window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Viral Motor Berbahan Bakar Hidrogen dari Air Karya Orang Cirebon, Begini Cara Kerjanya

Adit · 11 Mei, 2022 12:00

Viral Motor Berbahan Bakar Hidrogen dari Air Karya Orang Cirebon, Begini Cara Kerjanya 01

Aryanto Misel dan teknologi Nikuba ciptaannya. dok. Detik Jabar
  • Orang Cirebon ciptakan mesin berbahan bakar air di motor
  • Alat tersebut dinamakan Nikuba, singkatan dari Niku Banyu
  • Motor berbahan bakar air karya Aryanto Misel telah diujicoba oleh TNI

Inovasi di dunia otomotif tak pernah berhenti. Bahkan terbaru, Indonesia dikejutkan dengan motor yang menggunakan hidrogen dari air untuk menggerakkan mesin. Pembuatnya ialah Aryanto Misel, warga Cirebon dan menjulukinya sebagai Nikuba atau Niku Banyu. 

Mesin yang menggunakan air sejatinya bukan barang baru. Namun apa yang ditemukan Aryanto tentu perlu diapresiasi mengingat Indonesia saat ini tengah mempopulerkan penggunaan energi terbarukan. Terlebih pemanfaatan hidrogen di air belum masif, masih terbatas di industri. 

Viral Motor Berbahan Bakar Hidrogen dari Air Karya Orang Cirebon, Begini Cara Kerjanya 02

Nikuba menggunakan hidrogen dari air untuk menggerakkan mesin. dok. Detik Jabar

Baca Juga: Darurat, Bolehkah Isi Radiator Honda Vario 125 2022 Pakai Air Mineral?

Ya, mesin berbekal air karya Aryanto memanfaatkan hidrogen sebagai molekul yang terkandung di dalam air. Nikuba, mengandalkan generator elektrolisis untuk memisahkan oksigen (O2) dan hidrogen (H2) yang terdapat di air. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Cara Kerja Hidrogen Sebagai Daya Motor Listrik

Sistem kerjanya serupa aki, namun tidak perlu dicas dan bisa memproduksi elektrifikasi secara berkelanjutan ketika disuplai hidrogen. Sistemnya terdiri atas sel bahan bakar (fuel cell) berupa anoda, katoda, dan membran elektrolit. 

Setelah dipisahkan, hidrogen akan melalui anoda sedangkan oksigen melewati katoda. Pada bagian anoda, terdapat material katalis yang membagi molekul hidrogen menjadi elektron dan proton. 

Proton selanjutnya akan melewati membran elektrolit, sementara elektron melalui sirkuit yang menghasilkan listrik dan panas berlebih. Listrik inilah yang dibutuhkan sebagai daya untuk menggerakkan dinamo. 

Viral Motor Berbahan Bakar Hidrogen dari Air Karya Orang Cirebon, Begini Cara Kerjanya 01

Sistem kerja fuel cell.

Setelah itu, elektron akan diteruskan ke katoda yang sudah terdapat molekul oksigen. Pada proses ini, semua molekul tadi bertemu dan menyatu kembali dan menghasilkan air. Makanya tak heran jika kendaraan listrik hidrogen, justru menghasilkan air. 

Baca Juga: Kaca Helm Wajib Bebas Empun dan Air Saat Hujan, Kaitannya Dengan Keselamatan Lho!

Karya Aryanto Berbeda dari Fuel Cell yang Telah Ada

Namun apa yang ditawarkan Aryanto berbeda. Nikuba dicangkokkan pada motor yang masih menggunakan mesin berpembakaran internal. Mengutip CNN, hidrogen yang telah dipisah melalui elektrolisis masuk ke ruang pembakaran, dan menjadi bahan bakar untuk menggerakkan mesin. 

Bisa dibilang teknologi ini berbeda dengan teknologi fuel cell seperti yang telah ada di mobil Toyota Mirai maupun Honda Clarity. Fuel cell murni mangandalkan reaksi elektrokimia tanpa pembakaran, sementara ini tetap terjadi pembakaran. 

Viral Motor Berbahan Bakar Hidrogen dari Air Karya Orang Cirebon, Begini Cara Kerjanya 02

Teknologi Nikuba yang menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar. dok. Detik Jabar

Berdasarkan penjelasan Peneliti Madya Pusat Riset Material Maju BRIN Deni Shidqi Khaerudini, sistem Nikuba pada motor yang sudah dites TNI di Kodam II Siliwangi menggunakan konsep hidrogen hidrogen oksigen (HHO) atau gas Brown. 

"Bukan pengganti BBM, tapi fuel saver sebab tetap ada peranan BBM, yakni hidrokarbon yang ketika dibakar di piston maka efisiensi pembakarannya jadi lebih baik," jelasnya. 

Menurutnya mesti ada pengujian dan pembuktian ilmiah yang menjelaskan bahwa teknologi Nikuba yang menggunakan hidrogen buatan Aryanto, bisa dijadikan BBM sebagai bahan bakar gas di mesin motor.

"Kalaupun murni hidrogen sistem pembakaran di mobil dan motor tidak mendukung. Hidrogen gasnya kecil sehingga tidak cocok dengan sistem pembakarannya," katanya.  

Baca Juga: Kymco Like EV 2022 Bakal ke Tanah Air, NJKB Cuma Rp11 Jutaan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });