Yamaha Nmax Bekas Layak Jadi Incaran Buat Harian, Ini Daftar Keunggulannya
Ilham · 22 Jan, 2022 10:30
0
0
Harga mulai belasan juta rupiah saja.
Desainnya masih terlihat segar.
Yamaha Nmax generasi pertama (Gen-1) dihadirkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tahun 2015. Saat itu, kedatangan sosok tersebut cukup mengejutkan penggemar sepeda motor di Indonesia.
Pasalnya, Yamaha Nmax hadir dengan sederet kelengkapan fitur yang terbilang premium di saat itu. Tampilannya pun mewah dengan ciri desain Maxi Yamaha.
Apalagi saat itu, Yamaha Nmax dirilis dengan harga di bawah Rp 30 juta, tepatnya Rp 27,4 juta. Dan di bulan Juni 2015, diikuti versi Non ABS dengan banderol Rp 23 jutaan.
Menariknya, deretan fitur yang ditawarkan bahkan melebihi kelengkapan dari Honda PCX 150 yang dijual oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dalam bentuk CBU. Padahal, Honda PCX 150 yang didatangkan dari Vietnam harganya Rp 39,8 jutaan.
Sontak Yamaha Nmax pun laris bak kacang goreng. Kabar baiknya, motor bekasnya saat ini mudah didapat. Harganya pun makin terjangkau, pas dijadikan pilihan untuk harian. Lalu apa saja alasan Anda buat meminang Yamaha Nmax bekas? Yuk dikulik.
Alasan paling utama kenapa sekarang Yamaha Nmax bekas bisa dilirik adalah harga jualnya yang terjangkau. Dari pantauan di situs jual beli online, motor generasi pertama yang hadir di tahun 2015 itu sudah bisa ditebus di angka Rp 16 jutaan di tipe Non ABS. Sedangkan tipe ABS masih ada yang menjualnya sebesar Rp 18 jutaan.
Namun jika ingin menebus Yamaha Nmax di usia yang lebih muda, maka siapkan juga dana yang lebih besar. Semisal jebolan 2018 yang dijual pada rentang Rp 21-23 jutaan. Bahkan di edisi terakhir sebelum pergantian model, harga jualnya masih di angka Rp 24 juta.
Harga tersebut tergantung kondisi dan jarak yang sudah ditempuh. Maklum, sekarang Yamaha Nmax tak jarang juga diandalkan sebagai armada ojek online yang bisa berjalan puluhan hingga ratusan km tiap hari.
Fitur Komplet
Selain harga, yang perlu dipertimbangkan saat memilih Yamaha Nmax adalah fiturnya yang komplet. Seperti adanya penggunaan rem cakram ABS di kedua roda. Dan seperti disebut di atas, hal ini bahkan membuatnya lebih komplet dari Honda PCX 150 CBU.
Lanjut lagi di penggunaan headlamp LED, bagasi luas, ban tubeless di kedua roda, hingga panel spidometer LCD. Asyiknya lagi posisi tutup tangki bensin ada di atas underbone, sehingga nggak repot buka tutup jok untuk mengisinya.
Di sisi lain, sektor mesin Yamaha Nmax pun terbilang canggih. Di mana terbenam mesin 155 cc SOHC 4 katup dengan pendingin cairan yang dikenal kuat.
Mesin itu ditambah sistem VVA (Variable Valve Actuation) yang mengatur 2 profil camshaft berbeda sesuai kebutuhan berkendara. Dalam kondisi standar, Yamaha Nmax punya tenaga hingga 15 PS dan torsi 14,4 Nm!
Namun ingat, banyaknya fitur itu harus dicek kondisinya saat ini. Karena bisa saja seiring pemakaian fitur tersebut sudah tak berfungsi optimal.
Meski versi pertamanya sudah berusia sekitar 7 tahun, tapi secara desain Yamaha Nmax bekas masih terlihat segar dan up to date. Ini karena sejak awal YIMM memang tidak menghadirkan grafis stiker pada skuter matic tersebut.
Hanya ada permainan kombinasi warna pada bodi dan pelek saja. Sehingga jika disegarkan dengan melakukan pengecatan ulang, motor pun seolah terlihat kembali baru.