window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Viral Motor Honda Vultus NM4 Anti Jatuh, Ternyata Pakai Teknologi Canggih Ini

Ilham · 29 Nov, 2021 15:30

Pabrikan motor asal Jepang, Honda membuat heboh penggemar otomotif pekan lalu. Pasalnya, mereka merilis motor berbasis Honda Vultus NM4 yang bisa berdiri sendiri. Motor tersebut tidak terjatuh meski tanpa adanya pengendara di atasnya.

Viral Motor Honda Vultus NM4 Anti Jatuh, Ternyata Pakai Teknologi Canggih Ini 01

Motor ini bikin heboh karena bisa berdiri sendiri

Dapat terlihat dari video yang diunggah akun Car Graphic via media sosial Twitter. Dalam video yang hanya berdurasi 19 detik ini, terlihat Honda Vultus NM4 mampu menyesuaikan posisi ban belakang dengan cara menggeser posisi lengan ayunnya lewat perintah dari gyro sensor. Pengaturan tersebut membawa efek 'Self Balancing' atau kemampuan menyeimbangkan motor saat berhenti, tanpa pengendara.

Hal ini mengingatkan kita akan sosok motor-motor masa depan yang bisa berdiri atau bergerak sendiri seperti motor di film Terminator Salvation atau RoboCop versi 2014. Teknologi anti jatuh ini akan mempermudah banyak pengendara, termasuk kalangan difabel di masa depan.

Baca Juga: Mau Bawa Honda PCX Electric Buat Harian? Pahami Dulu Persyaratannya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Pengembangan Teknologi Honda Riding Assist

Sebenarnya, motor yang bisa menyeimbangkan sendiri seperti ini bukanlah hal yang benar-benar baru dari Honda. Pasalnya Honda Vultus NM4 tersebut kemungkinan dikembangkan dari teknologi Honda Riding Assist yang sudah lebih dulu hadir di tahun 2017.

Bahkan saat itu publik Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat dikejutkan dengan sosok Honda NC750X yang bisa bergerak sendiri tanpa adanya pengendara.

Viral Motor Honda Vultus NM4 Anti Jatuh, Ternyata Pakai Teknologi Canggih Ini 01

Pengembangan teknologi robot Asimo

Ide gilanya, Honda Riding Assist sebagai fitur kecerdasan buatan dikembangkan melalui teknologi yang ada pada robot Asimo, serta kendaraan mungil Honda Uni-Cub Concept.

Kuncinya ada pada teknologi di bagian suspensi yang bekerja menyeimbangkan motor pada kecepatan rendah dengan bantuan komponen motorik elektrikal sebagai pengaturnya. Selain itu ada komputer kontrol kecil di bagian setangnya yang membuat peranti ini tak terlalu terlihat.

Viral Motor Honda Vultus NM4 Anti Jatuh, Ternyata Pakai Teknologi Canggih Ini 02

Tak perlu takut jatuh

Teknologi tersebut kemudian berkembang menjadi Honda Riding Assist-E yang dikembangkan untuk motor-motor listrik Honda. Unit tes di teknologi tersebut adalah naked bike Honda NC750 Electric. Di mana tak lagi menghadirkan sumber penggerak 2-silinder paralel di ruang mesinnya.

Sebagai gantinya ada komponen baterai dan kelistrikan yang membuat keseimbangan makin mudah didapat, karena distribusi bobot di bagian bawah lebih besar.

Baca Juga: Telisik Mesin Honda PCX 160 2021 VS Honda PCX 150 2020, Ternyata Banyak Bedanya

Ada Teknologi Serupa Dari Harley Davidson Dan BMW Motorrad

Ternyata yang berminat pada motor-motor tanpa pengendara bukan hanya Honda. Setidaknya ada pabrikan lain seperti Harley Davidson dan BMW Motorrad yang turut mengembangkan teknologi serupa.

Viral Motor Honda Vultus NM4 Anti Jatuh, Ternyata Pakai Teknologi Canggih Ini 03

Motor BMW bisa bergerak sendiri

BMW Motorrad mengenalkan teknologi yang disebut ConnectedRide sejak tahun 2018. Unit yang jadi sarana pengujian saat itu adalah motor touring BMW R 1250 GS yang dibekali boks di bagian samping dan belakangnya.

Pihak BMW Motorrad menyatakan jika pengembangan teknologi tersebut dilakukan selama lebih dari dua tahun. ConnectedRide dikembangkan dari fitur-fitur keselamatan yang tersemat pada mobil BMW.

Sementara dari kubu Harley Davidson, peranti 'Self Balancing' yang bisa membuat motor tetap berdiri meski tanpa pengendara justru sudah dipatenkan tahun 2020 lalu. Komponen tersebut berupa 'gimbal' yang bisa berputar dengan dua rotasi. Peranti gimbal itu dibantu dengan motor elektrik yang diatur oleh komputer.

Viral Motor Honda Vultus NM4 Anti Jatuh, Ternyata Pakai Teknologi Canggih Ini 04

Paten gimbal dari Harley Davidson

Penggunaan komponen gimbal itu akan sangat membantu pengendara saat touring. Karena ditujukan untuk mencegah motor terjatuh, semisal saat melalui jalan jelek atau kejadian lainnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });