca juga : United E-Motor Kejar Target Jual 5 Ribu Unit Motor Listrik T-1800

Motor listrik tersebut coba menyasar konsumen menengah yang mampu membeli motor konvensional di atas Rp 25 juta. Harga United T-1800 Rp 27,5 juta, untuk tipe standar pakai 1 baterai. Bila butuh satu baterai lagi, bisa beli secara bundling melalui laman resminya, dan harganya menjadi Rp 28,5 juta. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Apabila belinya di waktu terpisah, maka baterai dikenakan harga Rp 6,5 juta. Tentunya beli secara paketan di awal jauh lebih realistis ketimbang harus tambah uang lagi yang nominalnya cukup besar. 

United Siapkan 2 Motor Listrik Baru, Incar Pasar Honda BeAT dan Yamaha Nmax 01

Motor listrik United T-1800 seharga Rp 27,5 juta.

Satu unit baterainya berkapasitas 1.800 Wh. Dalam sekali pengisian penuh bisa menjangkau jarak sekitar 65 km. Artinya pakai dua baterai bisa menjangkau hingga 130 km. Jarak yang sama seperti dari Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat ke Sukabumi di Jawa Barat.

Siapkan 2 Motor Listrik Baru

Hanya saja General Manager Electric Bike Division PT Terang Dunia Internusa, Andry Dwinanda mengamini harga produknya masih tergolong tinggi. Dalam artian bukan yang terjangkau bagi semua kalangan. Makanya secara penerimaan belum maksimal. Saat ini konsumen terbesarnya datang dari sektor fleet

"Karena harga motor listrik itu masih terganjal dari baterai yang masih mahal, baterai (untuk motor listrik) pun sekarang belum ada pabriknya di Indonesia, oleh karena itu harganya belum bisa lebih murah daripada motor konvensional, baterai masih impor dan harganya tinggi," katanya kepada AutoFun Indonesia belum lama ini. 

United Siapkan 2 Motor Listrik Baru, Incar Pasar Honda BeAT dan Yamaha Nmax 02

Pabrikan sepeda ini siapkan 2 motor listrik baru tahun depan.

Baca juga : Modal Tukar Baterai Jadi Kesuksesan Motor Listrik Gogoro di Taiwan, Cocok Diadaptasi di Indonesia

Untuk itu Andry mengatakan, pabrikan tengah mengembangkan dua produk motor listrik baru. Satu yang bisa menyasar segmen motor matic entry level seperti Honda BeAT dan yang setara, satunya lagi diposisikan lebih tinggi dari United T-1800, kemungkinan besar yang sepantaran Yamaha Nmax atau Honda PCX secara harga. 

"Pastinya kami ke arah sana (produk yang lebih terjangkau), kami sudah mempersiapkan 2 tipe lagi. Satu varian yang lebih tinggi dengan teknologi yang lebih canggih, dan ada satu yang di bawah T-1800, sehingga lebih terjangkau untuk masyarakat," katanya.

United Siapkan 2 Motor Listrik Baru, Incar Pasar Honda BeAT dan Yamaha Nmax 03

Diler motor listrik United di mal di Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Andry belum merinci bentuk modelnya seperti apa. Yang jelas salah satu dari dua yang hendak dipersiapkan mengaspal, sudah bisa dilihat pada akhir tahun nanti bersamaan pada perhelatan pameran otomotif GIIAS 2021.

"Bukan di tahun ini, tapi mungkin teaser produk untuk mengisi posisi di atas T-1800 bisa ditampilkan, nanti bisa dilihat di GIIAS, datang ya!" pungkasnya. 

United Siapkan 2 Motor Listrik Baru, Incar Pasar Honda BeAT dan Yamaha Nmax 04

Motor listrik United dapat tempat pengecasan khusus.

Tentu menarik perhatian pabrikan asli Indonesia yang juga terkenal memproduksi sepeda ini. Terlebih produk motor listriknya sepenuhnya merupakan rakitan dalam negeri yang dibuat dari pabrik United E Motor di Citeureup, Bogor. 

"Saat ini Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sudah mencapai 27 persen dan akan terus bertambah. Ban tahun ini sudah bisa lokal, termasuk frame, lalu plastik jok dan spion, jadi satu per satu sehingga motor listrik kami semakin meningkat TKDN-nya nanti," lanjut Andry.

Baca juga : Daftar Motor Listrik Murah Tak Sampai Rp 15 Juta di Indonesia, Ada Apa Saja?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });