Yamaha Nmax 155 2021 Diklaim Lebih Bertenaga dan Irit, Berapa Konsumsi BBM-nya?

Nussa · 4 Apr, 2021 12:00

Yamaha Nmax 155 2021 Diklaim Lebih Bertenaga dan Irit, Berapa Konsumsi BBM-nya? 01

Yamaha Nmax 155 2021 terhitung irit.

Yamaha Nmax 155 2021 jadi skuter matik (skutik) yang banyak dipilih konsumen di Indonesia. Selain fitur-fiturnya yang terbilang lengkap, skutik bongsor yang satu ini juga dibekali dengan mesin yang bertenaga, tapi irit dalam konsumsi bahan bakar.

Yamaha Nmax 155 generasi baru menggendong mesin yang baru. Jika dilihat spesifikasinya, skutik ini memang masih menggunakan mesin berkapasitas 155 cc, SOHC, 4 katup, dengan Variable Valve Actuation (VVA).

Mesinnya juga sudah dilengkapi dengan Smart Motor Generator (SMG), Stop Start System (SSS), dan posisi engine mounting di bagian bawah. Tapi, di bagian dalamnya ada banyak perubahan.

Baca juga : Simak Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Nmax 155 Connected 2021, Rp 31 Juta Dapat Fitur Konektivitas

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Motor_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649915521138-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649915521138-0'); });

Mesin generasi terbaru untuk Yamaha All New Nmax 155 dengan teknologi VVA.

Mesin baru Yamaha Nmax 155.

Mesin Yamaha Nmax 155 sudah mengandalkan piston yang sama seperti Yamaha All New YZF-R15 yang flat. Dengan begitu, rasio kompresinya jadi meningkat hingga 11,6:1. Katup masuk juga lebih besar, dari 19,5 mm mmenjadi 20,5 mm.

Dari mesin tersebut, tenaga maksimum yang dihasilkan menjadi 15,4 PS pada 8.000 rpm dan torsi maksimum hingga 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Sebelumnya, tenaga Nmax hanya 15 PS pada 8.000 rpm dan torsinya 14,4 Nm pada 6.000 rpm.

Yamaha All New Nmax 155 dengan keunggulannya yang beragam.

Materi promosi Yamaha Nmax 155 2021.

Konsumsi Bahan Bakar

Selain meningkatkan performa mesinnya, Yamaha juga membuat mesin baru tersebut irit dalam hal konsumsi bahan bakar. Meski memang tak seirit klaim kompetitor sekelasnya, yakni Honda PCX 160 2021.

Baca juga : Lima Hal Menarik dari Yamaha NMax 2021, Mana Paling Memikat Buat Anda?

Dari beberapa pengetesan yang telah dilakukan, Yamaha Nmax 155 2021 ini mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar, mencapai 37 hingga 40 km/liter. Range tersebut digunakan harian dengan karakter berkendara normal.

Dengan kapasitas tangki mencapai 7,1 liter maka jarak tempuh yang bisa dicapai skutik tersebut mulai dari 262,7 km hingga 284 km. Untuk penggunaan harian dan touring, jadi jarang mampir SPBU pastinya.

Dibandingkan Honda PCX 160 2021

Jika dibandingkan dengan Honda All New PCX alias PCX 160, hasilnya cukup jauh. Honda mengklaim konsumsi bahan bakar skutik terbarunya itu mencapai 54 km/liter dengan metode ECE R40.

Namun dari pengetesan langsung di lapangan, efisiensi skutik baru Honda itu tak beda jauh meski tetap lebih irit. Angkanya bisa mencapai 42 hingga 43 km/liter, dengan penggunaan harian dan berkendara normal.

Baca juga : Bedanya Banyak Banget, Ini Perbandingan Yamaha NMax Baru dan NMax Lama

Yamaha Nmax 155 2021 Diklaim Lebih Bertenaga dan Irit, Berapa Konsumsi BBM-nya? 03

Honda PCX 160 sendiri dibekali mesin baru eSP+ (enhanced Smart Power), 4 langkah, SOHC, 4 katup, dan memiliki kapasitas mesin 156,93 cc. Mesinnya memiliki diameter piston 60 mm dan langkahnya 55,5 mm. Rasio kompresi yang dihasilkan menjadi 12,0:1.

Varian Yamaha Nmax 155 2021

Yamaha Nmax 155 2021 kini hadir dengan tiga varian. Pertama, Yamaha Nmax 155 Standard Version yang dibanderol Rp 29.85 juta. Lalu Yamaha Nmax 155 Connected Version yang dibanderol Rp 31,1 juta. Varian teratas ada Yamaha Nmax 155 Connected/ABS Version yang dibanderol Rp 33,85 juta (on the road Jakarta).

Baca juga : Dijual Mulai Rp 29,75 Juta, Cicilan Termurah Yamaha Nmax 2021 Cuma Rp 1,2 Jutaan Saja

Data Spesifikasi Yamaha All New Nmax 155
Mesin
Tipe Mesin Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Jumlah/Posisi Silinder Single Cylinder
Kapasitas Mesin 155 cc
Diameter x Langkah 58,0 mm x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi 11.6 : 1
Daya Maksimum 15,4 PS (11.3 kW) / 8000 rpm
Torsi Maksimum 13.9 Nm / 6500 rpm
Sistem Starter Electric Starter
Sistem Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin Total – 1,00 L ; Berkala 0,90 L
Sistem Bahan Bakar FI (Fuel Injection)
Tipe Kopling Kering, Centrifugal Automatic
Tipe Transmisi V-belt Automatic
Dimensi
P x L x T (1935 x 740 x 1160) mm
Jarak sumbu roda 1340 mm
Jarak terendah ke tanah 124 mm
Tinggi tempat duduk 765 mm
Berat isi 132 kg
Kapasitas tangki bensin 7.1 L
Rangka
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Unit Swing
Ukuran Ban Depan 110/70 - 13 M/C 48P
Ukuran Ban Belakang 130/70 - 13 M/C 63P
Rem Depan Hydraulic Single Disc Brake
Rem Belakang Hydraulic Single Disc Brake
Kelistrikan
Sistem pengapian TCI
Battery YTZ7V
Tipe Busi NGK/CPR8EA-9

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Motor_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649915591388-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649915591388-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Motor Terbaru