Hasilnya kualitas Pertamax memenuhi standar teknis yang dipersyaratkan oleh Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM.
"Hasil uji lab dari Lemigas menyatakan bahwa produk Pertamax on spec sesuai ketentuan Dirjen Migas. Masyarakat tidak perlu khawatir dengan kualitas Pertamax," tegas Heppy
Adapun terkait kendaraan-kendaraan yang dilaporkan mengalami kendala mesin, Heppy menyatakan bahwa pihaknya terus memonitor kondisi tersebut dan masih melanjutkan kajian bersama LAPI ITB.
"Kami masih melakukan kajian mengingat kendala mesin hanya terjadi di merek dan jenis kendaraan tertentu serta di lokasi - lokasi tertentu, jadi kami perlu mempelajari detail penyebab gangguan pada mesin-mesin kendaraan di lokasi - lokasi tersebut," ujar Heppy.
Heppy juga mengatakan Pertamina akan terus memantau kualitas BBM dan bertanggung jawab terhadap produk yang kami salurkan.
Pertamax BBM Kotor
Motor diisi Pertamax.
Pada bulan September 2024 kemarin, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, Rachmat Kaimuddin menyebut jika Pertamax termasuk BBM kotor.
Ia menyatakan, pada dasarnya kualitas BBM bukan hanya dilihat dari kadar nilai oktan atau RON, melainkan sulfurnya.
Alhasil, jika sulfurnya lebih tinggi maka hal itu bisa dikatakan BBM kotor. Sebaliknya, jika sulfurnya rendah, maka masuk kategori BBM bersih.
Spesifikasi Pertamax dan juga Pertalite sendiri masih memiliki kandungan sulfur maksimal 500 ppm.
Ppm sendiri singkatan dari part per million atau juta dalam bahasa Indonesia.
Filter bensin yang baru dan lama.
Jika kalau 1 ppm berarti 1/1.000.000 atau mudahnya disetiap 1.000.000 partikel ada 1 kandungan partikel dimaksud.
Maka jika Pertamax punya kandungan sulfur maksimal 500 ppm, artinya 0,05% dari kandungannya adalah sulfur.
Kemudian massa jenis bensin itu 0,7g/cm, maka hitungan mudahnya jika beli 10 liter bensin, total beratnya 7 kg.
Dan secara hitung-hitungan ada 3,5 gram sulfur disetiap 7 kg atau 10 liter bensin yang dibeli.
Mayoritas sulfur tadi akan tersaring oleh filter bensin sehingga filter bensin akan lebih cepat kotor.
Jika dibiarkan, kondisi buruknya akan membuat aliran bensin mampat dan pompa bensin rusak, yang berujung pada mogok.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil