window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Villano EV Pocket Segera Meluncur, Motor Listrik Asli Indonesia Yang Bisa Ngebut Sampai 100 Km/jam!

Harry · 8 Apr, 2021 15:00

Prospek motor listrik di Indonesia menuju masa depan yang cerah, sejauh ini sudah banyak pemain-pemain lokal yang menghadirkan motor listrik buatannya. Dan tak lama lagi akan hadir pemain motor listrik baru di tanah air.

Adalah PT Villano Motor Indonesia (VMI), merek baru yang akan fokus memproduksi motor listrik yang seluruh prosesnya dilakukan di Indonesia. Kehadirannya berangkat dari semangat untuk membebaskan kendaraan roda dua dari dominasi pengaruh merek non lokal.

Villano EV Pocket Segera Meluncur, Motor Listrik Asli Indonesia Yang Bisa Ngebut Sampai 100 Km/jam! 01

Villano EV Pocket, bisa ngebut sampai 100 km/jam!

"Sebagai karya anak bangsa, kami berharap bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dan motor listrik ini didesain dan diproduksi oleh para teknisi Indonesia," ujar Donny Ariyanto, CEO VMI dalam keterangannya hari ini (8/4/2021).

Donny menyebutkan pihaknya berencana menghadirkan tiga model motor listrik untuk Indonesia. Untuk pertama kalinya akan ada Villano EV Pocket, dengan desain yang ringkas dan mudah dibawa kemana saja.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Pabrikan Jepang dan Eropa Bentuk Konsorsium Standardisasi Baterai Motor Listrik, ke Depan Bakal lebih Murah?

Jalani Serangkaian Uji Coba

Pria yang juga modifikator tersebut menjelaskan, saat ini calon produk pertamanya itu sedang menjalani serangkaian tes, seperti daya tahan, keseimbangan, kekuatan dan kehandalan disejumlah tempat di Indonesia.

Villano EV Pocket Segera Meluncur, Motor Listrik Asli Indonesia Yang Bisa Ngebut Sampai 100 Km/jam! 01

Pengetesan dilakukan disejumlah wilayah.

"Minggu lalu dicoba di Desa Butuh, Magelang yang dikenal dengan sebutan Nepal van Java, bertepatan dengan event Tikungan Nusantara yang digelar oleh Gerakan Masyarakat Wirausaha, yang dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno," sambungnya.

Sandiaga Uno mengapresiasi ide dan produk prototype ini dan menyatakan niat untuk memilikinya. Tak hanya di Magelang, pengetesan juga dilakukan di wilayah lain seperti Geopark Ciletuh, Sukabumi yang sudah dikenal dikalangan bikers.

Baca juga : Masa Depan Cerah Sepeda Motor Listrik Indonesia, Dari Kemudahan Investasi Sampai Keringanan Pajak

Spesifikasi Villano EV Pocket

Sedikit bocoran teknis terkait calon produk pertama VMI, EV Pocket diklaim memiliki tenaga terbesar saat ini. Kapasitas baterainya mencapai 72V 30Ah, yang mampu membuatnya melaju sejauh 70 sampai 80 km untuk sekali pengisian baterai.

Villano EV Pocket Segera Meluncur, Motor Listrik Asli Indonesia Yang Bisa Ngebut Sampai 100 Km/jam! 02

Ringkas, Villano EV Pocket bisa masuk bagasi mobil.

Menariknya, meski dimensinya ringkas performa yang bisa dihasilkan di luar dugaan. Motor listrik tersebut diklaim bisa mencapai kecepatan 80 hingga 100 km/jam. Jika benar, ini akan jadi motor listrik lokal yang tercepat!

Donny menjelaskan pengenalan resminya akan dilakukan bulan Juli mendatang. "Untuk harga nanti ya, saat media launch. Nanti juga bisa lihat model motor listrik VMI lainnya," pungkasnya.

Baca juga : United e-Motor T1800, Sepeda Motor Listrik yang Mirip Yamaha NMAX dengan Banderol Rp 27 Juta

Villano EV Pocket Segera Meluncur, Motor Listrik Asli Indonesia Yang Bisa Ngebut Sampai 100 Km/jam! 03

Villano EV Pocket akan diluncurkan Juli mendatang.

Kehadiran VMI yang tak lama lagi meramaikan pasar motor listrik nasional, semakin menambah pilihan motor listrik untuk masyarakat. Sebelumnya sudah ada Viar yang mengandalkan New Q1.

Kemudian ada Gesits dengan dimensi mirip sebuah motor skutik. Lalu ada Volta dan Goodrich, yang diproduksi di Semarang-Jawa Tengah. Paling muda ada United e-Motor T1800 yang dirilis penghujung tahun 2020 lalu.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });