window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Yamaha NMax Gak Haram Pakai Federal Racing, Tapi?

Ary · 15 Okt, 2021 20:00

Oli mesin full synthetic seperti Federal Racing, digadang mampu meningkatkan kinerja mesin, terutama pada sepeda motor bertransmisi manual. Meski begitu, ada saja yang memilih oli tersebut untuk dipakai motor matic mereka.

Penulis bahkan pernah mendapati pemilik Yamaha NMax yang terang-terangan menggunakan Federal Racing. Bukannya haram atau tidak boleh. Pasalnya, viskositas pada oli tersebut sesuai dengan kebutuhan Yamaha NMax (viskositas SAE 10W-40). 

Oli Yamaha NMax Federal Oil

Oli Federal Racing menggunakan base oil 100% synthetic.

Baca juga: Sering Dilupakan, Ini Interval Ganti oli Gardan Motor Matik Yang Benar

Begitu pula terkait API (American Petroleum Institute) yang sama-sama API SL. Jikapun dilihat, pelumas dengan base oil 100% synthetic ini mampu membuat kinerja mesin lebih responsif. Penggunaannya juga diklaim memaksimalkan akselerasi motor. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Selain itu, Federal Racing juga memiliki aditif spesial lantaran mampu membersihkan komponen mesin 2 kali lebih efektif. Pihak Federal Oil juga menyatakan, keberadaan HI-Shear Stable VM di situ dapat menstabilkan viskositas oli mesin. Dengan begitu, Federal Racing memiliki lapisan pelindung yang notabene merupakan salah satu fungsi pelumas. 

Fungsi Oli Mesin Motor

Fungsi oli mesin penting untuk melindungi komponen mesin.

Baca juga: Lupa Ganti Oli Mesin, WFH Dijamin bikin Kantong Jebol!

Efek Federal Racing Dipakai oleh Yamaha NMax

Sekilas, pemilihan Federal Racing akan menguntungkan pemilik Yamaha NMax. Toh, hal itupun ditemukan jua oleh produsen Federal Oil. "Ini (penggunaan Federal Racing di motor matic) juga terjadi di beberapa area. Dari testimoni yang kami terima, konsumen tersebut merasakan tarikannya jadi lebih enak," kata Nurudin, Technical Trainer PT ExxonMobil Lubricants Indonesia.     

Tapi, Nurudin juga menjelaskan bahwa oli Federal Racing ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan peruntukkan oli motor matic seperti Yamaha NMax. "Oli motor matic itu butuh yang licin. Sementara oli full synthetic seperti Federal Racing cenderung kesat. Makanya terasa lebih enak,"sahut Nurudin saat bincang via daring, lusa lalu (13/10). 

Oli Yamaha NMax

Yamaha NMax direkomendasikan menggunakan Federal Matic 40 Forcemaxx.

Baca juga: Pemilik Yamaha Nmax 155 sampai Honda PCX 160 Wajib Tahu, Ini Waktu Yang Tepat Ganti Oli Gardan

Walau begitu, Nurudin juga berujar penggunaan oli full synthetic berpotensi menimbulkan masalah pada mesin. "Untuk jangka pendek memang tidak akan bermasalah. Tapi, kemungkinan akan ada masalah untuk jangka panjang," katanya. 

"Tapi, sebagai pabrikan kita tidak bisa melarang customer. Misal, dia pakai NMax terus pake Federal Racing. Namun, kami tetap menghimbau misal untuk NMax kita sarankan untuk menggunakan Federal Matic 40. Cuma kembali lagi ke customer karena mereka yang berhak untuk memilih," pungkas Nurudin. 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });