window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Yamaha E01 Punya Berat 158 Kg Tapi Tetap Lincah, Ini Rahasianya

Fariz · 30 Des, 2022 14:00

Yamaha E01 Punya Berat 158 Kg Tapi Tetap Lincah, Ini Rahasianya 01

Posisi berkendara E01 identik dengan NMax.
  • Posisi berkendara khas Maxi Yamaha.
  • Punya bobot mencapai 158 kg namun tetap lincah.

Yamaha E01 digadang-gadang menjadi penerus Yamaha NMax di era elektrifikasi. Ini karena dimensi kedua motor ini yang ternyata mirip-mirip akibat mengusung konsep maxi.

Itu bisa dilihat langsung dari posisi setang yang tinggi, suguhan 2 pilihan pijakan pengendara, juga jok yang lebar dan memanjang. Lantas seperti apa riding position dan handling dari Yamaha E01?

Rasa Yamaha NMax

Bicara posisi berkendara, bagi kalian yang kerap mengendarai Yamaha NMax pasti familiar ketika mencoba Yamaha E01. Pasalnya posisi berkendara keduanya bisa dikatakan mirip, menyuguhkan posisi berkendara khas Maxi Yamaha.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Ini bisa dirasakan dari posisi setangnya yang tinggi sehingga membuat lengan dan pundak terasa lebih santai. Kemudian joknya punya tinggi 755 mm yang mana 10 mm lebih pendek dibanding Yamaha NMax.

Baca juga: Seberapa Layak Yamaha E01 Disebut NMax Versi Listrik?

Yamaha E01 Punya Berat 158 Kg Tapi Tetap Lincah, Ini Rahasianya 01

Punya dimensi yang mirip dengan NMax

Dengan begitu pengendara 170 cm tidak ada kesulitan saat menapakan kedua kaki, apalagi sisi depan joknya tirus. Joknya juga punya sandaran tulang ekor untuk pengendara dengan busa jok empuk.

Pengendara E01 bisa menempatkan kaki pada posisi standar atau bisa juga meluruskan kaki. Di sisi tengahnya terdapat bodi penghalang yang cukup besar, isinya tentu perangkat elektronik juga baterai.

Handling Ringan

Menurut data spesifikasinya, Yamaha E01 punya berat mencapai 158 kg. Itu berarti ada beda 26 kg antara E01 dengan NMax, meski punya berat di atas 150 kg tapi motor ini tetap memberikan handling yang lincah.

Yamaha E01 Punya Berat 158 Kg Tapi Tetap Lincah, Ini Rahasianya 02

Posisi kaki pengendara bisa sedikit lurus

Kuncinya ada pada Center Of Gravity atau COG yang difokuskan di tengah dan rendah. Seperti yang kita tahu kalau baterai menjadi penyumbang bobot paling berat pada kendaraan listrik.

Baca juga: Motor Listrik Yamaha E01 Bakal Seliweran di Jakarta, Mau Ikutan Jajal?

Di E01 ini hampir seluruh perangkat elektronik berada di tengah lengkap dengan baterai, dengan begitu seluruh bobotnya terasa lebih merata. Efeknya tentu handling tetap terasa lincah, motor terasa presisi ke mana pengedaranya ingin menuju.

Yamaha E01 Punya Berat 158 Kg Tapi Tetap Lincah, Ini Rahasianya 03

As shock depan lebih tebal dibanding NMax

Karena beratnya yang lebih dari 150 kg, set up suspensi belakang E01 cukup unik. Karena punya desain seperti monoshock pada motor sport namun digunakan 2 buah, sayang tidak dilengkapi setelan preload.

Suspensi depan tetap teleskopik seperti NMax, namun terlihat kalau diameter as shocknya lebih besar. As shock depan NMax punya diameter luar 30 mm, itu berarti E01 mungkin punya as shock depan dengan diameter 33 mm atau lebih.

Yamaha E01 Punya Berat 158 Kg Tapi Tetap Lincah, Ini Rahasianya 04

COG difokuskan di tengah

Sensasi kedua suspensinya cukup empuk dan ampuh menahan bebat E01 yang cukup berat. Ketika diajak menikung kencang motor pun tetap stabil, bahkan minim bottoming saat dicoba untuk berboncengan.

Baca juga: Motor Listrik Yamaha E01 Sudah Siap Dijual, Berapa Harga yang Pantas?

Bobot 158 kg dari E01 baru terasa berat ketika menegakan motor dari posisi standar samping atau saat merayap di kemacetan. Pengendaranya perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk menjaga E01 tetap stabil.

Yamaha E01 Punya Berat 158 Kg Tapi Tetap Lincah, Ini Rahasianya 05

Suspensi belakang unik dengan impresi yang empuk
Spesifikasi Yamaha E01
Tipe mesin AC Synchronous
Baterai Lithium-Ion, 87.6V, 56.3 Ah
P x L x T 1.925 x 740 x 1.230 mm
Jarak sumbu roda 1.380 mm
Tinggi jok 755 mm
Berat isi 158 kg
Jarak terendah ke tanah 140 mm
Tenaga maksimal 11 PS @5.000 rpm
Torsi maksimal 30 Nm @1.950 rpm
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Ganda
Rem depan Cakram 230 mm, kaliper 1 piston
Rem belakang Cakram 230 mm, kaliper 1 piston
Ban depan 110/70-13
Ban belakang 130/70-13

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });