Wah Yamaha R15 Lama Bisa Upgrade Jadi Versi Baru Lho, Tapi Biayanya Bikin Kaget!
Harry · 21 Des, 2021 14:30
0
0
Estimasi biaya sampai Rp 21 jutaan.
Pabrikan tak menggaransi upgrade yang dilakukan.
Meluncur belum lama, hadirnya Yamaha R15 Connected 2022 dan Yamaha R15M Connected-ABS 2022 bikin pemilik Yamaha R15 generasi sebelumnya gigit jari. Pasalnya perubahan yang diterapkan Yamaha terhitung drastis dan signifikan.
Mulai dari bodi bergaya ala Yamaha R7, lampu depan dengan lensa proyektor, fitur konektivitas, termasuk Quick Shifter dan Traction Control juga rem dengan ABS yang akhirnya hadir. Upgrade yang diberikan memang terhitung banyak.
Lantas apakah mungkin untuk menghemat biaya, Yamaha R15 model lama diupgrade menjadi model terbaru? Jawabannya jelas bisa, tapi kalian harus perhitungkan dulu biayanya, karena justru jadi jauh lebih mahal ketimbang beli unit baru.
Hal ini diungkapkan Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing saat gelaran Yamaha Endurance Festival akhir pekan lalu.
"Kalau dari model sebelumnya mau ke versi terbaru itu kita tidak merekomendasikan, kedua harganya akan jadi jauh lebih mahal. Estimasi biayanya Rp 21 juta," ujarnya. Biayanya bikin kaget memang, karena banyak part yang beda dan harus dibeli secara satuan.
"Mulai dari proyektor lampu, ECU, perangkat ABS, kabel bodi, Connected, jadi saran kami untuk membeli yang baru. Karena gak worth it harganya, jadi mending beli baru sekalian," tandasnya.
Yamaha R7 benar-benar jadi inspirasi desain untuk Yamaha R15 2022 ini, tengok fascia depan dengan lensa proyektor sebagai penerangan utama, lengkap LED DRL melengkung manis di tiap sisinya. Bentuk fairing pun lebih sporty dan dinamis, serta punya hambatan lebih rendah.
Fitur konektivitas pun kini sudah menjadi standar, membantu pemilik untuk menemukan lokasi parkir terakhir, perawatan berkala serta mengetahui kondisi motor. Malah jika membeli Yamaha R15M Connected-ABS bisa mendapatkan panel meter model baru ala Yamah R1.
Fitur Quick Shifter, Assist & Slipper Clutch hingga Traction Control semakin memanjakan pemiliknya. Semuanya jadi paket lengkap dengan penerapan suspensi depan Upside Down dan monosok di belakang, rem cakram pada kedua roda dan lengan ayun alumunium.
Hanya saja mesinnya tetap mengandalkan spesifikasi yang sama dengan generasi sebelumnya. Berkapasitas 155 cc, berpendingin cairan, SOHC, 4-stroke, 4-katup dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA).Di atas kertas menjanjikan tenaga 19,3 PS di 10.000 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm di 8.500 rpm, dipadu transmisi manual 6-percepatan.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil